Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Desain Dapur Kecil Sederhana Murah dan Minimalis Terbaru

Cocok untuk ruangan yang sempit

Nafi' Khoiriyah

Ruangan dapur menjadi tempat untuk menyiapkan hidangan lezat keluarga. Oleh karena itu, penting untuk membuat dapur yang nyaman dan bersih. 

Supaya hal itu bisa terwujud, kamu bisa membuat interior dapur terlebih dahulu. Pilih interior yang bagus tetapi terjangkau supaya tidak memakan banyak biaya. Jangan khawatir kalau kamu hanya memiliki space yang sempit karena dapur bisa dibuat dengan minimalis dan sederhana. 

Nah, desain dapur kecil sederhana murah ini bisa menjadi pilihanmu untuk mewujudkan dapur impian. Seperti apa detailnya? Simak ulasan berikut ini, ya!

1. Desain dapur berbentuk L shaped

pinterest.com

Desain dapur kecil sederhana murah yang pertama berbentuk L shaped. Bentuk ini cocok dipakai untuk meringkas dapur menjadi lebih minimalis dan fungsional. Untuk pemilihan warnanya, kamu bisa memakai nuansa putih dan lantai cokelat supaya terkesan bersih. 

Kemudian, masukkan kitchen set yang terdiri dari kabinet atas, laci bawah, dan meja dapur sebagai pelengkapnya.

Di dalam meja tersebut, kamu bisa meletakkan kompor, wastafel, dan berbagai perlengkapan makan. Di atas kabinet, kamu bisa meletakkan oven yang digunakan untuk memanggang. 

2. Desain dapur colorful minimalis

home-designing.com

Selanjutnya, kamu bisa membuat dapur lebih colorful dengan keramik nuansa putih, abu-abu, hijau dan kuning yang bermotif segitiga. Lalu, pilih kitchen set bernuansa putih supaya tidak terlalu ramai. 

Di dalam dapur ini, kamu bisa meletakkan kompor, oven, dan wastafel di meja. Sementara itu, kabinet atas bisa kamu gunakan untuk meletakkan peralatan makan dan perbumbuan.

3. Desain dapur klasik nuansa putih

houzz.com

Kalau kamu ingin membuat desain dapur kecil sederhana murah yang klasik, maka desain di atas bisa kamu contoh. Caranya adalah dengan memilih desain interior yang klasik seperti laci terbuka, lantai kayu, dan aksen hiasan klasik di beberapa bagiannya. 

Dari segi warna, putih cocok untuk merepresentasikan bangunan yang klasik. Sementara itu, perlengkapan dapur yang bisa kamu masukkan ada kompor, wastafel, dan laci yang berisi peralatan makan serta bumbu. 

4. Desain dapur nuansa hijau tosca

ashleywinndesign.com

Masih dengan nuansa putih, kamu bisa membuatnya lebih berwarna dengan sentuhan hijau tosca. Warna ini akan memberikan kesan yang fresh dan cerah. Selain tosca, kamu juga bisa menambahkan aksen hitam yang elegan. 

Perlengkapan yang bisa kamu masukkan ke dalam dapur kecil ini adalah kompor, wastafel, dan peralatan dapur lainnya yang diletakkan di kabinet. Kamu juga bisa menambahkan hiasan dinding yang sesuai dengan tema tersebut. 

5. Desain dapur dengan meja makan

goodhousekeeping.com

Sebagai tempat memasak makanan, desain dapur kecil sederhana murah bisa disatukan dengan ruang makan. Caranya adalah dengan membuat meja di belakang tempat memasak sehingga ibu mudah menyajikan makanan. Meja tersebut tidak perlu terlalu lebar, cukup untuk dipakai satu keluarga saja. 

Peralatan yang bisa dimasukkan ke dalam dapur mungil ini bisa dibilang cukup lengkap, yakni ada kompor, wastafel, dan oven di bawahnya. Jangan lupa manfaatkan kabinet atas untuk menaruh beberapa perlengkapan dapur. 

6. Desain dapur putih minimalis

goodhousekeeping.com

Memilih desain dapur yang minimalis akan memudahkan kamu untuk mengatur barang dan juga menyiapkan masakan. Sebab, kamu tidak perlu mondar-mandir terlalu jauh untuk mendapatkan sesuatu. 

Nah, peralahan yang cocok dimasukkan ke dalam ruang dapur minimalis ini di antaranya adalah meja, wastafel, dan kompor di sisi satunya.

Meja organizer tersebut bisa dibuat menjadi laci di bagian bawahnya supaya tidak memakan tempat. Selain itu, kamu juga bisa memasukkan botol-botol perbumbuan di bawahnya. 

7. Desain dapur colorful pattern

media.designcafe.com

Desain dapur kecil sederhana murah selanjutnya adalah dapur colorful dengan motif batik di dindingnya. Dapur ini cocok untuk kamu yang suka dengan warna kuning dan hijau tosca.

Tambahkan kabinet di atas yang bernuansa kuning untuk perabot dan tempat penyimpanan barang. 

8. Desain dapur U shaped

residencestyle.com

U-shaped banyak dipilih sebagai desain dapur karena bentuknya yang fungsional. Di sisi kiri, kamu bisa meletakkan kompor.

Di sisi tengah, kamu bisa meletakkan wastafel. Sementara di sisi satunya, kamu bisa mengosongkan meja untuk meracik bahan masakan. 

Dapur ini bisa kamu buat dengan cat nuansa hitam putih yang elegan. Jangan lupa tambahkan jendela supaya kamu merasa lebih segar saat memasak. 

9. Desain dapur minimalis modern

homedit.com

Kesan modern bisa kamu dapatkan dengan desain dapur kecil sederhana murah warna abu-abu.

Di dalamnya, kamu bisa menambahkan perlengkapan berupa kompor dan oven di meja. Kamu juga bisa menambahkan kulkas di samping kitchen set tersebut.

Kitchen set yang cocok dengan model dapur ini adalah yang berbentuk L dengan isian kompor dan oven di atasnya. Selain itu, tambahkan kabinet atas dan lampu gantung supaya lebih modern dan simpel. 

10. Desain dapur natural fresh

hips.hearstapps.com

Memasak memang kegiatan yang menyenangkan. Namun, ada kalanya kamu merasa bosan terus-terusan memasak. Nah, solusinya adalah dengan membuat dapur bernuansa natural dengan pemandangan hijau tanaman yang fresh. 

Untuk perlengkapannya, pilih perlengkapan yang simpel dengan warna-warna netral supaya tidak terkesan berlebihan. Jangan lupa letakkan kompor dan wastafel yang esensial untuk sebuah dapur. 

11. Desain dapur hitam putih minimalis

home-designing.com

Desain dapur kecil sederhana murah yang terakhir ini bertema hitam putih. Tema ini sangat simpel dengan tambahan meja dan kursi makan.

Untuk meja dapurnya, pilih meja kecil yang muat untuk kompor dan wastafel. Kemudian, kabinet di atas dan bawah cukup kamu buat simpel dengan pemilihan warna putih. Kalau sudah, tambahkan aksen hitam di sisi dapur supaya tidak terlalu terang. 

Itulah 11 desain dapur kecil sederhana murah yang bisa kamu jadikan referensi untuk membuat dapur impian. Kira-kira, desain mana yang akan kamu pilih, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration