Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Dekorasi Natal Gereja yang Minimalis dan Menarik 2023

Cantik dan begitu elegan

Nafi' Khoiriyah

Menjelang Natal, gereja-gereja di seluruh penjuru dunia berusaha menghiasi tempat ibadah mereka. Hiasan tersebut bertujuan untuk menciptakan suasana meriah dan gembira. 

Penghiasan Natal di gereja biasanya terdiri dari berbagai jenis dekorasi seperti hiasan dinding, bunga, dan berbagai aksesori lainnya. Hiasan untuk gereja biasanya juga menampilkan simbol penting seperti salib, pohon Natal, dan lain sebagainya. 

Oleh karena itu, contoh dekorasi Natal gereja berikut ini bisa kamu jadikan inspirasi supaya suasana Natal semakin terasa. Yuk, cek selengkapnya berikut ini, Bela!

1. Dekorasi pohon dan lampu Natal di depan gereja

pinterest.com

Ide dekorasi Natal gereja yang pertama adalah pohon Natal dengan lampu berwarna putih yang mengelilinginya. Pohon yang dipilih sebagai dekorasi di gereja tersebut sebaiknya dipilih yang tinggi sehingga bisa terlihat oleh semua orang yang hadir. 

Kemudian, di samping mimbar gereja kamu bisa meletakkan tanaman kastuba merah yang mencirikan suasana Natal. Tanaman tersebut diiletakkan di vas yang tinggi berwarna putih yang bisa menyeimbangkan dekorasi pohon di belakangnya. 

2. Dekorasi christmas wreath di dinding gereja

pinterest.com

Hampir sama dengan sebelumnya, dekorasi Natal di gereja kali ini lebih banyak menggunakan nuansa warna merah. Pertama, di dinding gereja kamu bisa meletakkan christmas wreath bernuansa hijau dan merah. 

Kemudian, di samping kanan dan kiri mimbar letakkanlah pohon Natal beserta lampunya yang cukup tinggi. Terakhir, meriahkan dekorasi tersebut dengan tanaman bernuansa merah kastuba atau poinsettia yang menjadi simbol keceriaan Natal. 

3. Dekorasi garland di pilar gereja

pinterest.com

Selain di bagian depan, dekorasi Natal gereja selanjutnya bisa kamu tempatkan di pilar-pilar gereja yang tinggi. Dekorasi yang cocok kamu letakkan di sana adalah garland.

Bentuknya yang menjuntai panjang bisa memudahkan kamu untuk menghias sekitar pilar menjadi lebih hidup. Selain di pilar, kursi di dalam gereja juga bisa kamu hiasi dengan bunga berwarna merah di sisi-sisinya. 

4. Dekorasi christmas wreath di jendela gereja

pinterest.com

Contoh dekorasi Natal sederhana yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi untukmu, yakni christmas wreath. Christmas wreath merupakan rangkaian bunga yang disusun membentuk lingkaran. Biasanya, hiasan ini ditempelkan di dinding atau pintu rumah. 

Di gereja, kamu bisa memvariasikannya dengan meletakkan christmas wreath di jendela. Setelah itu, lengkapi dengan pita bernuansa merah menyala supaya semakin menegaskan nuansa Natal yang ceria. 

5. Dekorasi pohon dan garland di depan pintu gereja

pinterest.com

Setelah melengkapi dekorasi Natal gereja di bagian dalam, kini saatnya mulai untuk mendekorasi bagian luar gereja. Di depan pintu gereja misalnya, kamu bisa meletakkan garland yang disusun mengelilingi pintu. 

Kemudian, di bagian depannya silakan letakkan pohon Natal kecil lengkap dengan lampu dan pita berwarna merah supaya semakin cantik. Dengan dekorasi tersebut, semua orang yang akan beribadah semakin semangat untuk masuk ke dalam gereja. 

6. Dekorasi figur dan pohon Natal dihiasi lampu

pinterest.com

Jika di dalam gereja terdapat space yang kosong, maka buatlah dekorasi figur dan pohon Natal seperti di atas supaya suasana kebahagiaan semakin terasa. Pertama, dekorasi tersebut dibuat dengan meletakkan empat pohon Natal dengan lampu yang mengelilinginya. 

Kemudian, letakkan kain putih yang menjuntai dengan lampu-lampunya, lalu tempatkan figur Natal di sana. Figur Natal yang bisa kamu letakkan tersebut di antaranya adalah patung Yesus, Santa Claus, hewan-hewan, dan juga manusia salju. 

7. Dekorasi photobooth pohon dan lingkaran salju

pinterest.com

Beribadah di gereja pada saat Natal biasanya menjadi momen untuk bertemu dengan teman lama atau keluarga yang jauh. Oleh karena itu, kamu perlu menyediakan dekorasi Natal gereja untuk tempat berfoto atau photobooth seperti di atas. 

Photobooth tersebut dibuat dengan meletakkan pohon Natal di kedua sisinya, kemudian lingkaran salju di bagian tengahnya. Saat orang akan berfoto, mereka hanya cukup berpose di tengah-tengahnya. 

8. Dekorasi kain merah putih dengan hiasan lampu

pinterest.com

Masih dengan dekorasi untuk berfoto, kali ini kamu bisa memakai kain berwarna putih dan merah sebagai background-nya. Di sisi samping kain tersebut, letakkan pohon Natal dan juga hiasan garland berwarna hijau. 

Supaya tidak terkesan gelap, jangan lupa tambahkan lampu Natal yang terang sehingga orang yang berfoto di sana tidak terlihat gelap. Dekorasi ini bisa diletakkan pada space kosong di gereja. 

9. Dekorasi pohon Natal dengan lampu dan tanaman

pinterest.com

Lebih simpel dari kebanyakan dekorasi sebelumnya, kali ini kamu bisa menghias bagian depan gereja dengan lampu Natal dan tanaman warna-warni yang mencirikan suasana Natal. 

Tanaman tersebut bisa kamu letakkan di dalam pot yang ditata menyatu pada bagian depan. Sementara itu, pohon Natal dan lampunya diletakkan di belakang mimbar gereja. Selain tanaman dan pohon, kamu juga bisa menambah dekorasi nuansa merah putih yang lekat dengan Natal. 

10. Dekorasi rustic dengan kayu dan tulisan

pinterest.com

Terakhir, contoh dekorasi Natal gereja unik sederhana bertema rustic di atas bisa kamu pakai untuk latar perayaan di gereja. Di depan dekorasi tersebut, kamu bisa menampilkan persembahan seperti menyanyi religi dan sebagainya. 

Seperti tema rustic pada umumnya, dekorasi tersebut dibuat nuansa cokelat. Mulai dari kayu, tulisan, sampai dekorasi kadonya dibuat nuansa cokelat. Selain itu, tambahkan dengan pohon Natal, lampu, dan hiasan Natal lainnya. 

Itulah contoh dekorasi Natal gereja unik dan sederhana yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga dengan hiasan Natal di atas bisa membangkitkan kegembiraan dan kebahagiaan bagi semua orang yang menghadiri ibadah di gereja. 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration