Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Contoh Surat Permohonan yang Benar dan Jenisnya Lengkap

Bisa digunakan untuk berbagai keperluan

Nafi' Khoiriyah

Sebuah organisasi atau institusi tentu selalu berkaitan dengan urusan surat menyurat. Surat yang dipakai untuk kepentingan formal tersebut biasanya adalah surat resmi. 

Namun, ada berbagai macam surat resmi yang perlu kamu ketahui, salah satunya adalah surat permohonan. Jenis surat resmi yang satu ini merupakan dokumen yang digunakan untuk mengajukan sesuatu untuk kepentingan tertentu. 

Surat ini bisa dibuat oleh perorangan atau institusi untuk kepentingan tertentu. Untuk mengetahui lebih jauh tentang surat permohonan, simak contoh surat permohonan yang benar dan jenisnya berikut ini. 

Pengertian surat permohonan

pexels.com/Alexander Suhorucov

Surat permohonan ialah surat yang dibuat oleh perorangan, organisasi, atau institusi dengan tujuan untuk mendapatkan tujuan atau timbal balik tertentu. 

Ada berbagai fungsi surat permohonan, di antaranya adalah untuk meminta bantuan, memohon izin, atau mengajak kerja sama. Surat ini juga bisa digunakan untuk individu ketika sedang melamar kerja dan lain sebagainya. 

Seperti surat pada umumnya, jenis surat resmi yang satu ini juga harus ditulis dengan bahasa yang formal dan sopan. Tujuan surat juga perlu disampaikan dengan singkat dan jelas, jangan sampai bertele-tele. 

Untuk mengetahui lebih detail mengenai surat permohonan, cermati format contoh surat permohonan yang benar dan jenisnya terlebih dahulu. 

Format surat permohonan

pexels.com/Vlada Karpovich

Format dalam surat permohonan ini bisa kamu ikuti jika ingin menulis secara lengkap. Sebab, kelengkapan surat permohonan akan menentukan apakah nantinya permohonan tersebut bisa diterima atau tidak.

Berikut adalah format surat permohonan yang lengkap. 

  1. Kop surat 
    Kop atau kepala surat terdapat di bagian paling atas yang berisi nama instansi beserta logo dan alamat lengkapnya. 
  2. Tempat dan tanggal surat 
    Kemudian, di bagian kanan atas berisi tempat dan tanggal surat dibuat. 
  3. Nomor surat
    Salah satu ciri khas surat resmi biasanya ditunjukkan dengan nomor surat yang diletakkan di kiri atas sebelum lampiran. 
  4. Perihal dan lampiran 
    Perihal dan lampiran ini sangat penting karena penerima surat bisa mengetahui mengenai gambaran isi surat dan halaman yang menyertainya. 
  5. Salam pembuka
    Seperti surat pada umumnya, surat permohonan biasanya dibuka dengan salam pembuka, misalnya dengan kata-kata 'dengan hormat'. 
  6. Isi surat 
    Masuk pada bagian inti, isi surat permohonan tentunya berisi tentang permohonan atau kepentingan yang akan dituju. Permohonan tersebut perlu disampaikan dengan jelas dan rinci dan jangan lupa untuk menuliskan identitas pemohon. 
  7. Penutup 
    Setelah selesai menuliskan isi surat, jangan lupa untuk menutup uraian dalam surat dengan penutup. 
  8. Nama terang dan tanda tangan
    Terakhir, cantumkan nama terang dan tanda tangan sebagai bentuk pertanggung jawaban.

Jenis surat permohonan

unsplash.com/Scott Graham

Sebelum masuk pada contoh surat permohonan yang benar dan jenisnya, kamu perlu mengetahui bahwa terdapat banyak jenis surat permohonan. Jenis surat tersebut dikelompokkan berdasarkan kepentingannya.

Berikut adalah beberapa jenis surat permohonan yang sering muncul. 

  1. Surat permohonan kerja sama 
    Jenis surat ini biasanya ditulis untuk melakukan perjanjian bisnis agar memberikan keuntungan satu sama lain. 
  2. Surat permohonan sponsorship
    Surat permohonan sponsorship dibuat untuk meminta bantuan donasi dari pihak tertentu. Biasanya, surat ini diajukan saat akan mengadakan suatu acara. Untuk membuatnya, jangan lupa untuk meyakinkan pihak yang dituju bahwa acara yang akan digelar akan memberikan keuntungan untuknya juga. 
  3. Surat permohonan izin
    Surat permohonan izin biasanya dibuat saat akan menyelenggarakan acara agar bisa berjalan dengan lancar. Biasanya, surat ini ditujukan kepada pemerintah setempat atau pihak yang berwenang.
  4. Surat permohonan cuti 
    Seperti namanya, surat izin cuti ditulis seseorang untuk ditujukan kepada atasan di perusahaan agar bisa libur bekerja untuk sementara waktu. 
  5. Surat permohonan beasiswa
    Terakhir, surat permohonan beasiswa digunakan para mahasiswa untuk mengajukan beasiswa kepada pihak tertentu. Format surat permohonan beasiswa biasanya sudah ditentukan oleh perusahaan atau pihak yang membuka jalur beasiswa. 

1. Contoh surat permohonan izin pemakaian tempat

suratresmi.net

Contoh surat permohonan pertama merupakan izin pemakaian tempat. Seperti yang kamu lihat, surat di atas disusun seperti surat resmi dengan menggunakan kop surat, nomor, hal, lampiran, dan lain sebagainya. 

2. Contoh surat permohonan kerja sama

kitapunya.net

Jika kamu ingin menjalin kerja sama dengan pihak tertentu yang bisa menguntungkan kedua belah pihak, maka cobalah untuk mengajukan surat permohonan kerja sama. Seperti contoh surat permohonan yang benar dan jenisnya di atas dibuat oleh pihak puskesmas kepada pihak sekolah. 

3. Contoh surat permohonan dana

pinterest.com

Saat akan menyelenggarakan suatu acara, surat permohonan dana biasanya sangat diperlukan untuk menunjang kelancaran acara. Jika acara diselenggarakan di kampus, biasanya surat permohonan dana ditujukan kepada pihak fakultas atau pihak universitas. 

4. Contoh surat permohonan izin magang

cermati.com

Salah satu program yang hampir selalu diselenggarakan di kampus adalah program magang. Untuk menjalani program tersebut, mahasiswa perlu mengajukan surat permohonan magang kepada perusahaan yang akan dituju. 

5. Contoh surat permohonan lamaran kerja

rangkulteman.id

Contoh surat permohonan yang benar dan jenisnya juga bisa digunakan untuk melamar kerja. Di dalamnya, surat ini berisi tentang identitas, posisi yang akan dilamar, serta lampiran berkas yang diperlukan.

6. Contoh surat permohonan dana

inspiring.id

Surat permohonan dana memang hampir selalu diperlukan saat akan menyelenggarakan acara. Sebab, panitia memerlukan dukungan agar acara bisa berjalan dengan meriah dan lancar. 

7. Contoh surat permohonan studi banding

idn.sch.id

Surat permohonan studi banding di atas ditujukan antar instansi sekolah untuk mengizinkan siswanya melakukan studi banding. Dokumen ini penting agar kegiatan bisa berjalan dengan lancar dan bisa dipertanggungjawabkan. 

8. Contoh surat permohonan beasiswa

lezgetreal.com

Saat akan mengajukan beasiswa, seorang mahasiswa perlu menulis surat permohonan beasiswa. Biasanya, contoh surat permohonan yang benar dan jenisnya sudah disediakan oleh perusahaan atau pihak yang memberi beasiswa. 

9. Contoh surat permohonan izin pemakaian tempat

manjakan.com

Sama seperti surat permohonan izin pemakaian tempat sebelumnya, surat yang satu ini juga tidak jauh berbeda. Kali ini, surat dibuat oleh panitia turnamen dan ditujukan kepada kepala dusun untuk meminjam lapangan bola voli di desa tersebut. 

10. Contoh surat permohonan kerja sama

suratresmi.net

Terakhir, contoh surat permohonan yang benar dan jenisnya bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk menjalin kerja sama. Seperti di atas, pihak RSUD ingin menjalin kerja sama kembali dengan pihak laboratorium.

Demikian 10 contoh surat permohonan yang benar dan jenisnya. Kamu bisa melihat contoh-contoh di atas jika suatu saat membutuhkannya.

Semoga informasi di atas membantu ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration