Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Contoh Buku Nonfiksi dengan Pengertian dan Ciri-Cirinya

Mulai dari buku biografi sampai motivasi

Nafi' Khoiriyah

Perbedan buku fiksi dan nonfiksi sering menjadi pertanyaan bagi para pembaca. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Jika buku fiksi bersifat rekaan, buku nonfiksi justru diangkat dari kenyataan atau fakta. 

Macam-macam buku nonfiksi pun ada banyak sekali, mulai dari buku biografi sampai buku motivasi. Supaya kamu lebih mudah memahami tentang buku nonfiksi, simak 10 contoh buku nonfiksi beserta pengertiannya berikut ini ya, Bela!

Pengertian buku nonfiksi

unsplash.com/Annelies Geneyn

Sebelum membahas mengenai contoh buku nonfiksi, kamu perlu mengetahui apa pengertian buku nonfiksi. Menurut KBBI, nonfiksi berarti karangan atau karya sastra yang berdasarkan fakta dan kenyataan. 

Jadi, buku nonfiksi berisi kejadian-kejadian nyata di sekitar yang bersifat informatif. Penulis buku ini perlu melakukan berbagai penelitian dan pengamatan agar tulisan yang dihasilkan dalam buku bisa dipertanggungjawabkan. 

Berbeda dengan buku fiksi yang banyak memakai bahasa kiasan, buku nonfiksi cenderung memakai bahasa yang denotatif dan apa adanya karena bersifat informatif. Oleh karena itu, banyak orang kemudian memakai buku nonfiksi sebagai referensi. 

Macam-macam buku nonfiksi

pexels.com/lil artsy

Banyaknya jenis buku nonfiksi membuatnya terbagi dalam beberapa jenis, di antaranya adalah buku biografi, buku motivasi, buku literatur, buku ensiklopedia, dan buku pelajaran. 

  • Buku biografi merupakan tulisan yang menceritakan tentang seseorang yang berpengaruh. Biasanya, tulisan ini dibuat untuk memberikan inspirasi bagi pembacanya. 
  • Buku motivasi merupakan jenis buku yang berisi dorongan untuk mendapatkan kembali semangat yang hilang. Biasanya, jenis buku ini berisi kajian psikologis tentang topik tertentu. 
  • Buku literatur merupakan jenis buku yang sering dijadikan sebagai sumber acuan di dunia pendidikan. Penulis buku literatur biasanya adalah para ahli yang telah menekuni bidangnya. 
  • Buku ensiklopedia merupakan jenis buku nonfiksi yang menyajikan informasi tertentu secara komprehensif. Sering kali ensiklopedia ditulis berjilid-jilid mengenai sains, pulau-pulau, dan sebagainya. 
  • Buku pelajaran merupakan buku acuan wajib yang dipakai di sekolah dan memuat materi pelajaran. Biasanya, buku pelajaran disusun sesuai dengan kurikulum yang berlaku. 

Nah, berikut ini adalah contoh-contoh buku nonfiksi yang bisa membuatmu memahami lebih detail mengenai macam-macamnya. 

1. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

wikimedia.org

Contoh buku nonfiksi yang pertama adalah buku berjudul Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat karya Mark Manson. Buku ini menceritakan tentang Harles Bokowski yang bercita-cita menjadi seorang penulis. Namun, karyanya selalu ditolak oleh setiap majalah hingga tiga puluh tahun berjalan tanpa arti.

Pada usia 50 tahun, akhirnya ada seorang editor yang menaruh minat aneh pada tulisannya. Berdasarkan kisah hidupnya, Harles Bokowski kemudian menyimpulkan bahwa bersikap bodo amat adalah kunci untuk menyelamatkan diri. Buku ini merupakan salah satu contoh buku nonfiksi yang berjenis buku motivasi. 

2. Atomic Habits

vincentcarlos.com

Selanjutnya, buku Atomic Habits karya James Clear juga merupakan karangan nonfiksi. Buku berjenis motivasi atau self improvement ini berisi tentang kebiasaan kecil dalam hidup yang berdampak pada masa depan. 

James Clear memberikan paparan teori bahwa kebiasaan kecil seperti bangun lebih cepat lima menit atau olahraga ringan setiap hari bisa menghentikan kebiasaan buruk. Kebiasaan remeh itulah yang disebut dengan atomic habits. 

3. Sapiens

thenewatlantis.com

Sapiens menjadi salah satu buku nonfiksi yang bagus untuk kamu baca. Buku karangan Yuval Noah Harari ini membahas mengenai riwayat singkat manusia, mulai dari pra sejarah sampai prediksi berakhirnya umat manusia.

Ia menceritakan tentang perilaku dan pendekatan historis dalam kajian ilmiah. Revolusi penting yang membentuk jalannya sejarah dunia pertama di antaranya revolusi kognitif yang dimulai sejak 70.000 tahun lalu.

4. Madilog

takanta.id

Tan Malaka memperkenalkan ide Madilog untuk merevolusi paradigma. Ia memandang bahwa apa yang dialami bangsa Indonesia merupakan sebuah takdir atau kekuatan supranatural atau gaib. 

Madilog merupakan akronim dari materialisme, dialektika, dan logika yang menjadi intinya. Materialisme merupakan sebuah pemikiran yang berasal dari Karl Marx. Logika berarti perimbangan akal pikiran yang diutarakan lewat kata. Sementara dialektika merupakan pikiran bahwa tidak ada suatu kebenaran absolut.

5. Rich Dad, Poor Dad

theindianbookstore

Buku nonfiksi berjudul Rich Dad Poor Dad merupakan buku yang menjelaskan perbedaan pandangan antara orang kaya dan orang miskin mengenai masalah keuangan. Robert T. Kiyosaki menjelaskan berbagai motivasi dan cara praktis untuk mengatasi masalah keuangan. 

Ia memaparkan bahwa pandangan ayah miskin agar menjadi kaya adalah dengan belajar yang rajin, berprestasi, dan mendapatkan pekerjaan tetap. Sementara pandangan ayah kaya adalah harus menggunakan uangnya untuk mendapat keuntungan lebih besar lagi. 

6. Soekarno: Biografi Singkat

perpustakaan.kasn.go.id

Contoh buku nonfiksi selanjutnya berjenis biografi yang berjudul Soekarno: Biografi Singkat. Sebagai seorang mantan presiden, Soekarno tentu memiliki tempat tersendiri bagi masyarakat Indonesia. 

Oleh karena itu, pemikiran sampai dengan perjalanan hidupnya perlu diketahui untuk mendapatkan nilai-nilai positif. Kamu bisa melihat kehidupan pribadi, perjalanan politik, sampai peninggalan pribadinya. 

7. Autobiografi Mahatma Gandhi

mizanstore.com

Mahatma Gandhi merupakan seorang tokoh pemimpin India yang dikenal sebagai tokoh perdamaian. Dalam buku Autobiografi Mahatma Gandhi ini, kamu bisa menelusuri jejak kariernya hingga prinsip satyagraha yang menginspirasi para aktivis demokrasi dan antirasisme.  

8. Sebuah Seni untuk Memahami Kekasih

annisakhairiyyah.com

Sebuah Seni Untuk Memahami Kekasih merupakan contoh buku nonfiksi yang ditulis oleh Agus Mulyadi. Buku ini berisi mengenai toleransi dan kesamaan pemahaman dalam sebuah hubungan percintaan. Ia merangkum 38 kisah perjalanan cintanya dengan Kalis Mardiasih yang mungkin bisa menginspirasi bagi para pasangan muda saat ini. 

9. 100 Wasiat Bisnis Bob Sadino

dodimawardi.com

Bob Sadino dikenal sebagai pengusaha yang nyentrik pada masanya. Pemikiran Bob Sadino selama menjadi pengusaha itulah yang terangkum dalam buku nonfiksi berjudul 100 Wasiat Bisnis Bob Sadino. Kalimat-kalimat di dalamnya bisa membuat pembaca menyelami makna sambil berpikir berulang kali. 

10. Kisah, Perjuangan, dan Inspirasi B.J. Habibie

solusibuku.com

Contoh buku nonfiksi yang terakhir berjudul Kisah, Perjuangan, dan Inspirasi B.J. Habibie. Buku berjenis biografi ini menceritakan tentang kisah di balik kesuksesan sosok B.J. Habibie.

Dikenal sebagai Bapak Teknologi Indonesia, kecerdasannya menjadi hal yang membuat banyak orang penasaran. Dalam buku inilah, kamu bisa membaca kehidupan pribadi seorang B.J. Habibie secara lebih lengkap. 

Demikian 10 contoh buku nonfiksi beserta pengertian dan ciri-cirinya yang bisa kamu amati. Semoga bermanfaat ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration