Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Cara Baca Novel Gratis Tanpa Aplikasi, Cek Situs Ini!

Koleksinya banyak dan menarik

Nafi' Khoiriyah

Salah satu cara mengisi waktu luang yang menyenangkan adalah dengan membaca novel. Sebab, kegiatan tersebut bisa menghibur sekaligus memberikan pelajaran berharga lewat alur cerita di dalamnya. 

Jika dulu membaca novel harus dari buku yang tebal, kini novel sudah bisa kamu baca melalui smartphone milikmu. Biasanya, novel tersedia di aplikasi sehingga mengharuskan untuk mengunduh terlebih dahulu sebelum membacanya. 

Namun, jika kamu tak ingin mengunduh aplikasi, maka membaca novel gratis tanpa aplikasi adalah solusinya. 

Cara baca novel gratis tanpa aplikasi tersebut bisa dilakukan lewat berbagai situs di internet. Berikut adalah 10 situs baca novel gratis yang bisa kamu pakai. 

1. iPusnas

ipusnas.id

Cara baca novel gratis tanpa aplikasi yang pertama dalah melalui iPusnas. iPusnas merupakan platform perpustakaan digital dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas). 

Platform ini bisa diakses dengan berbagai perangkat elektronik tanpa harus mengunduh aplikasi terlebih dahulu. Di dalamnya, terdapat banyak sekali buku bacaan, termasuk novel dalam berbagai genre. 

Cara membacanya hampir sama dengan meminjam buku di perpustakaan, yakni dengan diberi waktu selama 2 minggu. Jadi, kamu bisa menentukan pilihan novel yang akan kamu baca. 

2. Wattpad

wattpad.com

Wattpad memang sudah dikenal sebagai salah satu platform untuk membaca berbagai tulisan, termasuk novel. 

Tak harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu, kamu bisa menikmati novel di dalamnya dengan membuka situs ini. Di dalamnya, kamu bisa menemukan novel dalam berbagai genre, mulai dari horror sampai fantasi, serta bisa menulis sendiri novel milikmu. 

Biasanya, cerita-cerita dari Wattpad yang memiliki banyak pembaca akan diterbitkan menjadi novel. 

3. Cabaca.id

cabaca.id

Tak jauh beda dengan Wattpad, cara baca novel gratis tanpa aplikasi selanjutnya adalah dengan mengunjungi situs cabaca.id. Website ini mempunyai berbagai pilihan genre novel yang menarik untuk kamu baca. 

Sebagai pengguna, kamu akan bisa membaca novel gratis pada 3 chapter awal, kemudian selanjutnya bisa membacanya kembali dengan membeli 'kerang' untuk ditukarkan dengan chapter novel selanjutnya. 

4. Storial.co

storial.co

Website selanjutnya yang bisa kamu kunjungi untuk membaca novel tanpa aplikasi ialah Storial.co. Situs ini menyediakan berbagai bacaan menarik, termasuk novel berbagai genre secara gratis. 

Keunggulan yang dimiliki oleh laman ini adalah fitur audio story yang bisa kamu nikmati dengan cara mendengarkannya. Kamu pun bisa mempublikasikan karya sendiri ke website ini.

5. ManyBooks

manybooks.net

Cara baca novel gratis tanpa aplikasi selanjutnya bisa melalui situs ManyBooks. Situs ini menawarkan puluhan genre buku termasuk novel, mulai dari genre romantis, horor, misteri, petualangan, hingga sejarah. 

Namun, semua judul buku pada situs ini hanya disajikan dalam bahasa Inggris. Dengan begitu, kamu bisa menikmati novel sekaligus belajar bahasa Inggris dengan ribuan buku gratis pada situs ini. 

6. NovelToon

appgrooves.com

Situs yang satu ini mungkin sudah familier bagi para penikmat novel daring di Indonesia, yakni NovelToon. Selain menyediakan berbagai cerita yang lengkap, NovelToon juga menyediakan berbagai judul bacaan dalam bentuk komik. 

Situs ini akan cocok dengan kamu yang suka membaca cerita dengan ilustrasi yang menarik. Tak hanya itu saja, situs ini juga sering kali menyelenggarakan kompetisi menulis yang berhadiah fantastis. 

7. Open Library

wikimedia.org

Open Library merupakan situs yang menyediakan buku-buku lengkap, mulai dari novel klasik sampai buku cerita anak. Seperti namanya, situs ini seperti halnya perpustakaan yang bisa meminjamkan buku kepada penggunanya. 

Namun sebelumnya, kamu perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu sebelum meminjamnya. Tak perlu khawatir, baik mendaftar atau meminjam buku di situs ini gratis tanpa biaya. 

8. Net Galley

bookstr.com

Cara baca novel gratis tanpa aplikasi selanjutnya bisa melalui situs Net Galley. Situs ini cocok bagi kamu yang ingin menikmati novel dalam bahasa Inggris.

Koleksi buku dalam situs ini pun cukup lengkap sehingga sangat direkomendasikan untuk mengakses situs ini.

9. Get Free Ebooks

getfreeebooks.com

Di Get Free Books, kamu bisa membaca novel gratis tanpa aplikasi. Bukan hanya novel saja, ada berbagai macam kategori bacaan, seperti manga sampai buku sejarah di sini. 

Pengunjung tidak hanya bisa menjadi pembaca, tetapi juga penulis secara legal di dalamnya. Bahkan, video pun bisa diunggah ke dalamnya sehingga sangat bermanfaat. 

10. Google Books

books.google.co.id

Terakhir, Google Books ternyata juga tersedia untuk digunakan pembaca di seluruh dunia. Melalui situs ini, pengunjung bisa mencari novel favorit dengan mengetikkan kata kunci di kolom pencari.

Meski tidak semuanya menyediakan full bacaan satu buku, tetapi di dalamnya disertakan informasi tentang sinopsis, cara mendapatkannya, serta buku-buku yang terkait dengan judul yang dicari.

Itulah 10 cara baca novel gratis tanpa aplikasi lewat situs di internet. Sekarang, kamu tak perlu bingung untuk mencari bacaan yang menarik.

Selamat mencoba ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration