Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Apa Itu Novel? Ini Ciri, Contoh dan Jenisnya 

Terdapat banyak jenisnya

Nafi' Khoiriyah

Buku bacaan memang ada banyak sekali macamnya, ada yang berisi tulisan fiksi dan ada yang non fiksi. Salah satu jenis buku bacaan fiksi yang digemari masyarakat adalah novel. 

Menurut KBBI, novel merupakan karangan prosa panjang yang berisi rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat pelaku. 

Untuk mengetahui lebih jelas tentang novel, berikut Popbela.com akan membahas tentang apa itu novel? Ini ciri, contoh dan jenisnya yang perlu kamu ketahui.

Simak ulasan berikut ini ya, Bela!

1. Pengertian novel

unsplash.com/Vika Strawberrika

Hal pertama yang perlu kamu tahu untuk menjawab pertanyaan apa itu novel? Ini ciri, contoh dan jenisnya adalah pengertian novel.

Menurut Jakob Sumardjo, novel adalah bentuk karya sastra paling populer di dunia. Karya sastra ini paling banyak dicetak dan paling banyak beredar, sebab daya komunitasnya sangat luas di masyarakat. 

Sementara itu, novel menurut Rostamaji merupakan karya sastra yang mempunyai dua unsur, yakni unsur intrinsik dan ekstrinsik yang saling berhubungan karena sangat berpengaruh dalam kehadiran sebuah karya sastra. 

Istilah novel berasal dari bahasa Italia 'novella' yang berarti sebuah kisah atau cerita. Kemudian, seorang penulis novel disebut dengan novelis. 

Berbeda dengan karya sastra lainnya, novel memiliki kompleksitas yang panjang. Biasanya, karya sastra satu ini mengisahkan tentang kehidupan satu tokoh dengan tokoh lainnya dan kaitannya dengan lingkungannya. 

2. Unsur-unsur novel

unsplash.com/Thought Catalog

Sebagai karya sastra, novel disusun dari unsur-unsur yang saling membangun dan melengkapi. Berikut adalah unsur-unsur yang umumnya ada pada novel. 

  1. Tema
    Unsur ini sangat penting karena akan menjadi pokok cerita dalam novel. Tema menentukan kisah apa yang akan diangkat dalam sebuah novel. Biasanya, tema dibuat dalam sebuah frasa atau kalimat yang kemudian bisa menjadi gambaran cerita secara keseluruhan. 
  2. Tokoh dan penokohan 
    Tak kalah penting dengan tema, tokoh dan penokohan juga wajib ada dalam novel. Tokoh adalah pelaku yang menjalani kisah dalam karya, sementara penokohan adalah gambaran watak yang dibuat penulis untuk para tokoh di dalamnya. 
  3. Latar 
    Novel yang menarik tentu harus bisa menggambarkan situasi di dalam novel. Gambaran situasi tersebut bisa diberikan lewat latar. Latar bisa terdiri dari latar tempat, latar waktu, atau latar suasana. 
  4. Alur 
    Setelah latar, alur atau plot adalah unsur yang membuat novel menjadi menarik. Tanpa alur, pembaca akan kesulitan untuk memahami novel. Alur ada beberapa macam, di antaranya alur maju, alur mundur, atau alur campuran. 
  5. Sudut pandang
    Sudut pandang merupakan cara pengarang bercerita. Pengarang bisa memposisikan diri sebagai orang pertama, orang kedua, ataupun sebagai orang ketiga dalam cerita. 
  6. Amanat 
    Dalam sebuah novel, penulis tentu ingin memberikan pesan kepada pembacanya. Pesan atau amanat itu bisa disampaikan secara tersirat ataupun tersurat. 

3. Ciri-ciri novel

unsplash.com/Seongho Jang

Sebelum lebih jauh menjawab apa itu novel? ini ciri, contoh dan jenisnya. Terlebih dahulu kamu perlu mengenali ciri-ciri novel. Secara umum, ciri-ciri novel adalah sebagai berikut. 

  1. Novel memiliki jumlah kurang lebih 35.000 kata. 
  2. Novel berjumlah kurang lebih 100 halaman. 
  3. Durasi membaca novel secara umum sekitar 120 menit. 
  4. Alur cerita dalam novel cukup kompleks. 
  5. Novel membuat pembaca merasakan lebih dari satu efek dan emosi. 
  6. Novel ditulis dengan narasi yang menggambarkan kondisi yang terdapat di dalamnya. 
  7. Dalam novel terdapat lebih dari satu pelaku yang diceritakan. 
  8. Dalam novel terkadang muncul tema sampingan selain tema utama.

4. Jenis-jenis novel

pexels.com/Dzenina Lukac

Sebagai karya sastra yang sudah ada sejak zaman dahulu, novel terus berkembang dari segi bentuk dan jenisnya. Pembagian novel berdasarkan jenisnya ada banyak sekali, di antaranya adalah novel berdasarkan genre, isi, dan kebenaran ceritanya. 

Jenis novel berdasarkan genrenya adalah sebagai berikut.

  1. Novel Romantis 
    Novel jenis ini fokus menceritakan kisah romansa percintaan para tokohnya. 
  2. Novel Sejarah
    Novel sejarah menceritakan tokoh dengan latar belakang suatu peristiwa sejarah.
  3. Novel Horor
    Seperti namanya, genre novel ini menyajikan cerita yang seram, mistis, atau gaib bagi pembaca.
  4. Novel Komedi 
    Karya novel komedi biasanya memunculkan unsur-unsur humor di dalam cerita sehingga pembaca akan merasa terhibur.
  5. Novel Inspiratif
    Novel inspiratif bertujuan untuk memotivasi pembaca yang berisi kisah yang bisa diteladani. 
  6. Novel Misteri
    Hampir sama dengan novel horor, novel misteri lebih cenderung membuat pembaca penasaran dengan teka-teki yang muncul di dalam cerita. 
  7. Novel Perjalanan
    Novel perjalanan biasanya menceritakan perjalanan tokoh dari satu wilayah ke wilayah lain dengan menggambarkan situasi tempat secara jelas kepada pembaca.

Kemudian, jenis novel berdasarkan isinya adalah sebagai berikut. 

  1. Novel Teenlit 
    Novel jenis ini ditujukan bagi pembaca seusia remaja sehingga isi cerita disesuaikan dengan kehidupan remaja pada umumnya.
  2. Novel Chicklit 
    Setelah teenlit, tingkatan selanjutnya adalah chicklit. Novel ini menceritakan tentang usia pertengahan antara remaja menuju dewasa dengan segala lika-liku permasalahannya. 
  3. Novel Songlit 
    Sepeti namanya, novel songlit dikembangkan dari sebuah lagu. Biasanya, novel ini diambil dari lagu yang sedang populer di masyarakat. 
  4. Novel Dewasa
    Jenis novel terakhir adalah novel dewasa. Novel ini biasanya memasukkan unsur sensualitas sehingga hanya bisa dibaca oleh orang yang sudah berusia dewasa.

5. Contoh novel

brewingwriter.com

Setelah mengetahui jawaban apa itu novel? Ini ciri, contoh dan jenisnya, kamu bisa mengetahui contoh-contoh novel yang telah terbit berikut ini. 

  • Laut Bercerita karya Leila S. Chudori

Novel pertama ini merupakan karya berlatar belakang sejarah tahun 1998 saat sekelompok pemuda berjuang untuk melengserkan sistem pemerintahan masa Orde Baru.

Novel ini menceritakan sosok Biru Laut  dan kelompoknya yang ditangkap dan dihukum. Siapapun yang membaca cerita dalam novel ini pasti akan merasakan kesedihan yang mendalam karena alur cerita di dalamnya. 

  • Laskar Pelangi karya Andrea Hirata

Laskar Pelangi merupakan novel inspiratif yang sudah diangkat menjadi sebuah film. Karya legendaris Andrea Hirata ini menceritakan kehidupan anak-anak SD Muhammadiyah di Belitung beserta suka duka dan perjuangannya. 

  • Dilan karya Pidi Baiq

Kalau kamu gemar dengan kisah romansa remaja, novel yang satu ini tentu tidak boleh dilewatkan untuk dibaca. Dilan merupakan novel yang bercerita tentang kehidupan remaja Sekolah Menengah Atas (SMA) dan lika-likunya untuk mengambil hati perempuan pujaan hatinya. 

  • Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi

Buku bisa menjadi media yang mengantarkan kita untuk melihat situasi di wilayah lain lewat novel perjalanan seperti ini. Negeri 5 Menara merupakan novel yang menceritakan kehidupan 6 santri yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang berhasil mewujudkan mimpinya. 

  • Ngenest karya Earnest Prakasa

Novel juga bisa menjadi media hiburan jika kamu memilih genre novel komedi seperti yang satu ini. Ngenest merupakan novel yang megisahkan tentang dirinya yang kerap mendapatkan diskriminasi karena merupakan keturunan Tionghoa.

Meskipun dibawakan dengan gaya cerita yang lucu dan menimbulkan gelak tawa, novel ini tetap mengandung amanat yang baik. 

Itulah jawaban dari pertanyaan apa itu novel? Ini ciri, contoh dan jenisnya. Sekarang, kamu bisa memahami karya sastra ini dengan lebih dalam lagi.

Semoga bermanfaat ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration