Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Menyeramkan, Ini Potret 17 Hantu Perempuan di Setiap Negara

Jangan lihat ini malam-malam

Nabila Damaan

Cerita horor memiliki daya tariknya tersendiri. Nggak jarang dari kita setiap berkumpul dengan sanak saudara maupun teman pasti pernah menyisipkan kisah-kisah seram mendebarkan. 

Namun, pernahkan terlintas di pikiranmu bahwa negara-negara lain juga memiliki kisah hantunya masing-masing? Sama halnya dengan kita yang mempercayai adanya kuntilanak sebagai sosok hantu perempuan paling menakutkan. Kamu penasaran nggak sih seperti apa sosok hantu yang ada setiap negara? Kali ini Popbela akan menyajikan 17 daftar hantu-hantu perempuan yang ada di dunia. Simak terus artikelnya, ya Bela!

1. La Llorona dari Meksiko

mediaplaynews.com

Generasi anak-anak Meksiko tumbuh dengan ketakutan pada La Llorona—sosok hantu perempuan penuh dendam, bernama Maria. Meratapi kesalahannya dalam hidup telah membuat arwahnya terperangkap di bumi. Kabarnya, dia membunuh kedua anaknya dengan cara menenggelamkannya, kemudian setelah menyesali perbuatan, Maria menenggelamkan diri menyusul kedua anaknya. Dia adalah legenda—sebuah mitos dan cerita pengantar tidur seram yang asal-usulnya sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. 

2. Pichal Peri dari Pakistan

tenor.com

Sebuah legenda menakutkan berusia seabad yang disebut Pichal Peri masih menghantui orang-orang yang tinggal di Pegunungan Utara Pakistan dan kaki Himalaya di India. Pichal Peri dipercaya kerap menampakan diri di tengah hutan dengan berbagai bentuk untuk meminta bantuan kepada siapapun yang ditemuinya, lalu Pichal Peri akan menghilang secara tiba-tiba.

Menurut legenda, ada yang mengatakan Pichal Peri berbentuk perempuan tradisional cantik, tetapi ada pula yang berpendapat kalau hantu perempuan yang satu ini adalah sosok penyihir jahat yang tingginya hampir 20 kaki, dengan wajah panjang, jari-jari kotor, bungkuk, pakaian berlumuran darah, mata bundar besar dan rambut acak-acakan yang menutupi sebagian besar wajahnya.

3. Strzyga dari Polandia

aminoapps.com

Penduduk setempat lebih mengenalnya Iblis Perempuan Slavia. Jika kita mendengar seseorang berbicara tentang iblis yang meminum darah dan bersembunyi di malam hari, vampir mungkin akan menjadi hal pertama yang muncul di benak kita. 

Tidak seperti vampir, Stzyga adalah iblis perempuan dan memiliki dua garis gigi. Pada malam hari, dia berubah menjadi burung hantu dan memburu siapa pun makhluk malang yang berkeliaran di malam hari di pedesaan Polandia. 

4. Pisadeira dari Brazil

non-aliencreatures.fandom.com

Pisadeira adalah hantu yang ditemukan di Brasil. Pisadeira digambarkan sebagai perempuan tua yang sangat kurus dengan hidung panjang dan kuku, mata merah. Mitos yang beredar di masyarakat Brazil, Pisadeira mengincar orang-orang yang pulang tengah malam sehabis pesta makan, biasanya orang tersebut akan tidur terlentang.

Pisadeira akan menyelinap masuk ke dalam kamar orang tersebut. Dia kemudian akan duduk di dada korban dan mulai membangunkan mereka; mereka kemudian akan bangun dan tidak bisa bergerak dan Pisadeira kemudian perlahan-lahan akan menyiksa korbannya sampai mereka mati. 

5. Shakchunni dari Bangladesh

artstation.com/

Dia adalah seorang penyihir perempuan dengan tubuhnya yang berwarna hijau. Badannya yang sedikit bungkuk, memiliki taring yang tajam, kuku tangan yang kotor, serta lidah panjang yang menjulur.

Menurut legenda yang tersebar, Shakchunni adalah sosok hantu perempuan yang meninggal saat melahirkan atau hamil atau karena penderitaan di tangan mertuanya akan kembali untuk membalas dendam, terutama menargetkan laki-laki di keluarganya.

6. Kuntilanak dari Indonesia

instgram.com/kuntilanak_999

Kuntilanak (bahasa Melayu: Pontianak atau Puntianak, atau sering disingkat kunti) merupakan hantu yang dipercaya bersumber dari perempuan hamil yang tutup usia atau wanita yang meninggal karena melahirkan dan anak tersebut belum sempat lahir. Nama "puntianak" merupakan singkatan dari "perempuan mati beranak".

Nggak jauh berbeda dengan Shakchunni dari Bangladesh, bedanya hantu perempuan yang terkenal di Indonesia ini tidak berwarna hijau. Mereka pun kerap menggoda para laki-laki yang melintas di malam hari, walaupun nggak jarang mereka juga suka mengantui perempuan, apalagi perempuan itu adalah pasangan dari laki-laki yang kultilanak sukai. 

7. Aicha Kandicha dari Maroko

dna.fr

Aicha Kandicha adalah seorang tokoh mitologi perempuan dalam cerita rakyat Maroko. Salah satu dari sejumlah karakter cerita rakyat yang mirip dengan jin, tetapi memiliki kepribadian yang berbeda, ia biasanya digambarkan sebagai seorang perempuan muda cantik yang memiliki kaki hewan berkuku seperti kambing atau unta. 

Banyak versi yang tersebar di masyarakat Maroko. Ada yang mengatakan bahwa dia adalah peri cantik dengan kaki unta yang menggoda laki-laki dengan kecantikannya, dan Kandicha tinggal di tempat yang meiliki air, seperti sumur. 

Ada pula yang mengatakan Kandicha adalah sosok hantu perempuan yang ingin membalaskan dendamnya kepada kolonial Portugis karena telah membunuh suaminya. Bahkan ada juga yang mengatakan bahwa Kandicha adalah putri Andalusia yang diusir dari Andalusia. 

8. Penanggalan dari Malaysia

pinterest.cl/Toni LlT

Penanggalan ini persis seperti Kuyang yang ada di Indonesia. Sosok hantu perempuan yang kabarnya telah mencoba ilmu hitam untuk memperoleh kecantikan dengan syarat menjadi seorang vegetarian selama 40 hari.

Namun, apabila perepuan tersebut gagal, ia akan dikutuk untuk menghabiskan malamnya sebagai makhluk aneh dengan rasa haus yang tak terpendam terhadap perepuan hamil dan bayi yang baru lahir. 

9. Banshee dari Irlandia

mitosymas.com

Biasanya digambarkan sebagai penyihir tua, banshee dianggap sebagai pertanda kematian dan malapetaka. Dia dikenal di Irlandia dengan banyak nama di antaranya Hag of the Mist, Little Washerwoman dan Hag of the Black Head. 

Nama 'banshee' berasal dari bahasa Irlandia Kuno untuk 'perempuan gundukan peri'. Namanya terhubung dengan berbagai gundukan tanah yang tersebar di sekitar pedesaan Irlandia yang dikenal sebagai tumuli. Tumuli ini secara tradisional menutupi kuburan atau sejumlah kuburan dan dikatakan sebagai rumah bagi arwah orang mati.

Banshee biasanya muncul dalam tiga bentuk: sebagai seorang gadis muda, sampai nenek tua yang malang. Apapun bentuknya, dia akan mengenakan jubah abu-abu dan matanya selalu merah karena menangis terus menerus. Dia adalah peramal kematian. 

10. Bloddy Mary dari Inggris

villains.fandom.com

Berdiri di kamar mandi yang gelap, diterangi oleh satu lilin, kamu cukup melihat ke cermin dan menyebut namanya tiga kali: Bloody Mary. Sebuah hantu kemudian akan muncul. 

Bloody Mary, kadang-kadang disebut sebagai "Hell Mary", adalah roh dalam cerita rakyat Inggris dan mitos urban yang dikatakan akan muncul di kaca dan meramalkan masa depan. 

Menurut legenda, Bloody Mary adalah hantu seorang perempuan yang tidak bahagia yang melakukan bunuh diri karena bayinya dicuri atau dituduh membunuh anak-anaknya. Tergantung pada variasi yang digunakan, ini membuat jiwanya marah karena kesedihan atau kemarahan dan dia akan menghantui dunia melalui penggunaan cermin.

11. Bell Witch dari Amerika Serikat

wikipedia.com

Bell Witch adalah sebutan untuk salah satu hantu yang cukup ditakuti di Amerika Serikat. Sosok Bell Witch digambarkan sebagai roh yang dapat berwujud perempuan muda dan bisa berubah sesuai keinginannya. Kisah Bell Witch ini dimulai sejak tahun 1700-an sampai 1800-an.

12. Gjenganger dari Swedia

mitologia.hi7.co

Salah satu urban legend yang tersebar di Swedia adalah sosok Gjenganger. Dalam cerita rakyat Skandinavia adalah istilah untuk revenant, roh atau hantu orang yang meninggal dari kubur.

Seorang gjenganger bisa memiliki beberapa alasan untuk kembali dari alam baka. Orang yang terbunuh dan pembunuhnya jarang bisa tidur nyenyak di kuburan mereka.

Di lain waktu, orang-orang kembali dari kubur karena mereka telah meninggalkan sesuatu yang belum selesai. Paling sering mereka membutuhkan seseorang untuk membantu mereka melakukan ini, sebelum mereka akhirnya bisa berdamai.

Gjenganger biasanya menggunakan tubuh manusia yang masih hidup untuk menyelesaikan urusannya yang belum selesai di dunia.

13. Gwisin dari Korea Selatan

ubitto.com

Menurut cerita rakyat, Gwisin hantu perempuan berambut panjang ini dapat ditemukan di banyak tempat. Dikatakan bahwa ketika seseorang meninggal tetapi masih memiliki ikatan dengan dunia yang hidup, seperti dalam kasus balas dendam atau merawat orang yang dicintai, roh mereka tetap di bumi untuk menyelesaikan tugas sebelum pergi ke dunia bawah.

Cerita rakyat mengatakan bahwa hantu Gwisin biasanya transparan, tanpa kaki dan melayang di udara. Gwisin wanita atau dikenal sebagai Cheonyeogwisin biasanya mengenakan Hanbok putih (한복) yang dipakai untuk pemakaman. Mereka memiliki rambut hitam panjang yang terkulai dan terkadang mereka tidak berwajah, tergantung pada kepribadian mereka.

14. Kuchisake-onna dari Jepang

darktales.blog

Hantu Wanita Bermulut Celah, yang lebih dikenal sebagai Kuchisake- onna. Legenda urban yang populer dan kuno ini berasal dari Jepang , selama periode Heian (kira-kira 1200-800 tahun yang lalu).

Berapapun usia mereka, hampir semua orang di Jepang pernah mendengar cerita tentang kuchisake-onna. Hantu ini diceritakan berwujud seorang perempuan yang bermulut robek. Konon, perempuan ini menutupi mulutnya dengan masker operasi dan sering muncul di jalan-jalan yang sepi. 

15. Manananggal dari Filipina

encyclopediamythologica.com

Manananggal adalah makhluk dalam cerita rakyat Filipina yang mirip dengan vampir. Sosok perempuan bersayap kelelawar yang terbang hanya membawa sebagian tubuhnya saja ini dikenal tidak menyukai garam dan bawang putih. Bagian lainnya adalah titik kelemahan manananggal. 

Mitos manananggal populer di daerah Visayas, terutama di provinsi Capiz, Iloilo, Antique. Manananggal juga menghindari belati, cuka, cahaya, rempah-rempah, dan ekor ikan pari.

Tubuh itu akan terbang pada malam hari untuk berburu perempuan hamil yang sedang berada di rumah. Manananggal menggunakan lidah memanjang untuk mengisap jantung atau janin atau darah dari korban yang sedang tidur. 

16. La Sayona dari Venezuela

yoo.rs

La Sayona adalah roh yang ditemukan dalam legenda Venezuela, dia adalah seorang perempuan yang membunuh suami dan ibunya setelah dia berpikir bahwa mereka bersengkongkol menutupi perselingkuhan.

La Sayona sering dijuluki sebagai hantu pembantai para pria hidung belang lantaran hantu ini, dikisahkan muncul hanya untuk menggoda laki-laki yang memiliki hubungan cinta di luar pernikahan mereka.

Nama “Sayona” sendiri diambil dari kain yang dipakai sang hantu. Modelnya seperti gaun putih panjang mirip dengan pakaian abad pertengahan.

17. Mae Nak dari Thailand

non-aliencreatures.fandom.com

Mae Nak Phra Khanong, atau kependekannya adalah Mae Nak atau Nang Nak, adalah sebuah hantu perempuan Thai yang populer dan terkenal. Menurut cerita rakyat lokal, cerita tersebut berdasarkan pada kisah nyata yang terjadi pada awal abad ke-19.

Sosok hantu perempuan ini tadinya adalah seorang istri (Nak) dari seorang tentara (Mak). Keduanya tinggal di sebuah rumah di daerah Phra Kanong bangkok dekat dengan kuil Wat Mahabut. Suatu ketika Mak bertugas meninggalkan Nak yang sedang hamil.

Saat menantikan suaminya, Nak meninggal. Warga setempat percaya bahwa ada seseorang yang meninggal dalam keadaan hamil, maka arwahnya akan bergentayangan. 

Kabar kematiaan sang istri tidak terdengar oleh Mak. Selesai tugas militer Mak pulang dan menemukan istri dan anaknya dalam keadaan baik-baik saja. Hingga akhirnya Mak menyadari keanehan dalam diri istrinya yang ternyata sudah menjadi hantu. Arwah tersebut di kenal dengan sebutan Phi Tai Hong Thong Klom.

Demikianlah, 17 hantu perempuan yang berasal dari berbagai macam negara. Semuanya berdasarkan kepercayaan penduduk setempat. Dari ke-17 hantu di atas mana yang menurutmu paling menyeamkan?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration