Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Rekomendasi Keramik Motif Batu yang Cocok Tuk Percantik Kamar Mandi

Lagi banyak diminati, lho

Nabila Damaan

Salah satu ciri rumah yang sehat adalah miliki kamar mandi yang bersih dan rapi. Untuk mewujudkannya desain kamar mandi harusnya disukai oleh pemiliknya, sehingga mereka akan dengan senang merawatnya. 

Berbicara tentang desain, saat ini desain kamar mandi dengan keramik motif batu sedang banyak diminati. Dengan menggunakan keramik motif batu, akan tercipta suasana kamar mandi yang alami, tetapi tetap terlihat modern.

Jika kamu sedang cari inspirasi keramik kamar mandi, berikut adalah keramik kamar mandi motif batu yang cocok untuk mempercantik tampilan kamar mandimu. Check this out!

1. Keramik Batu Marmer

atlasconcorde.com

Mamer menjadi salah satu pilihan utama untuk mendesain karena marmer sering digunakan baik dalam desain interior maupun eksterior. Banyak keuntungan yang didapatkan jika kamu menggunakan marmer di dalam kamar mandimu.

Berkilau, lembut, mudah dibentuk dan memiliki pola alami yang berbeda adalah poin terkuat yang dimiliki marmer. Tekstur yang mengkilap dan halus dari batu ini akan membantu menghilangkan kesan suram dari kamar mandi kecil dan akan menambah dimensi pada ruangan. 

Dibandingkan dengan ubin keramik, marmer sedikit lebih mahal, namun dengan menggunakan marmer akan memberi kesan mewah pada tempat apa pun karena tampilan dan teksturnya. Selain itu, marmer adalah bahan yang tepat digunakan di kamar mandi karena kemampuannya menyerap kelembaban air yang cukup baik. Membersihkannya pun cukup mudah.

2. Keramik Kamar Mandi Gaya Rustic

luxurybathrooms.eu

Untuk menciptakan kamar mandi dengan gaya rustik, kamu harus memadupadankan bahan-bahan alami seperti kayu, batu, logam dan bahan serupa lainnya untuk mensimulasikan alam dan memancarkan perasaan santai. 

Tujuan dan hasil utama dari gaya ini adalah membuat kamar mandi terasa nyaman dan homey dengan memanfaatkan dekorasi kamar mandi vintage dan pelengkap rumah ala pedesaan. Biasanya disatukan dalam warna-warna natural seperti kecoklatan.

Cobalah bermain dengan tekstur dari bahan-bahan tersebut untuk menciptakan visual tiga dimensi yang artistik. Misalnya dengan menyusun batuan alam di dinding belakang bathtub, dan gunakan material kayu untuk beberapa furnitur. 

3. Keramik Batu Bata Merah

sammyonstate.com

Jika kamu ingin mendapatkan tampilan kamar mandi yang industrial, keramik dengan corak bata merah sangat cocok digunakan sebagai ornamen. Dengan mempertahankan warna merah dari batu bata, itu akan memberikan kesan yang hangat di dalam kamar mandimu, lho.

Agar tampak lebih cerah, kamu bisa padu padankan cat berwarna putih, dan seimbangkan desain dengan meletakan beberapa hiasan sederhana di dinding. Sebenarnya, dengan menggunakan batu bata kamu juga bisa sedikit mengirit karena nggak perlu memoles atau mengecatnya tembok. 

4. Keramik Batu Ekspos

csiwallpanels.com

Batu ekspos memang nggak pernah salah menjadi bagian dalam kamar mandimu. Jika kamu ingin menikmati sensasi berendam dengan suasana natural gunakan batu ekspos, Bela. Batu alam adalah bahan yang cocok untuk kamar mandi jika memilih jenis batu yang tepat dan dipasang dengan benar.

Jenis batu alam yang paling umum di kamar mandi adalah marmer, batu tulis, dan granit. Namun, beberapa batu kapur dan travertine juga bisa digunakan. Jenis batu yang kamu pilih akan mempengaruhi kinerja dan tingkat perawatan yang diperlukan.

Untuk menambah kesan alami kamu bisa letakan beberapa tanaman gantung atau tanaman pot di dekat bathtub.

5. Keramik Batu Kerikil

homebnc.com

Selain berfungsi secara estetika, kerikil juga memiliki bermanfaat dapat meningkatkan drainase  jika digunakan sebagai alas kamar mandimu. Umumnya, kerikil putih yang digunakan untuk kamar mandi, untuk pijakan kamu bisa menggunakan lantai berbahan dasar kayu atau batu pualam.

Bagaimana tertarik mencoba?

6. Keramik Batu Sabak

naturalstonetiles.com

Jika kamu mencari lantai kamar mandi yang tahan lama, cantik, dan unik pilihannya jatuh kepada batu sabak atau batu tulis, nih Bela. Mengapa tahan lama?  Batu itu terbuat dari batuan metamorf yang terbentuk dalam jangka waktu lama karena panas dan tekanan di dalam bumi, sehingga menghasilkan lantai yang sangat keras, sehingga tahan terhadap goresan. 

Selain itu, batu sabak adalah salah satu batu yang sangat tahan air, sehingga dapat digunakan di ruangan dengan tingkat kelembaban tinggi, seperti kamar mandi. Tampilannya pun sangat unik tergantung  pada komposisi mineral tanah tempatnya dibentuk. Biasanya batu sabak memiliki warna seperti abu-abu tua dan hitam, hingga emas cemerlang dan warna-warni, merah, hijau, biru, dan ungu.

7. Keramik Kamar Mandi Serba Abu

trendir.com

Selain karena warna abu-abu yang dapat dengan mudah berbaur dengan berbagai skema warna, penggunaan warna abu-abu pada kamar mandi akan menunjukan nuansa yang mewah dan tentunya nggak mudah terlihat kotor.

Kalau kamu mau menggunakan ornamen batu berwarna abu-abu, selain batu tulis kamu juga bisa batu andesit. Dengan menggunakan batu ini, kamu bisa sesuai untuk gaya konsep minimalis maupun industrial

Abu-abu juga akan memberikan kesan yang dingin. Cara terbaik untuk menghilangkan persepsi dingin yang bisa dihadirkan oleh kamar mandi abu-abu adalah dengan segera menambahkan kehangatan. Ini dapat dilakukan dengan cara menambahkan unsur kayu, seperti lantai kayu atau meja kayu.

8. Keramik Kamar Mandi Marmer Hijau Irlandia

livingetc.com

Selain ruangan yang terjangkau mata, kamar mandi juga bisa diberikan sentuhan artistik untuk menjadi fokus perhatian yang atraktif. Untuk itu, kamu memerlukan bahan material yang unik dan eye catching, salah satunya dengan menggunakan mamer hijau Irlandia yang dapat diguanakan pada sebidang tembok. 

Kamu akan mendapatkan tekstur marbling yang indah dari perpaduan warna emerald yang mencuat dari jenis batu ini. Corak yang seperti ‘hidup’ ini membawa gaya psychedelic yang mewah ke dalam kamar mandimu.

9. Keramik Kamar Mandi Travertine

houzz.com

Travertin adalah bentuk batu kapur yang didepositkan oleh mata air mineral, terutama air panas. Travertin sering memiliki penampilan berserat yang berwarna putih, cokelat dan varietas berwarna krem. Sekilas memang mirip dengan marmer, namun jika dilihat tampilannya terkesan lebih matte dan biasanya memiliki motif yang seragam.

Travertine adalah bahan yang digunakan untuk membangun banyak konstruksi zaman Romawi, jadi nggak perlu dikhawatirkan lagi ketangguhannya. Paling sering digunakan untuk lantai dan paving, batu ini juga cocok untuk countertops, backsplash , dan dinding shower.

Itulah ke-9 rekomendasi keramik batu yang cocok digunakan di kamar mandi. Selain menciptakan kesan alami, menggunakan keramik batu juga diketahui memiliki beberapa keuntungan, salah satunya adalah mudah dalam perawatan, Bela. So, kamu bakal gunakan keramik batu apa?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration