Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Daftar Kaki Tangan Tokoh Penjahat Terbaik Sepanjang Animasi Disney

Siapa yang paling jahat?

Nabila Damaan

Apalah artinya pahlawan tanpa musuh? Predikat pahlawan biasanya disematkan untuk mereka yang mampu memberantas ketidakadilan dan ketidakbenaran. Itulah mengapa hampir di seluruh karya Disney peran penjahat tidak kalah penting dibangun dalam cerita. Pernahkah kamu sadari kalau para penjahat di Disney selalu mempunyai anak buah

Penjahat Disney tidak bisa melakukan semuanya sendiri. Mereka lebih suka memiliki anak buah yang cukup kuat untuk melancarkan aksi-aksi jahat. Nggak jarang andil para anak buah ini mampu mengipasi api dan membuat bahkan penjahat terbaik menjadi lebih baik.

Dalam plot jahat, tokoh villain menggunakan perbudakan abadi yang sama jahatnya dengan mereka. Jarang jadi perhatian, berikut Popbela rangkum peringkat daftar anak buah penjahat terbaik dalam animasi Disney!

1. Stabbington Brothers dalam Tangled (2010)

disney.fandom.com

Jika kamu ingat dengan dua penjahat kembar berbadan kekar yang juga komplotan Flynn Rider untuk mencuri mahkota. Mereka adalah Stabbington bersaudara dengan salah satu pengisi suaranya adalah Ron Perlman pemeran Hellboy. 

Stabbington Brothers memang dibentuk dari awal sebagai penjahat, bertambah jahat lagi ketika mereka bertemu dengan Mother Gothel. Mother Gothel memanfaatkan ambisi mereka untuk kekayaan dan balas dendam, menjanjikan keduanya jika mereka mendengarkannya.

Flynn berusaha memperbaiki keadaan dengan memberikan mahkota kepada saudara-saudaranya, tetapi mereka hanya tertarik pada rambut Rapunzel. Mereka menjatuhkan Flynn dan mengikatnya ke perahu dengan cara seakan membuat Flynn tampak seperti pergi dengan sukarela. Jika bukan karena serangan mendadak Mother Gothel, Rapunzel sudah berada di tangan Stabbington bersaudara.

2. Lucifer dalam Cinderella (1950)

disney.fandom.com

Pemegang tahta kejahatan dalam cerita Cinderella memang jatuh pada Lady Tremaine dan kedua anak perempuannya (Anastasia dan Drizella). Namun, ada satu karakter yang tak kalah jahatnya, penambah kesengsaraan Cinderella, yaitu si kucing gemuk berwarna hitam bernama Lucifer. 

Lucifer digambarkan sebagai pemburu tikus yang licik, jahat, manipulatif, dan curang. biasanya melakukan aksi-aksi kecil, tapi mampu membuat pekerjaan rumah calon putri menjadi lebih membebani. Sering mengganggu Bruno si anjing dan teman-teman tikus di setiap kesempatan.

3. Horace dan Jasper dalam 101 Dalmatians (1961)

imdb.com

Cruella De Vil sosialita yang terobsesi dengan mode yang eksentrik, menggunakan kulit dari 99 anak anjing Dalmatian untuk membuat mantel bulu berbintik yang ikonik. Demi memuaskan obsesinya, tokoh jahat perempuan itu sampai harus melakukan pencurian dan pembunuhan. Dalam melancarkan aksinya dan untuk menjaga penampilan di mata hukum, Cruella biasanya dibantu oleh kaki tangannya, Jasper dan Horace.

Keduanya melakukan semua pekerjaan kotor kriminalnya di bawah kegelapan, menangani semua penculikan dan pencurian sesuai keinginannya. Duo anak buah Cruella inilah yang menjadi inspirasi penjahat di dalam film Home Alone sebagai perbedaan fisik dan kecerdasan mereka.

Jasper si pemarah dan bermulut keras bertindak sebagai otak dan pemimpin dari keduanya, sedangkan Horace yang rakus bertindak sebagai pengeksekusi.

4. Mr. Smee dalam Peter Pan (1953)

screenrant.com

Beruntungnya Kapten Hook memiliki Mr. Smee sebagai pelayan setia. Di tengah kesialannya mengalahkan Peter Pan Mr.Smee selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik, walaupun dibubuhi dengan tingkah konyol. Laki-laki tua mirip kurcaci yang satu ini adalah orang terdekat Hook, bisa dibilang teman sejati dan sistem pendukung. Mr. Smee tentu saja berfungsi sebagai tangan kanan Hook.

5. Le Fou dalam Beauty and the Beast (1991)

disney.fandom.com

Tokoh antagonis dalam film Beauty and the Beast dipegang oleh Gaston, si sosok narsistik yang menghalalkan segala cara untuk mencapai apa yang ia inginkan. Tampilah sosok Lefou si pengagum setia Gaston.

Beberapa anak buah mungkin hanya mengikuti perintah, yang lainnya bahkan ceroboh dan mengacaukan sepenuhnya rencana sang tuan, tetapi berbeda dengan Le Fou, ia memang pantas mendapatkan sedikit pujian karena setidaknya berusaha menjadi berguna. Le Fou selalu ada dengan senyuman dan lagu untuk menyemangati sahabatnya yang kekar dan berotot, Gaston.

6. Shenzi, Banzai, dan Ed dalam The Lion King (1994)

collider.com

Hyena di alam liar dapat dicirikan sebagai pemulung, menggigit apa pun yang bisa mereka kunyah dari upaya hasil berburu hewan lain. Hukum alam ini tercermin dalam pertengkaran trio hyena di  The Lion King dari Shenzi (Whoopi Goldberg) Banzai (Cheech Marin) dan Ed (Jim Cummings). 

Ketiga hyena ini mungkin konyol, tetapi mereka juga menakutkan saat dibutuhkan. Mereka adalah trio hyena tutul yang merupakan pengikut setia dan anak buah Scar, saudara laki-laki Mufasa dan pangeran kedua dari Pride Lands yang terancam batal menjadi Raja Hutan karena kelahiran Simba.

Bersama Scar Shenzi, Banzai, dan Ed melakukan berbagai cara untuk menyingkirkan Simba dengan menjanjikan mereka makanan tanpa batas ketika Scar berhasil merebut tahta. Sayangnya, Scar gagal mendapatkan apa yang diinginkan, hingga akhirnya ketiga hyena yang sudah muak dengan Scar tanpa ragu-ragu, mendekat untuk melompat ke Scar dan melahapnya hidup-hidup.

7. Kronk dalam The Emperor's New Groove (2000)

disney.fandom.com

Jika ada satu sahabat karib penjahat Disney yang benar-benar mencuri perhatian, tidak diragukan lagi itu adalah Kronk. Dimainkan dengan meriah oleh Patrick Warburton, antek Yzma yang tidak kompeten memberikan banyak tawa dengan tubuhnya yang atletis, kecintaannya pada masakan fondue, dan kemampuannya untuk berbicara dengan tupai.

Kronk adalah mantan antagonis sekunder dari film animasi Disney tahun 2000 The Emperor's New Groove, dan protagonis utama dari Kronk's New Groove tahun 2005. Meskipun bekerja untuk Yzma, Kronk adalah orang yang benar-benar baik, dan senang membantu orang-orang di sekitarnya.

8. Iago dalam Aladdin (1992)

disney.fandom.com

Iago adalah burung beo sarkastik, bermulut keras, dan pemarah yang menjabat sebagai sahabat karib Jafar selama upaya terakhir untuk memerintah Agrabah. Obsesi utama Iago adalah kekayaan dan kekuasaan, yang—ditambah dengan penghinaannya terhadap kerupuk Sultan—memotivasi perbuatan jahatnya.

Saat masih menjadi anak buah, hubungan Iago dengan Jafar lebih merupakan persahabatan daripada tuan dan pelayan, saling bertukar pikiran dan membuat satu sama lain menertawakan betapa jahatnya mereka bersama.

9. Pain dan Panic dalam Hercules (1997)

collider.com

Mereka adalah anak buah, duo iblis yang mampu berubah menjadi bentuk apa pun yang bisa dibayangkan, bertugas melakukan pekerjaan kotor Hades. Para iblis dunia bawah yang selalu menderita ini diberikan rencana oleh Hades untuk menguasai dunia dan memainkan peran mereka sebagai anak buah yang kompeten. Keduanya, mampu menculik, berbohong, dan menyabot perjalanan Hercules. 

Meskipun mereka sedikit kurang berhasil, tetapi mereka tidak mudah menyerah. Mereka cukup kompeten untuk setidaknya mencoba menyelesaikan pekerjaan dengan benar.

Demikianlah, 9 daftar anak buah tokoh penjahat yang kerap kali membantu melancarkan aksi kejahatan untuk menyerang tokoh utama. Dari ke-9 tokoh di atas manakah anak buah yang paling berguna?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration