Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 K-Drama yang Diperankan Yoo Yeon Seok, Beda Drama Beda Karakter!

Dari dokter hingga yakuza

Nabila Damaan

Aktor kenamaan Korea Selatan, Yoo Yeon Seok terus menunjukkan kepiawaiannya dalam dunia seni peran. Seakan setiap karakter yang ia perankan nggak pernah gagal.

Baik berperan berperan sebagai samurai yang ganas, ataupun dokter anak yang baik hati, Yoo Yeon Seok memiliki kemampuan untuk memahami karakternya.

Memulai debut akting di tahun 2003, Yoo Yeon Seok juga berhasil membawa pulang piala penghargaan dari festival film nasional. Aktor kelahiran 1984 ini telah banyak memerankan judul film dan drama dari berbagai genre dan karakter. Membuatnya dijuluki sebagai aktor serba bisa. 

Lantas K-drama apa saja yang pernah Yoo Yeon Seok perankan? Simak daftarnya di bawah ini, yuk!

1. Hospital Playlist Seasons 1 & 2

Karakter yang cukup melekat dari sosok Yoo Yeon Seok dalam drama Hospital Playlist, yakni perannya sebagai Ahn Jung-won, seorang asisten profesor bedah anak. Di dalam drama ini Yoo Yeon digambarkan sebagai dokter yang hangat, sangat menyukai anak-anak, seseorang yang religius dan kerap membantu pasien-pasien yang mengalami kesulitan.

Seorang dokter anak yang lembut dan penuh perhatian serta dermawan ini menjalankan badan amal Daddy's Long Legs untuk anak-anak kurang mampu. Stetoskop boneka buaya menjadi salah satu yang ikonik digunakan Yoo Yeon Seok dalam perannya.

Yoo Yeon Seok dalam drama ini mungkin adalah sosok yang sangat didambakan, deh. Karena selain berhati lembut, ia juga pacar yang penuh perhatian bagi Jang Gyeo-Wool. Ia juga mampu membangun chemistry dengan sesama pemain, terutama dengan Joon Wan (Jung Kyung Ho).

2. Mr. Sunshine

Setelah berlembut-lembut ria, kali ini karakter Yoo Yeon Seok berbeda 180 derajat, Bela. Dalam drama 24 episode ini, Yoo Yeon Seok berperan sebagai seorang samurai yang ganas bernama Gu Dong Mae/ Ishida Sho. 

Ia adalah anggota Masyarakat Naga Hitam Jepang yang menghina rezim Joseon karena perpecahan kelas, diskriminasi, dan praktik korupsi terhadap bagian masyarakat yang lebih lemah. Namun, di balik kerasnya Gu Dong Mae ia adalah orang yang terbentuk karena keadaan.

Yoo Yeon Seok dalam drama ini tampil layaknya yakuza yang dipenuhi dengan rasa ketidakadilan. Yoo Yeon Seok berhasil membawa kemarahan, kesedihan, dan rasa sakit Dong Mae dengan sangat fasih. 

Karena drama Mr. Sunshine, ia berhasil memenangkan penghargaan sebagai aktor pendukung terbaik dalam The Seoul Awards 2018.

3. Reply 1994

Namanya semakin bersinar ketika ia bermain dalam drama nostalgia, Reply 1994. Yoo Yeon Seo sebagai Chil Bong, mahasiswa baru yang tampan dan ramah di Universitas Yonsei dan bintang tim bisbol yang sedang naik daun. 

Penggambarannya tentang Chil Bong yang menawan dan penampilannya yang menyenangkan dalam drama ini dengan cepat menarik perhatian para penonton, sehingga membuat namanya semakin populer.

4. Dr. Romantic

Sebelum berperan sebagai dokter anak yang lemah lembut, Yoo Yeon Seok sebelumnya juga pernah berperan sebagai seorang dokter, hanya saja kali ini ia tak sehangat dalam Hospital Playlist.

Dalam Dr. Romantic ia berperan sebagai seorang dokter muda yang keras kepala, pemarah, tetapi terampil, bernama Kang Dong Joo. Menyimpan trauma masa lalu yang kelam kala melihat sang ayah yang meninggal karena sikap apatis staf medis ketika dia masih remaja. 

Alih-alih membalas, ia diarahkan untuk menyalurkan dendamnya untuk hal yang produktif, hingga akhirnya ia menjadi seorang dokter yang sangat berupaya menangani pasiennya dengan sangat baik. Apalagi setelah ia dipindahtugaskan di sebuah rumah sakit bobrok yang dijalankan oleh ahli bedah jenius Dr. Kim (Han Suk Kyu).

Yoo Yeon Seok memenangkan 3 penghargaan lewat drama Dr.Romantic, salah satunya yakni penghargaan Excellence Award, Actor in a Genre Drama dalam SBS Drama Awards 2016. 

5. Warm and Cozy

Jadi dokter sudah, jadi atlet sudah. Kali ini Yoo Yeon Seok berperan sebagai seorang koki yang ngeselin, nih. Baek Gun Woo dalam drama Warm and Cozy digambarkan sebagai laki-laki yang sombong, cuek dan cenderung nyeleneh.

Bagaimana tidak, Baek Gun Woo mendirikan sebuah restoran di Jeju, namun hanya memasak ketika sedang mood memasak saja. Aneh, bukan? Sikapnya yang sangat aneh membingungkan orang-orang disekitarnya termasuk Jung Joo (Kang Sora). 

Namun, di balik itu semua, Baek Gun Woo adalah seorang koki yang andal dan menawan. Penonton kerap dibuat gemas dengan tingkah menjengkelkannya di layar, dan gemas dengan kecemburuannya terhadap Jung Joo.

6. Gu Family Book

Bukan sebagai pemeran utama, namun Yoo Yeon Seok juga memiliki andil besar dalam drama kolosal Gu Family Book. Dalam drama ini ia beradu akting dengan Lee Seung Gi, dan Suzy.

Berperan sebagai tokoh antagonis, Park Tae Seok (Yoo Yeon Seok) adalah teman dari setengah manusia dan setengah gumiho Kang Chi (Lee Seung Gi) yang berjuang dengan identitasnya. Namun, seiring berjalannya waktu Park Tae Seok hanyalah seorang musuh.

Dalam perannya ia adalah sosok yang terampil dalam memainkan pedang dan seorang yang piawai dalam seni bela diri.

7. The Interest of Love

Terbaru, Yoo Yeon Seok tampil dalam drama The Interest Of Love. Terjerat dalam romansa kantornya, Yoo Yeon Seok berperan sebagai Ha Sang Soo, seorang manajer di cabang Yeongpo Bank KCU, yang kaku dan dingin jatuh cinta dengan rekan kerjanya Ahn Soo Young (Moon Ga Young). 

Dalam wawancaranya dengan Forbes, Yoo Yeon Seok sangat menikmati pergantian genre. Mencoba genre yang berbeda membuat hal-hal menarik. Yoo Yeon-seok ingin mencoba sesuatu yang berbeda.

“Saya selalu berusaha memilih genre dan karakter baru yang berbeda dari karya saya sebelumnya,” katanya. Dengan memilih banyak karakter ia mengungkapkan mendapatkan sudut pandang baru dari setiap karakter yang ia perankan.

Demikianlah ke-7 drama Korea yang diperankan oleh Yoo Yeon Seok. Setujukah kamu dengan julukan Yoo Yeon Seok sebagai aktor serba bisa? Menurutmu karakter apa yang paling berkesan dari semua drama yang ia bintangi?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration