Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

13 Film & Drama yang Dibintangi D.O. EXO, Terbaru, Jadi Jaksa Licik!

Berbagai genre drama pernah diperankannya

Nabila Damaan

Mengawali karier sebagai musisi lewat boyband EXO, Do Kyung Soo atau D.O. dikenal telah melebarkan sayapnya ke dunia seni peran. Musisi sekaligus aktor yang lahir pada 12 Januari 1993 ini memulai debut akting di tahun 2014. Kamu sudah nonton film pertamanya belum?

D.O diketahui telah banyak membintangi drama maupun film, baik sebagai pemeran pendukung maupun pemeran utama. Semenjak memulai film pertamanya, setiap tahun wajahnya nggak pernah absen untuk mengisi judul-judul drama dan film.

Ia beberapa kali masuk nominasi penghargaan dan membawa pulang piala penghargaan sebagai aktor pendatang baru terbaik, Bela. 

Lantas apa saja film & drama yang dibintangi D.O. EXO? Simak daftarnya di bawah ini, yuk!

1. Cart (2014)

Do Kyung Soo memulai debut aktingnya di film bertajuk Cart. Dalam film yang disutradarai oleh Ji-young Boo, D.O berperan sebagai Choi Tae-young. Anak dari pemeran utama yang tengah terlibat dalam demonstrasi penuntutan haknya sebagai pekerja dan hidup dalam garis kemiskinan. 

Terinspirasi oleh peristiwa nyata, itu berputar di sekitar karyawan ritel yang diberhentikan secara tidak adil karyawan perempuan, dan mereka melawan perusahaan waralaba besar tersebut. Film yang rilis di tahun 2014 ini berhasil ditayangkan di beberapa festival film internasional, Toronto International Film Festival salah satunya.  

D.O. yang kala itu berperan sebagai pendukung pun beberapa kali masuk ke dalam nominasi penghargaan film dalam kategori aktor pendatang terbaru. D.O dalam film Cart bukan hanya sebagai pemeran pendukung, melainkan sebagai pengisi soundtrack film tersebut dengan judul “Crying Out”.

2. It's Okay, That's Love (2014)

Masih di tahun yang sama, Do Kyung Soo melanjutkan akting di serial drama bertajuk It’s Okay, That’s Love. D.O berperan sebagai karakter Han Kang Woo. Dalam drama ini D.O. beradu akting dengan Jo In Sung dan Gong Hyo Jin. 

Han Kang Woo adalah seorang siswa sekolah menengah yang merupakan penggemar berat Jae-yeol (Jo In Sung), dan bercita-cita menjadi penulis terkenal seperti dia. Namun, diketahui Han Kang Woo hanyalah karakter fiksi yang diciptakan oleh Jang Jae Yeol yang mengidap skizofrenia.

Adegan yang memperlihatkan kenyataan bahwa D.O hanyalah khayalan Jae-yeol, bahkan masih menjadi adegan yang berkesan untuk penonton. Berkat drama ini D.O berhasil menyabet piala penghargaan sebagai Aktor Muda Terbaik dalam Seoul International Youth Film Festival ke-16, dan Pendatang Baru Terbaik dalam APAN Star Awards ke-3.

3. EXO Next Door (2015)

Kali ini tak sendiri, D.O dan ketiga rekan satu timnya EXO ikut tampil dalam web series 16 episode berjudul EXO Next Door. Drama yang dirilis tahun 2015 ini bahkan berhasil menembus 50 juta penayangan selama masa pemutarannya. 

D.O kalah itu berperan sebagai karakter fiksi dirinya sendiri. D.O dan ketiga kawannya bertetangga dengan seorang gadis berusia 23 tahun introvert, Ji Yeon-hee (Moon Ga-young). 

Ketiga member EXO itu ingin memperkerjakan Ji Yeon-hee untuk membersihkan rumah baru mereka selama liburan musim dingin. Seiring berjalannya cerita, Yeon-hee segera terlibat dalam cinta segitiga dengan Chanyeol dan D.O. 

4. Hello Monster (2015)

Do Kyung-soo kembali berperan sebagai peran pendukung dalam K-Drama Hello Monster yang sangat terkenal saat itu. Drama 16 episode ini memiliki peringkat 8,4/10 dan menampilkan aktor-aktor papan atas seperti Seo In Guk, Jang Nara, Lee Chun Hee, Choi Won Young, dan Park Bo Gum.

Dalam drama Hello Monster, D.O berhasil memerankan karakter psikopat muda bernama Lee Joon Ho. Terlahir akibat pemerkosaan, Joon-young ditelantarkan saat masih kecil. Dia menjadi seorang pembunuh yang akhirnya melarikan diri dari penjara. 

Walaupun hanya tampil dalam 2 episode awal, akting Do Kyung sangat memukau dan memberi kesan bagi para penggemarnya maupun penonton umum lainnya. 

5. Positive Physique / Be Positive (2016)

Setelah beberapa drama hanya sebagai pemeran pendukung, pada drama Positive Physique inilah D.O berkesempatan mendapatkan peran utama pertamanya. Ia memerankan karakter Hwan Dong, seorang jurusan film dan sedang mempersiapkan proyek kelulusannya. 

Kala menyelesaikan proyek kelulusan, Hwan Dong memenangkan hadiah utama lomba naskah film dalam kompetisi sekolah. Begitu banyak rintangan yang ia hadapi untuk menyelesaikan tugasnya tersebut, termasuk soal pembiayaan.

Lantas untuk mengurangi biaya produksi, Hwan Dong meminta mantan kekasihnya Hye-jung ( Chae Seo-jin ) untuk memainkan peran utama dalam produksinya. Akankah proyek filmnya berhasil?

6. Unforgettable/Pure Love (2016)

Tahun 2016 adalah tahun yang cukup membuat D.O makin bersinar di dunia seni peran. Film pertama di tahun 2016 yang ia bintangi berjudul Unforgettable / Pure Love. Membawanya sebagai pemeran utama yang beradu akting dengan Kim So-hyun, Yeon Joo, David Lee, Joo Da-young, Park Yong-woo, dan Park Hae-joon. 

Film yang bisa membuatmu menangis ini berkisah tentang seorang penyiar radio yang tiba-tiba mendapatkan surat dari masa lalunya. Ketika surat itu dibacakan memori masa lalunya bersama keempat sahabatnya berputar.

Mengulang kembali kisah yang melibatkan Beom-sil muda (D.O) si anak laki-laki lugu yang mencurahkan cintanya kepada seorang perempuan yang juga merupakan sahabatnya di masa itu. Bukan hanya berbicara tentang cinta film ini juga menyajikan kisah persahabatan yang hangat. 

7. My Annoying Brother (2016)

D.O dan Jo Jung Suk dalam My Annoying Brother pasti akan membuatmu menangis. My Annoying Brother mengikuti kisah antara atlet judo bernama Go Doo Young (D.O) dan kakak laki-lakinya Go Doo Shik (Jo Jung Suk) yang seorang mantan narapidana kasus penipuan.

Punya sifat yang berbeda membuat keduanya tidak pernah menunjukkan kerukunan. Sampai sebuah kecelakaan tragis yang menimpa Go Doo Young mengharuskannya meminta bantuan sang kakak.

Chemistry keduanya dianggap sangat luar biasa, sehingga banyak yang beranggapan bahwa mereka adalah sosok kakak beradik sesungguhnya. Selain mendapat ulasan positif dari pemirsa, film tersebut juga membawa Do Kyung Soo sebagai Aktor Terbaik di Blue Dragon Film Awards ke-38.

8. Room No.7 (2017)

D.O kembali menjadi peran utama dalam film Room No.7. Ia beradu akting dengan aktor senior Shin Ha-kyun. Sebuah totalitasnya ditunjukkan D.O dikala ia rela membuat tato di lehernya untuk kepentingan syuting Room No.7 ini, lho.

Room No.7 sendiri adalah sebuah film thriller komedi yang kisahnya berputar pada seorang pekerja paruh waktu Tae Jung (D.O) dan pemilik toko Doo Shik (Shin Ha Kyun) yang tidak sengaja menemukan mayat dalam ruang DVD. Pemilik toko yang juga mengetahui rahasia tersebut ingin menjual ruangannya tanpa membeberkan kebenaran yang terjadi.

9. Along with The Gods: The Two Worlds (2017) & Along with the Gods: The Last 49 Days (2018)

Along with The Gods: The Two Worlds berputar di sekitar penjaga yang membimbing manusia ke alam baka di mana mereka harus menghadapi cobaan untuk reinkarnasi mereka. D.O berperan sebagai Prajurit Won Dong Yeon, seorang tentara yang mengalami kecelakaan dengan atasannya.

Along with the Gods: The Two Worlds sendiri berhasil menjadi salah satu film berpenghasilan kotor tertinggi ketiga dalam sejarah perfilman Korea Selatan, lho!

Bukan hanya dalam seri pertamanya saja, Do Kyung Soo yang berperan sebagai aktor pendukung ini kembali tampil sebagai Prajurit Won Dong Yeon dalam seri kedua dengan judul Along with the Gods: The Last 49 Days.

D.O juga berhasil masuk beberapa kategori penghargaan dan berhasil menang sebagai Aktor Pendatang Baru Terbaik dalam Director's Cut Awards ke-18. 

10. Swing Kids (2018)

Kembali menjadi pemeran utama, dalam film Swing Kids Do Kyung Soo berperan sebagai tawanan dari Korea Utara, Roh Ki Soo, yang mulai menyukai tarian tap setelah bertemu dengan tentara Amerika Jackson (James Grimes), yang pernah menjadi bintang Broadway.

Lewat kepiawaiannya dalam berseni peran dan menari D.O beberapa kali mendapatkan ulasan positif, nih. Apalagi ketika adegan dia menari tap-dance dengan gembira melintasi kamp dengan senyum lebar di wajahnya, scene yang menarik banyak perhatian pemirsa. 

Majalah film Korea Selatan Cine21 bahkan menjulukinya "bintang dengan bakat luar biasa yang dapat berbaur di mana saja". Meskipun film tersebut gagal menjadi hit box-office, hal itu membuktikan bahwa Do Kyung Soo adalah seorang aktor.

11. 100 Days My Prince (2018)

Kalau kamu ingin melihat kemampuan akting D.O dalam drama sejarah, 100 Days My Prince adalah pilihannya. Berbagai karakter sepertinya pernah diperankan olehnya.

100 Days My Prince adalah drama romantis sejarah tentang perjalanan 100 hari seorang putra mahkota yang menjadi rakyat jelata setelah peristiwa tragis dan perjuangannya untuk kembali ke istana. Do Kyung Soo berperan sebagai putra mahkota yang berubah menjadi rakyat jelata Won Deuk. Ia beradu akting dengan bintang populer Nam Ji Hyun dan Han So Hee. 

Chemistry yang dibangun antara Do Kyung Soo dan Nam Ji Hyun menyebabkan kesuksesan drama tersebut. Episode terakhir serial ini mencetak peringkat pemirsa tertinggi keempat dari semua drama tvN, dan mencatat peringkat pemirsa nasional rata-rata 14,4 persen.

12. Dear My Room (2022)

Peran pertama Doh Kyung-soo dalam K-Drama setelah menyelesaikan wajib militernya adalah dalam episode ke sembilan Dear My Room. Tampil sebagai bintang tamu, D.O kompak menjadi pasangan suami istri bersama Nam Ji Hyun. 

Dear My Room sendiri adalah sebuah serial drama yang berputar dalam kehidupan seorang mantan editor desainer, Eun-Joo (Ryoo Hye-Young) yang mengalami stres akibat pekerjaannya. Ketika ia memutuskan untuk berhenti bekerja, kehidupannya pun semakin muram Eun-Joo menganggur dan depresi.

Apartemen studionya dipenuhi jamur hingga sahabatnya datang dan memberikan semangat untuknya. Setelah itu, Eun-Joo menjadi tertarik untuk mendesain interior apartemen studionya sendiri.

13. Bad Prosecutor (2022)

Transformasi akting Do Kyung Soo telah menjadi berita utama. Ia melakukan comeback drama yang telah lama ditunggu-tunggu melalui Bad Prosecutor, sebagai jaksa yang penuh akal dan sembrono empat tahun setelah proyek terbarunya. 

D.O berperan sebagai Jin Jung, seorang jaksa nakal yang tidak ragu-ragu menghadapi otoritas korup dengan segala cara. Karakternya dalam serial ini paling menonjol di antara semua peran yang pernah ia mainkan di proyek sebelumnya.

Drama dengan 12 episode ini sudah tayang sejak November 2022. Perasaanmu akan dibuat campur aduk dengan penampilannya di drama tersebut. Sudah nonton belum EXO-L?

Menyusul berakhirnya  Bad Prosecutor, Do Kyung Soo akan membintangi serangkaian proyek baru lainnya. Dikabarkan ia akan membintangi film Secret, remake dari film Thailand dengan judul yang sama, The Moon, dan Prosecutor Jin's Victory.

Demikianlah ke-13 film dan drama yang dibintangi oleh D.O EXO. Dari ke-13 daftar di atas mana saja yang sudah kamu saksikan?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration