Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Rekomendasi Serial Komedi Buat Ngabuburit yang Siap Buat Terpingkal

Isi waktu dengan sajian yang bikin ketawa

Nabila Damaan

Banyak hal yang dilakukan jelang buka puasa atau ngabuburit, nonton serial komedi salah satunya. Dengan menonton sajian yang segar dijamin akan membuat waktu ngabuburit semakin menyenangkan. 

Demi memuaskan hasrat humor, deretan serial komedi ini siap menjadi pelipur lara kala menunggu waktu berbuka puasa. Ajak rekan ataupun keluargamu untuk menyaksikan 10 rekomendasi serial komedi buat ngabuburit berikut ini.

1. Man vs. Bee

  • Jumlah episode: 9 episode (1 musim)
  • Durasi: 10 -20 menit per episode
  • Penayangan: Netflix

Bagi kamu pencinta serial komedi, Man vs. Bee wajib kamu tonton. Serial komedi Netflix ini akan mengobati rasa rindu atas aksi konyol Rowan Atkinson. Bukan hanya sebagai pemeran, Rowan Atkinson jugalah yang menggarap dan menulis serial ini.

Atkinson berperan sebagai Trevor Bingley, seorang laki-laki yang bercerai dan memiliki seorang putri. Setelah mendapatkan kendala, Trevor ditugaskan untuk mengurus rumah pasangan kaya selama seminggu. Sayangnya, seekor lebah masuk ke rumah dan mulai membuat Trevor melakukan berbagai cara untuk mengusir lebah itu dari dalam rumah. Tentunya menyebabkan kekacauan.

2. Turner & Hooch

  • Jumlah episode: 12 episode (1 musim)
  • Durasi: 45 – 48 menit per episode
  • Penayangan: Disney+

Sama-sama berkutat dengan hewan, Turner & Hooch kali ini menyajikan perjalanan kocak nan dramatis yang dilakukan oleh seorang detektif (Josh Peck) dengan anjing jenis Dogue De Bordeaux yang dititipkan kepadanya. Serial ini merupakan kelanjutan serial dengan judul yang sama di tahun 1989.

Josh Peck sebagai Scott Turner Jr adalah seorang marshal muda Amerika Serikat sekaligus putra mendiang Scott Turner (Tom Hanks) yang mewarisi seekor anjing nakal bernama Hooch. Mengikuti perjalanan adaptasi yang menimbulkan kehebohan dan kekonyolan antara keduanya. Hingga pada akhirnya akan membawa keduanya menjadi partner yang saling melengkapi. 

3. The Chair

  • Jumlah episode: 6 episode (1 musim)
  • Durasi: 30 menit per episode
  • Penayangan: Netflix

Menyoroti tentang peran perempuan sebagai pemegang kekuasaan series The Chair dikemas dengan sangat ringan. Nggak hanya itu, series yang dibintangi Sandra Oh ini juga menyenggol tentang tantangan orang kulit berwarna di sebuah universitas di Amerika Serikat. 

Walaupun agaknya terlihat serius, namun series ini memilih genre komedi untuk membawa pesan itu. Mengisahkan tentang Dr. Ji-Yoon Kim (Sandra Oh) saat dia mendapatkan peran barunya sebagai Ketua departemen bahasa Inggris di Universitas Pembroke yang bergengsi.

Ji-Yoon dihadapkan pada serangkaian tantangan unik sebagai perempuan pertama yang memimpin departemen, dan sebagai salah satu dari sedikit anggota staf kulit berwarna di universitas.

4. Wednesday

  • Jumlah episode: 8 episode (1 musim)
  • Durasi: 47 – 59 menit per episode
  • Penayangan: Netflix

Rilis di akhir tahun 2022 dan langsung menjadi perbincangan, series komedi horor Wednesday menjadi tontonan yang wajib kamu tonton selagi ngabuburit, Bela. Menurut daftar Top 10 Netflix, serial ini terus dibicarakan dan berhasil menjadi nomor satu di 93 negara termasuk di Indonesia, lho.

Wednesday berpusat pada kehidupan salah satu anggota The Addams Family, Wednesday Addams (Jenna Ortega) dan teman-temannya. Wednesday langsung menarik perhatikan karena gambarannya sebagai seorang remaja perempuan yang terkenal misterius, pembawaannya yang sarkastis dan dingin. Series ini mengikuti serangkaian misteri dan pembunuhan yang terjadi di sekolah terbaru Wednesday, Akademi Nevermore.  

5. The Good Place

  • Jumlah episode: 53 episode (4 musim)
  • Durasi: 22 menit per episode
  • Penayangan: Netflix

Mengambil tema yang agak unik, The Good Place adalah sitkom Amerika Serikat yang sudah memiliki 4 musim. 

Kisahnya berpusat pada seorang perempuan bernama Eleanor Shellstrop (Kristen Bell) yang terbangun di akhirat setelah kematiannya. Eleanor bertemu dengan Michael (Ted Danson) seorang perancang dunia setelah kematian yang disebut sebagai “Good Place”, sebuah utopia seperti Surga yang dirancang Michael untuk mereka yang telah menjalani kehidupan baik di dunia.

6. Malam Minggu Miko

  • Jumlah episode: 52 episode (2 musim)
  • Durasi: 12 menit per episode
  • Penayangan: YouTube

Malam Minggu Miko karya Raditya Dika bisa menjadi opsi serial komedi buat ngabuburit, nih. Sebuah serial web komedi bergaya mokumeter ini dibuat, disutradarai, dan diperankan langsung oleh Raditya Dika. Serial ini memiliki 2 musim, musim pertama dibintangi oleh  Ryan Adriandhy dan Hadian Saputra, sedangkan di musim kedua diperankan oleh Andovi da Lopez. 

Malam Minggu Miko mengikuti kisah dua orang laki-laki, Miko dan Rian yang selalu galau dan dilema menjelang malam malam minggu. Dengan segala ke-absurd-an, keduanya selalu gagal dalam memulai hubungan.

7. Imperfect the Series

  • Jumlah episode: 28 episode (2 musim)
  • Durasi: 25 - 38 menit per episode
  • Penayangan:  WeTV dan iflix

Merupakan spin-off dari kisah geng indekos dalam film Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan, Imperfect the Series dibintangi Kiky Saputri, Zsa Zsa Utari, Neneng Wulandari, Aci Resti, dan Dewi Irawan sebagai pemeran utama yang akan menghibur kamu dengan tingkah konyol geng indekos.

Berbeda dengan filmnya, series kali ini lebih berfokus kepada keempat penghuni kos yang memiliki kekurangannya masing-masing. Dibumbui dengan komedi, series ini akan membawa kita mengikuti kisah perjalanan cinta Neti (Kiky Saputri), kisah adaptasi seorang Maria (Zsa-Zsa Utari) yang pertama kali hidup di Jakarta, perselisihan Prita (Aci Resti) dengan adiknya, dan kisah perjuangan Endah (Neneng) dalam dunia perkuliahannya sekaligus rencana orangtuanya menikahkan dengan pengusaha dari kampungnya.

8. Drama Ratu Drama

  • Jumlah episode: 8 episode (1 musim)
  • Durasi: 53—64 menit per episode
  • Penayangan:  Vidio

Cuplikan video dari series yang dibintangi oleh Enzy Storia ini sempat viral di media sosial. Bertajuk Drama Ratu Drama, sebuah serial komedi berdasarkan novel Storial.co Sweetheart of Nobody karya Santi Susilowati.

Mengalami kejadian yang nggak terduga saat sinetron yang sedang dibintanginya membuat Ijul (Enzy) harus diberhentikan dari produksi. Imagenya sebagai pemeran antagonis di sinetron sebelumnya pun terbawa hingga kehidupannya, ia harus menerima perlakukan konyol dari ibu-ibu. Lantas, ia berupaya mencari peran baru yang bisa memperbaiki citranya sebagai aktris

9. Cek Toko Sebelah The Series

  • Jumlah episode: 21 episode (2 musim)
  • Durasi: 21-29 menit per episode
  • Penayangan:  HOOQ & Disney+ Hotstar


Menuai kesuksesan lewat film, Cek Toko Sebelah The Series kembali melanjutkan kisah Koh Afuk yang telah pensiun dari pekerjaannya.

Di seriesnya kali ini Koh Afuk yang sudah pensiun, untuk mengusir kebosanan, ia pun berencana membeli tempat pemancingan yang nggak sengaja ia lihat dan berencana mengelolanya bersama anak bungsunya, Erwin. Semua berjalan aman, hingga suatu hari Koh Afuk harus dipenjara karena dituduh melakukan kejahatan.

10. Suka Duka Berduka

  • Jumlah episode: 8 episode (1 musim)
  • Durasi: 46 — 48 menit per episode
  • Penayangan:  Vidio

Kental unsur komedi satir, Suka Duka Berduka  mengisahkan konflik para anak, mantu, cucu, dan ibu tiri saat suasana berduka setelah ditinggalkan kepala keluarga. Meninggalnya Opa Rauf seorang pemilik maskapai penerbangan di Indonesia membuat seluruh keluarganya harus terus berkumpul untuk pemakaman dan pengajian. Konflik antara para anak, mantu, cucu dan sang ibu tiri pun pecah karena Keluarga Opa tidak mempedulikan penyebab kematiannya tetapi malah mengkhawatirkan uang miliaran yang ditinggalkannya. 

Itulah ke-10 rekomendasi serial komedi buat ngabuburit yang siap bikin kamu tertawa terpingkal-pingkal. Dari ke-10 serial di atas mana yang ingin kamu tonton, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration