Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Gemulai Mata Miyu, Dancer Cilik dengan Segudang Prestasi

Idola baru yang videonya viral di TikTok

Miyu

Kalau kamu sering membuka media sosial, khususnya TikTok, pada bulan Maret 2023 lalu FYP-mu pasti diwarnai dengan satu video perempuan muda yang lihai menari solo di tengah kerumunan penonton. Penasaran, saya mencari tahu tentang sosok muda itu. Ternyata, dancer cilik itu adalah orang Indonesia yang dikenal dengan nama panggung Mata Miyu atau biasa dipanggil Miyu.

Melihat akun media sosial milik Miyu, perempuan berusia 9 tahun ini memang jago banget nge-dance dan bahkan sudah mengikuti berbagai kompetisi hingga skala internasional. Bukan cuma itu, Miyu juga dikenal punya suara yang merdu, jago gambar, dan menyukai fotografi sedari kecil. 

Beruntung, POPBELA belum lama ini berkesempatan untuk mengobrol dengan Miyu dan sedikit menggali soal keahliannya menari. Simak, yuk, hasil wawancara POPBELA berikut ini.

Suka dance sejak usia 6 tahun

Popbela.com/Andre Wiredja

Wardrobe: Kemeja putih Bossbabyshop21, bros pita dan kaus kaki milik stylist, stars applique gilet Sama Studio, celana cargo dan sepatu milik Miyu

Saat bertemu dengan POPBELA di Kyabin Studio, Jakarta Selatan, Miyu bercerita kalau ia sudah sangat suka menari sejak usia 6 tahun. Namun, ia baru mengambil kelas menari secara serius satu tahun kemudian. 

“Awalnya suka menari karena aku suka sama idol-ku, Wanna One dan BTS. Aku melihat mereka sangat lihai menari dan seru saat menggerakkan badan. Dari situ, aku mulai menyukai dance dan mulai latihan supaya bisa seperti mereka,” jelas Miyu.

Nge-fans sama Wanna One dan BTS

Berbicara lebih jauh soal idol-nya, Miyu mengaku sudah fangirling ke Wanna One dan BTS sejak usia 5 tahun, lho! Menurut Miyu, Wanna One dan BTS menginspirasinya untuk bisa menjadi seperti saat ini.

“Aku menonton video-video Wanna One dan BTS sejak usia 5 tahun. Dari sana aku tertarik untuk mempelajari dance lebih jauh dan ternyata seru,” kata Miyu lagi.

Ikut kompetisi dance internasional

Popbela.com/Andre Wiredja

Wardrobe: Kemeja putih Bossbabyshop21, bros pita dan kaus kaki milik stylist, stars applique gilet Sama Studio, celana cargo dan sepatu milik Miyu

Kecintaan Miyu pada dance bukan hanya dituangkan dalam bentuk latihan menari rutin setiap minggunya. Namun, Miyu juga mulai memberanikan diri untuk ikut dalam kompetisi berbagai skala demi meningkatkan kemampuan menarinya itu. Mulai dari battle competition, open style battle, hingga one on one kids, semua jenis dance competition diikutinya. Tak jarang Miyu juga mendapat gelar juara dari kompetisi yang diikutinya tersebut.

Kaget karena videonya viral di TikTok

Meski sudah mengikuti ajang kompetisi sejak dua tahun yang lalu, namun nama Miyu baru viral di awal tahun 2023 ini. Viralnya Miyu berawal dari video dance one on one-nya beredar di TikTok yang meraup banyak views dan likes. Menurut Miyu, video itu adalah salah satu penampilannya di Radikal Forze Jamz yang diikutinya awal tahun ini.

“Aku nggak punya TikTok dan tahu kalau video itu viral dari teman Ibu. Mereka bilang Miyu viral di TikTok dan akhirnya Ibu download TikTok untuk melihat video itu,” jelas Miyu.

Masih menurut Miyu, Radikal Forze Jamz adalah kompetisi dance battle yang lingkupnya Asia. Namun, ada peserta juga dari Rusia dan negara lainnya yang ikut kompetisi tersebut. 

“So it’s kind of international dan free untuk semua orang,” ungkap Miyu.

Terus berlatih dan tak kenal lelah untuk ikut kompetisi

Walaupun sudah begitu sering mengikuti kompetisi dan tak jarang menyabet gelar juara, penggemar dari Kyoka RUSHBALL ini belum berpuas diri. Miyu masih terus rajin berlatih dan rutin mengikuti kompetisi dance agar kemampuannya kian terasah. 

“Aku terus menari setiap hari. Latihan juga setiap hari. Exactly 2 hours but not exactly practicing at home always. Maybe sometimes I would take classes for an hour and a half,” katanya.

Jika merasa suntuk karena harus berlatih setiap hari, Miyu biasanya akan melakukan hobinya yang lain, yaitu mendengarkan musik dan fotografi. Menurutnya, dua hal ini akan membuat mood-nya balik lagi dan semangat untuk latihan lagi.

Ke depannya, masih banyak kompetisi dance yang akan diikutinya. Salah satunya berlokasi di Bali dan akan digelar pada pertengahan tahun ini.

“Beberapa kompetisi yang akan aku ikuti tahun ini cukup banyak. Maybe I want to join another battle dance out of Indonesia, out of my country. Maybe in Japan, maybe in another country. Kompetisi yang terdekat itu The Island of Hip-Hop dengan Kiyoka dan Maika sebagai jurinya. Dua-duanya dancer favoritku,” tutup Miyu.

Semoga di kompetisi selanjutnya Miyu bisa mendapatkan hasil terbaik. POPBELA doakan sukses terus untuk kompetisinya, ya, Miyu!

Popbela.com/Andre Wiredja

Wardrobe: Kemeja putih Bossbabyshop21, bros pita dan kaus kaki milik stylist, stars applique gilet Sama Studio, celana cargo dan sepatu milik Miyu

Photo Credit

Photographer: Andre Wiredja
Fashion Editor: Michael Richards
Stylist: Tbmyudi
Asst. Stylist: Hafidhza Putri Andiza

Beauty Editor: Jennifer Alexis
Makeup Artist: Linda Kusumadewi
Hair Stylist: Charles Sebastian

Interview: Niken Ari
Transkrip: Reyhan Putri

IDN Media Channels

Latest from Inspiration