Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Sifat Unik Kepribadian ISTJ, Bukan Cuma Introvert, lho!

Pekerja keras dan logis!

Meidiana Aprilliani

Bela, apakah kamu salah satu orang dengan tipe kepribadian ISTJ? Kalau belum tahu, ISTJ adalah singkatan dari introvert, Sensing, Thinking, dan Judging. ISTJ adalah satu tipe kepribadian dari tes psikologi Myers-Briggs Personality Indicator (MBTI). 

Menurut tes ini, orang-orang dengan tipe kepribadian ISTJ adalah seorang yang cenderung pendiam dan agak tertutup. Meski begitu, mereka biasanya memiliki kemampuan analisis yang logis ketika menyelesaikan masalah. 

Mau tahu lebih banyak tentang sifat-sifat unik orang dengan kepribadian ISTJ? Simak ulasannya di bawah ini, yuk!

1. Cenderung tertutup, ISTJ lebih suka berkomunikasi lewat tulisan

Introvertdear.com

Sama seperti singkatan yang ada padanya, yakni Introvert, orang-orang berkepribadian ISTJ memang cenderung tertutup. Hal ini membuat mereka cenderung sulit membuka diri pada pertemanan baru. Karena hal ini pula, orang-orang dengan kepribadian ISTJ lebih suka berkomunikasi lewat tulisan, bukan lisan. 

2. Menyukai sesuatu yang teratur

Nytimes.com

Meski selalu dikaitkan dengan stigma negatif karena sifat tertutupnya, orang dengan kepribadian ISTJ punya kelebihan soal mengorganisir sesuatu, lho!

Ya, mereka cenderung suka sesuatu yang terstruktur atau teratur. Oleh karena itu, pekerjaan yang mereka lakukan cenderung rapi. Namun, mereka akan cepat terganggu bahkan stres jika melihat sesuatu di sekitarnya berantakan atau tidak tertata rapi. Misalnya, sampah yang berserakan, meja belajar atau kerja yang berantakan, hingga padu padan pakaian yang dinilainya tidak cocok. 

3. Pandai merencanakan sesuatu dengan baik

Thespruce.com

Orang-orang dengan kepribadian ISTJ juga seorang yang pandai membuat rencana. Karena menyukai keteraturan, mereka cenderung suka membuat planner atau jadwal apa saja yang harus ia lakukan ketika ingin menggapai sesuatu. Misalnya, ketika mereka berambisi untuk meraih nilai bagus dalam ulangan, maka mereka akan membuat rencana jam belajar dan aktiVitas setiap harinya dengan presisi. Salut, ya!

4. Memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi

Medium.com

Sejalan dengan sifat-sifat sebelumnya, orang-orang berkepribadian ISTJ juga cenderung fokus ketika mengerjakan sesuatu. Mereka bisa benar-benar berkonsentrasi melakukan sesuatu dan tidak mengindahkan hal lain yang mengganggunya. Misalnya, mereka bisa benar-benar belajar dengan tenang dan dengan konsentrasi tinggi sehingga tidak sekalipun tertarik bermain gadget. Karena ini jugalah, seorang ISTJ bisa diandalkan ketika mengerjakan tugas atau pekerjaan yang tepat waktu. 

5. Mengandalkan logika dibanding emosi

Lifehack.com

Apa kamu biasa menyelesaikan masalah dengan emosi? Kalau begitu, akan berbeda dengan seorang ISTJ. Mereka biasanya akan memiliki jalan berpikir yang logis ketika menyelesaikan masalah atau menentukan sesuatu. Meski begitu, bukan berarti mereka tidak memiliki rasa empati dan simpati, ya. Hal ini lantaran seorang ISTJ lebih menyukai sesuatu yang sudah real atau jelas di depan matanya. Meskipun, hal ini sering dianggap berarti ia tidak memerhatikan perasaan orang lain. 

6. Seorang pekerja keras

ginniskrathenlaw.com

Selanjutnya, seorang ISTJ juga dikenal pekerja keras. Karena sifatnya yang fokus dan teratur dalam menjalankan sesuatu, termasuk meraih mimpinya, mereka dapat melakukan pekerjaannya dengan sungguh-sungguh. Bahkan, ketika mereka menemui kegagalan, seorang ISTJ dengan tekad yang besar akan mencobanya lagi dan lagi hingga keinginannya tercapai. 

7. Dokter, hakim, dan akuntan cocok jadi pekerjaan seorang ISTJ

Todayshospitalist.com

Dari sifat-sifatnya di atas, seorang ISTJ nampaknya punya beberapa pilihan profesi yang cocok dengannya. Mulai dari akuntan, hakim, hingga dokter dikatakan cocok dengan kepribadian yang dimiliki seorang ISTJ. Hal ini karena pekerjaan-pekerjaan itu mampu dilakukan oleh orang-orang dengan tingkat analisisnya yang tinggi. Di mana, itu semua dimiliki oleh seorang ISTJ.

Bela, apa kamu salah seorang ISTJ juga? 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration