Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Rekomendasi Tanaman Daun Hias Tercantik Beserta Harganya

Bentuknya sangat estetis

Meidiana Aprilliani

Apakah kamu termasuk salah satu yang sudah mulaim menjadi 'kolektor' tanaman? Daripada tamanan berbunga, coba jenis tanaman hias daun dengan warna segar, yuk!

Meski tidak memiliki bunga dengan warna-warni yang cantik, tanaman hias daun punya daya tarik lewat warna dan bentuknya yang unik. Pilihan tanaman hias daun yang cocok juga bisa membuat sudut ruangan atau halamanmu jadi kian estetis dan asri, lho!

Kalau kamu tertarik, simak 9 rekomendasi jenis tanaman hias daun tercantik sekaligus harganya di bawah ini, yuk!

1. Monstera (Harga mulai Rp5.000)

Bukalapak.com/majumakmur

Tanaman yang satu ini jadi primadona pencinta tanaman hias daun, nih!

Ya, monstera adalah salah satu tanaman hias daun yang berasal dari Amerika Tengah. Monstera terkenal dengan lubang daun alami mereka yang dijuluki Swiss Cheese Plant. Lubang-lubang ini justru menambah nilai keindahan dan keunikan tanaman hias ini.

2. Lili Paris (Harga mulai Rp3.000)

Shopee.com/gufron.indah.tanaman

Lili paris adalah tanaman hias berjenis semak. Biasanya, lili paris digunakan sebagai material taman. Tak punya corak ataupun bentuk yang unik, lili paris justru banyak diburu sebagai tanaman hias karena bentuk daun dan corak garis luarnya yang minimalis namun cantik. 

3. Kakada (Harga mulai Rp25.000)

Dok. Internet

Selain disebut kakada, tanaman ini juga lazim disebut pakis sarang burung. Tanaman hias daun bernama latin Aspienu Scorpio ini memiliki bentuk daun yang berkerut dan bergelombang. Punya ukuran daun yang kecil, kakada atau pakis sarang burung ini cocok kamu jadikan sebagai tanaman gantung maupun pot lantai biasa. 

4. Tanduk Rusa (Harga mulai Rp11.000)

Dok. Intenet

Tanaman hias dengan bentuk daun yang unik lainnya adalah tanaman tanduk rusa. Perhatikan bentuk daunnya, Bela. Nggak heran bukan kalau tanaman ini diberi nama demikian?

Untuk memelihara tanaman tanduk rusa ini, pastikan untuk menanam atau meletakannnya di tempat yang teduh dan tidak terpapar matahari langsung, ya!

5. Lidah Mertua (Harga mulai Rp4.000)

Yartes.com,au

Kalau tanaman yang satu ini nampaknya sudah sering sekali dijumpai, ya!

Tanaman dengan nama latin Sansevieria ini merupakan tumbuhan tropis dari Afrika Barat yang mudah sekali tumbuh. Tanaman lidah mertua punya bentuk daun yang memanjang dengan kombinasi warna dan corak yang unik. Tertarik menanamnya, Bela?

6. Puring (Harga mulai Rp15.000)

Dok. Internet

Tanaman puring adalah satu tanaman hias daun dengan varian corak dan warna yang unik dan beragam. Ada yang berukuran kecil seperti puring bor, sampai berukuran besar seperti puring kobra. Tahu nggak sih, selain cantik sebagai tanaman hias, beberapa varian tanaman puring juga disebut punya khasiat sebagai obat, lho!

7. Suplir (Harga mulai Rp8.000)

Pinterest.com

Berbeda dengan tumbuhan daun di atas sebelumnya, tanaman suplir memiliki bentuk seperti semak daun berukuran kecil. Namun, bentuknya ini justru sangat estetis karena biasanya tanaman suplir yang bergerumul ini sengaja dibentuk sedemikian rupa agar kian cantik. Untuk merawatnya, kamu harus pastikan untuk meletakannya di ruangan yang benar-benar kering, ya!

8. Keladi Red Star (Harga mulai Rp10.000)

Dok. Internet

Coba lihat coraknya, deh! Cantik, bukan?

Memang, tanaman keladi red star ini terkenal karena corak dan warnanya yang eksotis. Tertarik menanam tanaman cantik yang satu ini, Bela?

9. Calathea Ornata (Harga mulai Rp40.000)

Logees.com

Terakhir, ada tanaman calathea ornata. Tanaman ini adalah jenis tanaman tahunan yang merupakan keluarga dari Marantaceae. Berasal dari Amerika Selatan, tanaman dengan warna dan garis daun eksotis ini tumbuh subur di daerah dengan iklim tropis.

Nah, dari 9 rekomendasi jenis tanaman hias daun tercantik di atas, kamu paling tertarik menanam yang mana?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration