Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Selain Santa Claus, Ini 7 Tokoh Legendaris Natal dari Ragam Negara

Santa Claus bukan satu-satunya tokoh Natal yang terkenal

Mariana Politton

Pada hakikatnya, Natal adalah hari perayaan yang memiliki makna mendalam bagi umat Kristiani karena memperingati kelahiran Tuhan Yesus Kristus. Meski begitu, perjalanan waktu membuahkan serangkaian cerita rakyat yang menonjolkan beberapa tokoh yang populer sampai saat ini.

Satu di antaranya adalah tokoh legendaris yang tak lekang akan zaman, Santa Claus atau Sinterklas. Yup, tokoh ini dikenal sebagai sosok kakek tua baik hati yang konon suka memberikan berbagai hadiah Natal kepada anak-anak yang berperilaku baik. 

Eits, selain Santa Claus, masih ada beragam tokoh legendaris Natal lainnya yang berasal dari cerita-cerita rakyat maupun kisah fiksi di seluruh dunia. Yuk, kenalan siapa mereka dan apa, sih, kepercayaan terkait eksistensi mereka dalam cerita rakyat yang berkembang?

1. Elfi Natal (Christmas Elf)

nerdburglars.net

Prediksi asal-usul: Eropa Utara, khususnya Skandinavia dan Jerman

Tahukah kamu? Santa Claus memiliki sahabat setia yang tak kalah menarik, yakni Elfi Natal. Dengan telinga yang meruncing ke atas dan seragam berwarna cerah, Elfi Natal berperan penting sebagai penyelenggara pesona dalam persiapan dan pengiriman hadiah-hadiah Natal bagi para bocah yang berperilaku baik. Namun, daya tarik utamanya tak hanya terletak pada tugas tersebut, melainkan karakteristiknya yang penuh keceriaan.

2. Zwarte Piet

economist.com

Prediksi asal-usul: Belanda

Dalam kisah tentang kebaikan Santa Claus, muncul tokoh  Zwarte Piet yang menghadirkan nuansa berbeda dalam cerita rakyat Belanda. Ia diperkenalkan sebagai makhluk berwajah hitam yang bertugas membantu Santa Claus dalam proses pembagian hadiah. Sayangnya, penampilan Zwarte Piet kerap membuat anak-anak ketakutan sehingga menyulut berbagai rumor negatif. Hayoo… siapa yang pernah merasakan ketakutan terhadap Zwarte Piet?

3. The Nutcracker

liveabout.com

Prediksi asal-usul: Jerman

Lahir dari imajinasi cerita klasik penulis E.T.A. Hoffmann pada 1816, The Nutcracker adalah tokoh legendaris Jerman yang digambarkan sebagai seorang pangeran yang terkena kutukan dan berubah menjadi boneka ajaib. Meski begitu, kisah perjalanan hidupnya membawa pesan kebaikan. Itulah mengapa, tokoh legendaris ini sering diabadikan dalam bentuk dekorasi Natal, tetap mempesona dan menyinari perayaan hingga saat ini.

4. Mari Lwyd

teifidancer-teifidancer.blogspot.com

Prediksi asal-usul: Wales

Suasana Natal dipenuhi dengan harmoni lagu-lagu khas yang memancarkan kehangatan dan kegembiraan. Menurut cerita rakyat dari Wales, Mari Lwyd adalah sosok tengkorak kuda berkerudung putih yang suka berkunjung ke rumah-rumah yang merayakan Natal dengan iringan nyanyian tradisional. Eits, interaksi ini bukan sebatas tontonan, para penghuni rumah harus memberikan respons demi menghindari perilaku isengnya.

5. Tomte

swedishpress.com

Prediksi asal-usul: Swedia

Persona cerita rakyat yang diperkirakan dari Swedia memperkenalkan Tomte, makhluk kecil yang terkenal sangat menggemaskan berkat penampilan fisiknya. Meski begitu, Tomte dipercayai memiliki kekuatan sebagai roh pelindung yang mampu menyebarkan keberuntungan ke rumah-rumah penduduk dan hutan. Ia juga senang memberikan pertolongan atau perlindungan kepada petani dan keluarganya, lho. Gemas dan baik, ya!

6. Jack Frost

sirholiday.com

Predikasi asal-usul: Eropa, seperti Inggris dan Skotlandia

Dalam keajaiban Natal yang melukiskan pemandangan musim dingin, sosok Jack Frost muncul dari cerita rakyat Eropa yang merayakan kecantikan dan keunikan musim dingin. Tidak heran, tokoh ini digambarkan sebagai penjaga musim dingin yang terkenal dengan pakaian putih bak embun beku. Hingga kini, keberadaannya tetap populer dan ikonik di negara-negara yang mengalami musim salju di bulan Desember.

7. Grinch

medium.com/@davidpatrickrose

Prediksi asal-usul: Amerika Serikat

Nyaris pencinta cerita klasik Natal mengenal tokoh legendaris Grinch yang lahir dari pikiran Dr. Seuss, dalam karya bukunya berjudul How the Grinch Stole Christimas (1957). Yup, tokoh ini digambarkan sebagai makhluk hijau pemarah yang tidak suka natal dan melampiaskannya dengan cara mencuri semua pernak-pernik Natal. Menariknya, tokoh legendaris fiksi ini justru mengundang tawa dan menciptakan kehangatan yang unik.

Pertanyaannya, tokoh legendaris mana yang langsung menyita perhatianmu? Bisa, lho, kamu mengekspresikan kesukaanmu dengan menyaksikan film-film Natal terkait tokoh legendaris Natal kesukaanmu. Eits, simak rekomendasi film Natal hanya di Popbela, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration