Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Red Velvet hingga Suzy, Nikmati 15 Lagu di Playlist OST 'Start-Up'

Selain enak didengar, liriknya juga sangat inspiratif!

Mariana Politton

Mengintip popularitas drama Korea terkini, kamu pasti tidak asing lagi dengan drama Start-Up (2020) yang sukses merebut hati jutaan pecinta drakor. Selain alur ceritanya yang menarik, drama ini turut menghadirkan beberapa judul lagu terbaik sebagai soundtrack.

Mungkin, kamu telah mendengarnya dalam beberapa adegan. Tapi, apakah kamu sudah mendengar keseluruhan dari 15 lagu soundtrack yang menggandeng beberapa musisi papan atas? Sebut saja, Red Velvet hingga Suzy yang turut memerani karakter utama.

Kamu pasti sudah ingin cepat-cepat mendengar, bukan? Kalau begitu tunggu apa lagi? Here they are: the OST playlist of your favorite Start-up! Selamat menikmati!

1. Red Velvet - "Future"

Terpilih sebagai lagu soundtrack pertama, "Future" yang dinyanyikan oleh Red Velvet mengisyarakatkan harapan pada sebuah impian. Menariknya, harapan terebut terletak pada tangan seseorang yang memberi kenyamanan untuk tidak menyerah.

You are my future, future, all the time. I want to go through the hard times and hold your hand.

2. Jung Seung Hwan - "Day & Night"

Dengan alunan nada yang lembut, Jung Seung Hwan menyanyikan "Day a& Night" yang begitu indah. Nyatanya, lirik yang tertulis pun mengandung jutaan makna yang menarik kembali memori indah di masa lalu. Sounds nostalgic and beautiful!

It was a gentle sound. A light that shined in my world that used to be dark. I wonder if you knew, sometimes, like a gentle breeze, I suddenly think of you, like an old memory that makes me smile. You came to me.

3. Kim Feel - "One Day"

Kamu tentu memahami betapa indah dan menyakitkannya saat kamu merindukan seseorang yang sangat kamu cintai. Perasaan inilah yang tertuang dalam setiap baris lirik lagu "One Day" yang dinyanyikan oleh Kim Feel dengan suara terindah.

You who made me smile sometimes, but has now faded, I miss you.

4. Oh My Girl - "I Know"

Tidak ada yang jauh lebih menyenangkan ketika kamu merasakan rasa cinta kepada sosok pria yang nyatanya juga mencintaimu balik. Melalui lagi "I Know" yang dinyanyikan oleh Seunghee, Jiho dan Hyojung dari Oh my Girl, kamu akan merasakan bunga-bunga cinta.

It doesn't make sense, does it? Yayayaya. Betweeen us, there's nothing we don't know. It's so obvious, nanananana, like nanananana. There's no need for secret between us. We've seen it all.

5. Gaho - "Running"

Dimulai dengan nada-nada musik yang membangkitkan semangat, "Running" yang dinyanyikan oleh Gaho menyuarakan tekad untuk terus memperjuangkan impian. Terlepas dari kehidupan yang penuh dengan tantangan, tetaplah berlari untuk mengejarnya.

A perspective different from others. Days where I'm once again failling behind. On the contrary, I am getting up and running.

6. Davichi - "My Love"

Sebagaimana judulnya, "My Love" yang dinyanyikan oleh suara merdu Davichi tentu mengangkat perasaan cinta terhadap seseorang. Namun, menariknya, tulisan lirik sangat mendeskripsikan bagaimana hati bekerja ketika kamu jatuh cinta.

Perhaps, it was fate. Everytime your face comes to my mind, my trembling heart in my chest already decided. Isn't it you?

6. 10cm - "Where is Dream"

Sebagaimana ciri khas musisi 10cm, lagu "Where is Dream" menonjolkan petikan gitar dan suara yang indah. Namun, tahukah kamu? Makna lirik yang terkandung tidak kalah indah karena membicarakan bagaimana dua orang yang bermimpi sama, bertemu.

Dreaming the same dream as you is like walking in the sky. When the stars gather and shine on us, fall in, I' fall in. A future that's brighter than yesterday is waiting for you. Oh where is dream, I wanna believe that you holding my hand will last forever.

8. Cheeze - "Even for a Moment"

Kehidupan ini memang memberikan tantangannya tersendiri. Tidak aneh, kamu pun terkadang kehilangan semangat untuk sekadar berharap. Hal inilah yang disuarakan dalam "Even for a Moment" oleh musisi CHEEZE dengan segala penjabaran mengenai kesulitan.

Again today, I wished for that dream I haven't told anyone. When the cold air fills me, my small wings start to shrink. Like a habit, I tell myself, this shall too pass.

9. Ailee - "Blue Bird"

Siapa yang dapat menandingi suara emas Ailee? Dengan kelihaiannya dalam bernyanyi, Ailee menyuarakan pesan terindah dalam "Blue Bird", yaitu semangat dan rasa percaya untuk terus bermimpi.

Fly up high. Take your wish and fly far away. All the dizzy worries will pass and I will be happy, my dreaming Blue Bird.

10. San Deul B1A4 - "Grown Up Diary"

Diringi dengan nada-nada yang lembut, suara San Deul menyanyikan "Grown Up Diary" sepenuh hati. Sebagaimana judulnya, lagu tersebut mengisahkan seseorang yang menulis rangkaian perasaannya dalam sebuah diary. Namun, harapan tercermin di dalamnya.

My diary for tomorrow records clear skies. I'm writing my happiness in advance. As I poorly draw out a smiling face, I wish everything would come true.

11. Wendy Red Velvet - "Two Words"

Bisa dibilang kamu akan terhanyut dalam sebuah emosi tertentu kala mendengar suara merdu Wendy dari Red Velvet saat menyanyikan "Two Words". Terlebih lagi, lagu untuk mengisyarakatan bagaimana suasana hati kala menantikan seseorang yang kamu cintai.

My heart's been waiting for you, for countless days. It's getting closer to you, step by step.

12. BOL4 - "Love Letter"

Kamu tentu tidak asing lagi dengan alur cerita yang dihadirkan oleh Start-Up. Hal ini bermula dari aktivitas surat-menyurat yang dilakukan oleh Dalmi dan Ji Pyeong. Jadi, tidak aneh jika kisah tersebut turut diutarakan dalam salah satu lagu soundtrack berjudul "Love Letter".

Waiting for a reply is not wasted. I've been pounding all day. You are my special, make me dream, I'll do anything.

13. Jamie - "Dream"

Dengan alunan nada yang indah, suara merdu Jamie menyanyikan "Dream" yang melukiskan bagaimana indahnya sebuah imajinasi dan impian. Meskipun, kehidupan memberi tantangan tersendiri, kamu tetap dapat merasakan impianmu.

Find me beyond the wall. Yeah, one more time. Open your arms to this wide world, a dream of imagination.

14. Suzy - "My Dear Love"

Sebagai bintang yang memerani salah satu karakter utama bernama Dalmi, Suzy tentu memahami perasaan yang digumuli oleh karakter tersebut. Dalam lagu "My Dear Love" inilah, Suzy menyuarakan sedikit perasaan ketika karakter tersebut menantikan seseorang.

From a long time ago, do you know I've been waiting for you? My dear love, my dear love, even for a single day, it's only you, the one I love. I'm righ here. Remember me in your heart. Me.

15. Kassy - "Love Me Like You Used To"

Tidak ada yang jauh lebih menyakitkan ketika kamu harus menghadapi hubungan yang berakhir begitu saja. Entah karena kesalahan satu sama lain atau apapun, hal itu akan terasa menyakitkan. Hal inilah yang tertulis dalam lirik lagu "Love Me Like You Used To".

I'm still here, all day long without leaving you. I'm waiting for you by your side. We're already done

Jadi, bagaimana, Bela? Hatimu pasti telah tersentuh seketika oleh 15 lagu soundtrack untuk drama Korea Start-Up di atas, bukan?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration