Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Gagal hingga Casting di Jalanan, Ini 5 Kisah Audisi Artis Idola Korea

Ternyata jadi idol Korea itu tidak mudah, lho!

Mariana Politton

Setiap kali menyaksikan tontonan drama Korea, kamu sebenarnya dihadapkan dengan beragam gaya hidup orang yang berbeda-beda, seperti halnya para artis idola Korea yang memiliki cerita tersendiri saat menggapai impian mereka.

Yup, dalam proses yang tidak mudah tersebut, para artis Korea memulai perjalanan hidup mereka melalui beberapa audisi. Ada yang memulainya dari casting jalanan. Ada juga yang  mengikuti beragam program audisi dengan pengalaman gagal, berkali-kali.

Kamu tentu penasaran, bukan? Yuk, kita langsung saja mengintip lima kisah audisi artis Korea yang sangat inspiratif dalam menggapai impian di bawah ini!

1. Dita Karang

Dok. Internet

Publik Indonesia patut berbangga atas kesuksesan seorang perempuan Indonesia yang berhasil masuk ke dalam industri Kpop. Yup, ia adalah Dita Karang asal Yogyakarta, yang sejak awal tertarik dengan dunia seni tari.

Atas kesukaannya tersebut, Dita pun mengambil kuliah di AMDA College and Conservatory of the Performing Arts di New York, Amerika Serikat. Kemudian, Dita pun mencoba peruntungan di bidang drama musikal. Sayangnya, ia mengalami beberapa kegagalan.

Sampai akhirnya, Dita yang turut jatuh cinta pada dunia Kpop mencoba peruntungan lain dengan mengikuti audisi agensi VINE Entertainment di Korea Selatan. Good news! Dari ketidakputusasaannya tersebut, Dita lolos dan menjadi anggota Secret Number.

2. Cha Eun Woo

zapzee.net

Sebagai bagian dari grup musik Astro sekaligus aktor yang tengah naik daun, Cha Eun Woo sangat dikenal dengan visualnya yang sempurna.

Bahkan, tahukah kamu? Cha Eun Woo pertama kali mendapat penawaran casting di jalanan. Tepatnya saat ia menghadir sebuah festival sekolah menengah. Menurut ceritanya, ia diikuti dan lalu di-casting hingga akhirnya diterima di agensi Fantagio Entertainment.

Akan tetapi, dalam sebuah acara variety show, Cha Eun Woo mengaku bahwa dirinya memang bercita-cita untuk menjadi seorang penyanyi. Impian tersebut tumbuh ketika perempuan yang sempat disukainya tergila-gila dengan FT Island. How cute!

3. IU

soompi.com

Di antara jejeran nama-nama artis idola Korea, nama IU merupakan salah satu artis senior yang sukses menunjukkan eksistensinya dari generasi ke generasi. Tentu, selain penampilan dan kepribadian yang menarik, IU memiliki segudang talenta yang memukau.

Akan tetapi, siapa yang menyangka bahwa potensi tersebut sempat ditolak oleh agensi JYP Entertainment ketika dirinnya mengikuti proses audisi di usia yang masih kecil. Bahkan, IU mengakui bahwa dirinya telah mengalami rangkaian kegagalan dalam audisi.

Hingga akhirnya, IU berhasil juga lolos audisi agensi Good Entertainment, namun sayangnya gagal terpilih untuk debut sebagai anggota grup musik Five Girls. Barulah, IU lolos audisi LEON Entertainment dan debut menjadi seorang penyanyi solo.

4. Jackson Wang

idntimes.com

Meskipun GOT7 telah resmi bubar, setiap nama anggota akan selalu bersama-sama di hati para fans. Tanpa terkecuali Jackson Wang yang selama ini dikenal sebagai rapper. Namun, tahukah kamu? Sebelumnya ia adalah seorang anggota tim nasional anggar Hong Kong.

Sebagai bagian dari tim nasional, Jackson Wan turut aktif mengikuti berbagai rangkaian pertanding, seperti ajang The 2010 Summer Youth Olympic. Saat itulah, seorang perwakilan dari agensi JYP Entertainment memintanya untuk melakukan audisi.

Sayangnya, tawaran tersebut sempat mendapat penolakan dari kedua orangtuanya. Hingga akhirnya sebuah kesepatakan bersama ditetapkan, yaitu audisi dapat dilakukan jika Jackson berhasil meraih medali emas untuk pertandingan anggar selanjutnya. How cool!

5. Solar

Instagram.com/solar.mamamoo

Memiliki bakat vokal yang spektakuler dan visual yang dapat dikatakan nyaris sempurna, itulah Solar MAMAMOO. Namun, siapa yang menyangka bahwa Solar nyatanya sempat mengalami penolakan atau kegagalan audisi hingga sebanyak 50 kali!

Namun, di antara audisi-audisi yang diikutinya, Solar mengaku bahwa ia tidak pernah berani mencoba peruntungan di SM Entertainment. Alasannya semata-mata karena ia tidak yakin bahwa wajah visualnya akan menemukan titik yang diharapkan oleh agensi besar tersebut.

Wah! Tidak kebayang ya, kesuksesan setiap artis idola Korea di atas nyatanya berawal dari cerita yang cukup berliku-liku. Sehingga jelas terlihat, we shouldn't give up, setuju?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration