Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Inilah 5 Kehidupan Chaebol di Korea Selatan: Mirip Drama Korea?

Adakah yang menikahi orang biasa?

Mariana Politton

Perbedaan hierarki dalam kehidupan masyarakat sosial, nyata adanya dan tidak akan pernah luput atau hilang begitu saja. Buktinya, pembagian strata atau kelas sosial masih cukup terasa antara golongan orang biasa dan orang super kaya, bukan?

Hal tersebut turut berlaku pada kehidupan masyarakat di Korea Selatan yang menyebut golongan orang super kaya dengan istilah 'chaebol'. Kamu pasti cukup familiar dengan istilah tersebut, sebagaimana kehidupan chaebol seringkali digambarkan dalam K-Drama.

Tetapi, pertanyaannya, apakah kehidupan para chaebol yang digambarkan tersebut benar-benar serupa sebagaimana aslinya? Berikut adalah lima sosok chaebol dan kehidupannya!

1. Koo Kwang Mo

businesskorea.co.kr

Pewaris LG Group

Korea Selatan telah berhasil menunjukkan eksistensinya dalam persaingan perusahan di tingkat global. Tidak aneh, nama-nama perusahaan lokal dikenal secara mendunia sebagaimana yang ditunjukkan oleh perusahaan elektronik bernama LG. Familiar, bukan?

Namun, cukup familiar-kah kamu dengan salah satu nama pewaris takhta yaitu, Koo Kwang Mo. Ia diketahui merupakan pemimpin LG yang secara garis keturunan dan profesional, menggantikan Koo Bon Moo yang meninggal pada sekitar 2018.

Melansir dari SCMP, Koo Kwang Mo adalah pemimpian yang dipandang sangat cerdas dan berpikiran terbuka. Selain itu, ia cukup disegani karena menunjukkan sikap yang sopan dan rendah hati. Tak jarang, ia terlihat makan di kanting perusahaan.

Fun fact: Koo Kwang Moo sebenarnya adalah keponakan dari mendiang Koo Bon Moo, namun diadopsi sehingga mampu terpilih sebagai penerus.

2. Choi Min Jeong

newsarticleinsiders.com

Anak pemilik perusahaan SK Group

Sebagian besar dari kamu mungkin cukup asing dengan nama SK Group. Ia merupakan perusahaan konglomerat terbesar ketiga di Korea Selatan yang memiliki setidaknya 95 anak usaha yang fokus pada setidaknya dua bidang utama yaitu, energi dan kimia.

Saat ini, SK Group diketahui masih dipimpin oleh Chey Tae Won yang kemudian, menikahi anak dari mantan Presiden Korea Selatan, Roh Tae Woo. Keduanya dianugerahi dua orang anak. Salah satunya adalah putri bernama Choi Min Jeong yang cukup menarik perhatian.

Tahukah kamu? Choi Min Jeong sempat memilih kehidupan yang berbeda dari dunia chaebol umumnya yaitu, masuk sekolah tentara angkatan laut. Dilaporkan bahwa Choi Min Jeong sempat menjalani tugas di wilayah-wilayah berisiko, seperti perbatasan antara Korea Selatan dan Korea Utara.

Fun fact: Choi Min Jeong dilaporkan telah bekerja untuk perusahaan SK Hynix, serta menjadi peneliti tamu di Center for Strategic and Internasional Studies di Amerika Serikat.

3. Kim Dong Kwan

YouTube.com/World Economic Forum

Pewaris Hanhwa Group

Nama Hanhwa Group terbilang sangat populer di Korea Selatan. Ia merupakan salah satu bisnis terbesar di negeri ginseng tersebut, yang memiliki beragam profil usaha seperti, eksplosif, finansial hingga bisnis retail yang telah banyak meraih untung.

Perusahaan tersebut dikabarkan menunjuk Kim Dong Kwon sebagai pewaris yang memenuhi kriteria seorang pemimpin. Selain memiliki kekuatan 'garis keturunan' sebagai anak pertama CEO Kim Seung Yoon, Kim Dong Kwon nyatanya sudah menjadi pemilik saham terbanyak kedua.

Namun, secara profesional, Kim Dong Kwon tidak dapat dipandang sebelah mata. Ia diketahui menimba ilmu perkuliahaan di Universitas Harvard, Amerika Serikat, dengan mengambil jurusan pemerintahan.

Fun fact: Layaknya kisah antara chaebol dan orang biasa di drama Korea, Kim Dong Kwon dikabarkan telah menjalin hubungan percintaan dengan pekerja biasa di Hanhwa Grou,p selama kurang lebih 10 tahun. Keduanya pun sudah menikah.

4. Ham Yeon Ji

viki.com

Anak pemilik perusahaan Ottogi

Salah satu faktor yang mengangkat nama Korea Selatan adalah keanekaragaman cita rasa pada makanannya yang sehat. Untuk itulah, perusahaan Ottogi hadir dan memproduksi aneka makanan dan minuman Korea Selatan yang meliputi, bahan dasar, bumbu, siap saji, snack, dan sejenis lainnya.

Perusahaan Ottogi ini sendiri diketahui memiliki garis keturunan bernama Ham Yeon Ji yang memilih jalan karier lain sebagai seorang aktris. Ia memulainya dengan menimba ilmu di New York University Tisch School of Arts, kemudian menggeluguti dunia musikal.

Fun fact: Ham Yeon Ji disebut sebagai salah satu murid dengan nilai terbaik, di salah satu sekolah paling prestis di Korea Selatan.

5. Chung Kyung Sun

hipwee.com

Anak dari pemilik perusahaan legendaris Hyundai

Berbicara mengenai perusahaan atau produk Korea Selatan, jangan sampai melupakan nama Hyundai yang merupakan industri legendaris negara tersebut. Yup, perusahaan tersebut dikenal sebagai salah satu manufaktur otomotif papan atas dunia.

Didirikan oleh Chung Ju Yung pada 1967, perusahaan tersebut kemudian dikabarkan melibatkan kontribusi dari beberapa anggota keluarga. Termasuk Chung Kyung Sun yang turut bertanggung jawab dengan reputasinya yang baik sebagai lulusan MBA di Universitas Colombia, Amerika Serikat.

Fun fact: Pada 2015, Chung Kyung Sun turut mendirikan Root Impact yang bergerak di bidang bisnis untuk membuat coworking space.

Wah, ternyata kehidupan para chaebol sedikit mirip dengan gambaran di drama Korea, ya! Dengan privillage yang mereka miliki, para chaebol tetap bertanggung jawab menimba ilmu di dunia perkuliahan, membangun usaha sendiri hingga menikahi orang biasa!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration