Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tak Sangka! 5 Film Thriller Korea Ini Terinspirasi dari Kisah Nyata

Ada kisah thriller hingga romansa yang sedih, lho!

Mariana Politton

Semua orang tentu membutuhkan distraksi dari kerasnya hidup, seperti hiburan berupa film. Semakin seru apabila film tersebut menyajikan alur cerita yang mendebarkan dan tidak bisa ditebak. Namun, apa jadinya jika cerita tersebut terinspirasi dari kisah nyata?

Bahkan, kisah nyata tersebut nyatanya melibatkan beberapa tindak kriminal yang cukup mencengangkan. Sehingga lari dari kerasnya hidupmu, kamu akan tersentuh oleh kerasnya hidup orang lain. Mulai dari kejahatan berupa pembunuhan hingga kekerasan seksual.

Berikut adalah lima film Korea yang terinspirasi dari kisah thriller nyata!

1. Silenced

2011 | Pemain: Gong Yoo, Jung Yu Mi

Diambil dari sebuah kisah nyata yang ditulis dalam buku berjudul The Crucible (2009) karya Gong Ji Young, Silenced (2011) mengisahkan insiden kekerasan seksual pada siswa-siswi tuna-rungu di Gwangju Inhwa School, yang mana kejahatan ini melibatkan para guru.

Mirisnya, para pelaku melakukannya selama bertahun-tahun. Hingga akhirnya seorang guru asal Seoul yang dipindahkan ke sekolah tersebut berupaya untuk menguaknya. Dengan bantuan jurnalis, publik dibuat marah atas insiden tersebut. Akankah pelaku ditangkap?

2. Memories of Murder

2003 | Pemain: Kang Ho Song, Kim Sang Kyung, Park Hae Il

Kasus pembunuhan berantai terjadi di Provinsi Gyunggi, Korea Selatan, tepatnya pada 1986-1991. Berawal dari mayat perempuan yang ditemukan dalam keadaan tidak manusiawi, akibat tindakan kekerasan seksual dan pembunuhan yang dilakukan secara brutal.

Sejak itu, mayat korban lainnya terus bermunculan. Sehingga pihak kepolisian semakin dituntut untuk segera menghentikan rantai pembunuhan tersebut. Namun, apakah polisi dapat menemukan pelaku ketika bahkan, tidak ada satu rambut pelaku yang ditemukan?

3. Han Gong Ju

2013 | Pemain: Chun Woo Hee, Jung In Sun, Yeong Ran Lee

Siapa yang menyangka bahwa insiden gang rape dapat terjadi di dunia anak remaja?! Tepatnya pada 2004 di Miryang, Korea Selatan, ketika geng anak-anak SMA melaksanakan tindakan keji tersebut kepada setidaknya 41 korban yang masih duduk di bangku sekolah.

Salah satunya adalah korban bernama Gong Ju yang masih berusia 14 tahun. Hidup sendiri akibat perceraian orangtua, Gong Ju mengalami kejadian tidak manusiawi tersebut dan mendapat ancaman berupa penyebaran rekaman terkait dari para pelaku. Cruel!

4. Hope

2013 | Pemain: Kang Ho Song, Kim Sang Kyung, Park Hae Il

Kebahagiaan keluarga terletak pada kebahagian anak. Sehingga kasus pemerkosaan yang brutal kepada anak perempuan berumur delapan tahun membuat pasangan suami-istri terjerumus dalam amarah dan kesedihan yang sangat dalam.

Terjadi pada 2008 dengan istilah Kasus Mayoung, insiden tersebut melibatkan pelaku pria mabuk yang sayangnya hanya mendapat hukuman pengadilan selama 12 tahun. Di balik kemarahan publik, kedua orangtua berupaya memulihkan keadaan mental sang anak.

5. Children

2011 | Pemain: Sung Dong Il, Ryu Seong Ryong

Sesekali, anak-anak membutuhkan waktu untuk bermain di luar. Seperti yang dilakukan oleh lima bocah di Daegu yang sengaja bermain ke Gunung Waryong untuk menangkap kodok. Namun, siapa yang menyangka bahwa 26 Maret 1991 menjadi hari terakhir mereka.

Pasalnya, sejak saat itu, kelima bocah tersebut tidak pernah pulang kembali. Mereka baru pulang tak bernyawa setelah memakan waktu pencari selama sebelas tahun. Kepolisian setempat pun berupaya keras untuk memecahkan misteri pelaku pembunuhan.

Itulah film thriller Korea yang berdasarkan kisah nyata. Pilu memang, namun bisa menjadi pelajaran untukmu agar lebih berhati-hati. Ada rekomendasi lain, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration