Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Film Tentang Time Traveling yang Membawamu Melintasi Waktu

Siapkan mental untuk menjelajahi perjalanan lintas waktu!

Mariana Politton

Hiburan berupa film seringkali dijadikan sebagai media bagi seseorang untuk melarikan diri dari rasa penat terhadap rutinitas. Tidak aneh, cerita bertemakan fantasi terbilang sangat populer. Khususnya cerita yang menonjolkan pengalaman time travelling atau perjalanan lintas waktu.

Berikut adalah delapan rekomendasi film tentang time travelling yang akan membawamu melintasi perjalan dari satu waktu ke waktu lainnya. Excited? 

1. The Tomorrow War (2021)

IMDb: 6,6/10 | Pemain: Chris Pratt, Yvonne Strahovski, Betty Gelpin

Memadukan tema fiksi fantasi dan ilmiah, The Tomorrow War (2021) mengangkat kisah mengenai pertarungan melawan alien yang menginvasi bumi di masa depan. Kejadian tersebut bermula ketika pasukan militer dari tahun 2051 datang ke tahun 2022.

Kedatangan pasukan militer ditujukan utnuk merekrut tentara hingga penduduk dunia yang siap melawan alien. Pasalnya, pertempuran di tahun 2051 sudah berada di ambang kekalahan yang artinya, kehidupan manusia di tahun 2051 akan punah.

2. Predestination (2014)

IMDb: 7,5/10 | Pemain: Sarah Snook, Ethan Hawke, Noah Taylor

Siapa yang menyangka bahwa kehidupan di masa depan menawarkan profesi yang cukup keren, yaitu agen pemerintah yang siap menjelajahi waktu. Tugas tersebut ditujukan bagi seorang agen untuk membatalkan peristiwa kejahatan seperti pengemboman.

Adalah seorang teroris berkode The Fizzle Bomber, yang menjadi pelaku banyak peristiwa pengeboman di berbagai tempat. Ia menjadi target utama seorang agen agar rangkaian peristiwa pengeboman dapat dibatalkan untuk menyelamatkan banyak jiwa manusia.

3. About Time (2013)

IMDb: 7,8/10 | Pemain: Rachel McAdams, Margot Robbie, Domhnall Gleeson

Percayakah kamu? Setiap keluarga selalu menyimpan rahasia mereka masing-masing yang cukup mengejutkan. Seperti yang dialami oleh sebuah keluarga fiksi di wilayah Cornwall, Inggris, dalam film berjudul About Time (2013).

Menariknya, rahasia tersebut adalah warisan berupa kemampuan untuk menjelajahi waktu yang diturunkan secara genetik kepada anak laki-laki. Dengan begitu, Tim Lake yang memperoleh kekuatan tersebut memanfaatkannya untuk kehidupan asmaranya.

4. Safety Not Guaranteed (2012)

IMDb: 7/10 | Pemain: Aubrey Plaza, Mark Duplass, Jake Johnson, Karan Soni

Media cetak maupun digital dapat dijadikan sebagai sumber untuk mencari informasi mengenai lowongan kerja atau sejenisnya. Namun, apakah kamu akan melamar apabila iklan tersebut membuka lowongan untuk menjadi rekan penjelajah waktu?

Seorang perempuan bernama Darius Britt baru saja bekerja di Seattle Magazine. Di sana, ia ditugaskan utnuk menyelidiki iklan tersebut dengan cara mendekati pihak yang menuliskan lowongan tersebut. Apakah ia akan menemukan kebenaran yang menakjubkan?

5. Groundhog Day (1993)

IMDb: 8/10 | Pemain: Bill Murray, Andie MacDowell, Harold Ramis, Chris Elliott

Berbicara mengenai film bertemakan fantasi dan time travelling, penokohan karakter seharusnya diceritakan dengan kekuatan yang mampu melintasi waktu, bukan? Namun, Groundhog Day (1993) nyatanya tidak menonjolkan kemampuan berpindah waktu.

Meski begitu, seorang penyiar di televisi bernama Phill menemukan dirinya tertidur dan terbangun di hari yang sama. Hal itu terjadi terus-menerus secara berulang dan tidak berkesudahan seolah-olah Phill terjebak dalam endless loop.

6. Bill and Ted's Excellent Adventure (1989)

IMDb: 7/10 | Pemain: Keanu Reeves, Alex Winter, George Carlin, Ed Solomon

Pertama-tama, ketahuilah bahwa film yang terkesan jadul ini nyatanya tidak basi sama sekali, lho! Dengan alur yang menyenangkan dan kehadiran seorang Keanu Reeves, kamu akan memperoleh perjalanan lintas waktu yang membuatmu ingin nonton berkali-kali.

Berawal dari dua remaja yang tampak bodoh dan harus mempersiapkan presentasi sejarah. Siapa yang menyangka bahwa presentasi yang akan ditampilkan tergolong luar biasa karena adanya bantuan mesin waktu. Kamu pun akan ikut terkesima, Bela!

7. Back to the Future (1985)

IMDb: 8,5/10 | Pemain: Michael J. Fox, Christopher Lloyd, Lea Thompson

Berbicara mengenai film bertemakan time travelling, bagaimana mungkin bisa kamu melewatkan film legendaris berjudul Back to the Future (1985)? Sesuai namanya, film dengan unsur komedi ini fokus pada perjalanan lintas waktu dari masa lalu ke masa depan.

Hal itu dapat terjadi akibat penemuan ilmiah dari seorang profesor berupa lorong waktu. Sebagai tambahan unsur hiburan yang menarik muncul melalui mesin waktu dalam wujud mobil yang super kece. Di situ terdapat perumusan cara yang menarik.

8. Time After Time (1979)

IMDb: 7,1/10 | Pemain: Malcolm McDowel, Mary Steenburgen, David Warner

Ketika kamu melakukan perjalanan lintas waktu dalam satu tontonan film, kamu memang akan dibuat berputar dalam satu pusaran misteri. Bagaimana tidak! Kamu berada di satu waktu, kemudian berpindah lagi ke waktu yang berbeda dan terus terjadi begitu.

Inilah gambaran besar perjalanan lintas waktu yang dilakukan oleh seorang pria bernama H. G. Wells untuk mengejar Jack the Ripper di San Fransisco pada era 1970-an. Tentu, perjalanan tersebut dilakukan melalui time travelling. Akankah ia berhasil menangkap penjahat tersebut?

Yuk, kita temukan semua jawaban atau akhir cerita film-film di atas dengan melakukan perjalanan lintas waktu secara virtual. Seru dan menyenangkan, lho!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration