Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Selain 'Parasite', Inilah 7 Film Korea yang Go Internasional

Yakin, kamu tidak melewatkan film-film berikut?

Mariana Politton

Kamu menganggap bahwa film Korea hanya fokus pada aktor-aktris berparas sempurna? Itu artinya, artikel ini bukanlah tempatmu! Karena publik dunia telah mengakui kualitas film Korea Selatan yang mementingkan alur cerita, sinematografi dan bakat akting yang tinggi.

Tidak aneh, Parasite (2019) menjadi salah satu film Korea yang sukses membawa pulang piala Oscar, termasuk kategori Best Picture pada 2020. Namun, apakah kamu tahu? Selain Parasite, ada tujuh film Korea lainnya yang nyatanya berhasil go internasional. Apa saja?

1. Train to Busan

2016 | Pemain: Gong Yoo, Mang Dong Seok, Kim Soo Ahn

Memang, penyakit baru kian bermunculan sebagai tantangan di dunia medis. Namun, apa yang terjadi jika penyakit baru secara misterius merubah manusia menjadi mayat hidup yang haus akan darah manusia? Dengan kata lain, welcome to zombie apocalypse.

Beruntungnya, para penumpang kereta api Seoul-Busan terbebas dari risiko penyakit tersebut berkat kereta yang bergerak cepat. Sampai terkuak, seseorang yang terinfeksi bersembunyi di satu lorong.

Highlight: Film ini meraih keuntungan sebesar US$2,1 juta di pasar Amerika Serikat dan Kanada, serta total keuntungan global sebesa US$98,5 juta.

2. Oldboy

2003 | Pemain: Choi Min Sik, Kang Hye Jung, Yoo Ji Tae

Bagaimanapun juga, keluarga adalah sumber kebahagiaan seorang kepala keluarga. Sehingga, menemukan fakta bahwa anggota keluarganya telah meninggal akibat insiden pembunuhan, jelas akan merobek hati seorang ayah hingga hancur tak tersisa.

Terlebih lagi, ketika polisi tengah mendalami kasus tersebut, ia tahu-tahu diculik dan dikurung di dalam sebuah ruang tertutup selama bertahun-tahun. Meski begitu, ia bertekad untuk bertahan demi menemukan anak perempuannya yang dikabarkan masih hidup.

Highlight: Meraih sorotan dunia, film ini berhasil membawa pulang beberapa penghargaan internasional, seperti British Independent Film Awards, Cannes Film Festival, dan lainnya.

3. A Taxi Driver

2017 | Pemain: Kan Ho Song, Ryu Jun Yeol, Thomas Kretschmann

Sejarah Korea Selatan mencatat bagaimana pejabat-pejabat politik sempat menodai nilai demokrasi pada tahun 1980. Tepatnya penutupan area di Provinsi Gwangju sehingga membatasi akses berita mengenai isu politik yang melibatkan pembantaian mahasiswa.

Namun, seorang jurnalis asal Jerman cukup berani untuk datang dan diam-diam meliput. Dalam aksi heroiknya tersebut, ia melibatkan supir taksi untuk mengantar dan menemani perjalanannya di Provinsi Gwangju. Sejak itu, pertemanan mereka pun menguat.

Highlight: Diwakilkan oleh aktor Song Kang Ho, A Taxy Driver sukses membawa pulang piala 21st Fantasia Internasional Film Festival untuk kategori Best Actor. Proud!

4. Mother

2009 | Pemain: Won Bin, Kim Hye Ja

Mengangkat nilai kasih sayang seorang ibu, Mother (2009) menampilkan hubungan antara ibu dan anak yang sama-sama memiliki keterbelakangan mental. Namun, siapa sangka, sebuah insiden pembunuhan tahu-tahu mengarah kepada anaknya sebagai pelaku.

Hal tersebut didukung oleh bukti yang kuat dan keterangan saksi yang memberatkan. Sehingga kepolisian setempat tidak ada pilihan lain selain menjebloskan anaknya yang masih muda ke dalam penjara. Sang Ibu pun berupaya untuk membebaskannya. 

Highlight: Tahukah kamu? Film ini nyatanya merupakan salah satu karya sutradara kenamaan Bong Joon Ho yang sukses membawa Parasite (2019) ke panggung Oscar.

5. The Handmaiden

2016 | Pemain: Kim Tae Ri, Kim Min Hee, Ha Jung Woo

Di bawah kekuasaan kolonial Jepang pada 1930-an, Korea Selatan mengalami keterpurukan yang meliputi masalah kemiskinan. Sehingga, seorang gadis harus bekerja serabutan untuk mencari uang. Termasuk melakukan hal yang tidak terpuji, seperti mencopet.

Namun, suatu hari, seorang bangsawan Jepang tahu-tahu memberinya pekerjaan sebagai asisten rumah tangga semata-mata untuk membantu rencana jahatnya, yaitu menikahi pemilik rumah, merebut hartanya dan menjebloskannya ke dalam rumah sakit mental. 

Highlight: Kualitas film mendapat pengakuan internasional melalui beragam penghargaan, seperti British Academy Film Awards, Chicago Film Critics Association, dan lainnya.

6. Along with the Gods: The Two Worlds

2018 | Pemain: Ju Ji Hoon, Ha Jung Woo, Kim Hyang Gi

Siapa yang dapat berkata tidak atau tunggu saat maut menjemput? Entah penyakit atau insiden, kematian datang sebagai satu-satunya misteri yang tak terelakkan. Sebagaimana pengalaman seorang pemadam kebakaran yang menemukan dirinya telah meninggal.

Dijemput oleh tiga malaikat maut, pemadam kebakaran tersebut pun harus menghadapi rangkaian pengadilan terakhir untuk menentukan apakah dirinya dapat beristirahat hingga melakukan reinkernasi atau sebaliknya, mendapat hukuman di dalam api yang menyala.

7. Minari

2020 | Pemain: Steven Yeun, Han Ye Ri, Youn Yuh Jun

Mengusung tema kehidupan imigran, Minari (2020) memperkenalkan sebuah keluarga asal Korea Selatan yang sengaja pindah ke Arkansas, Amerika Serikat. Tujuannya tidak berbeda dari para keluarga imigran lainnya, yaitu mengubah nasib menjadi lebih baik.

Namun, menjalani hidup di negeri asing nyatanya tidak semudah yang mereka bayangkan. Beragam tantangan dan kesulitan dihadapi. Mulai dari perbedaan budaya hingga stereotip masyarakat lokal terhadap penduduk imigran yang cukup menantang mental.

Highlight: Rilis perdana pada Januari 2020, film ini sukses mengantongi piala Grand Jury Prize dan Audience Award dalam ajang Sundance Film Festival. Sehingga, tidak sedikit yang menganggap bahwa film ini dapat menjadi the next Oscar movie. 

Minggu ini, kamu mau nonton film Korea yang go international mana dulu nih, Bela? Jangan sampai melewatkan Train to Busan, ya. Wajib, tuh!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration