Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Konfliknya Rumit, Inilah 5 Drama Korea Rasa Sinetron

Temukan persamaannya, kedua konsep cukup mirip, lho!

Mariana Politton

Pro dan kontra dalam sinetron Indonesia memang kerap menjadi topik menarik untuk dibicarakan di media sosial. Menjadi hiburan yang telah diterima dan dinikmati oleh masyarakat Indonesia, namun juga tak lepas dari kritikan alur cerita yang dihadirkan.

Yup, meskipun menghibur, alur cerita terkadang dinilai berlebihan dan tidak masuk akal oleh sebagian orang. Misalnya saja, karakter yang kerap mengalami kecelakaan dengan luka di kepala, lalu mengalami amnesia. Atau mungkin konflik yang dianggap terlalu berlebihan.

Tahukah kamu? Drama Korea nyatanya mengusung alur cerita serupa sehingga dinilai mirip seperti sinetron Indonesia. Berikut adalah kelima drama Korea tersebut!

1. Penthouse Season 3 (2021)

IMDb: - | Pemain: Eugene, Kim So Yeon, Lee Ji Ah

Sebuah penthouse yang dikenal dengan istilah Hera Palace, sangat menonjolkan kelas atau kedudukan sosial yang tinggi. Namun, siapa yang menyangka bahwa tempat tersebut nyatanya menyimpan beragam misteri yang berhubungan dengan tindak kejahatan.

Di season ketiga, para pelaku kejahatan tersebut memang berhasil dijebloskan ke dalam penjara. Namun, kekuasaan dan kekayaan yang dimiliki golongan orang-orang di tingkat atas sayangnya membuat mereka mampu mengeluarkan diri dengan mudah.

Kesamaannya dengan sinetron:

Karakter Logan Lee yang dikisahkan meninggal masih menjadi perdebatan antar fans. Namun, siapa yang menyangka bahwa aktor yang sama tahu-tahu muncul. Namun, ia memerani karakter kembaran Logan Lee yang dianggap sebagian terlalu 'memaksa' dan 'tidak masuk akal' karena baru muncul di season ketiga. Bagaimana pendapatmu?

2. The World of Married (2020)

IMDb: 8/10 | Pemain: Han So Hee, Kim Hee Ae, Park Hae Joon

Memiliki karier di bidang kedokteran bukan hanya kebanggaan bagi seorang perempuan bernama Ji Sun Woo. Ia pun memiliki keluarga yang cukup bahagia, khususnya hubungan pernikahannya bersama sang suami. Sampai akhirnya ia menemukan indikasi perselingkuhan.

Dari situ, Ji Sun Woo memutuskan untuk menceraikan suaminya dan mengusirnya dari kehidupan. Namun, siapa yang menyangka bahwa beberapa tahun kemudian, sang suami kembali bersama selingkuhannya sebagai pasangan suami-istri yang bahagia dan sukses.

Kesamaannya dengan sinetron:

Tidak menepis fakta bahwa mayoritas sinetron menghadirkan kisah yang berhubungan dengan percintaan. Khususnya hubungan pernikahan atau keluarga yang memiliki isu-isu tertentu yang memberatkan, serta penuh dengan plot twist yang membuat penonton naik darah. Setuju?

3. Temptation of Wife (2008)

IMDb: 7,5/10 | Pemain: Jang Seo Hee, Kim Seo Hyung, Lee Jae Hwang

Kebahagiaan selalu menjadi ekspetasi setiap individu ketika masuk ke dalam ranah percintaan. Namun, hal itu jugalah yang menjadi area yang paling mampu menyakiti setiap orang. Apalagi, ketika perselingkuhan dan pengkhianatan terjadi.

Kisah tersebutlah yang diangkat dalam Temptation of Wife (2008), yang memperlihatkan upaya balas dendam seorang istri akibat perselingkuhan sang suami. Tidak tanggung-tanggung, sang suami melakukan tindakan tersebut bersama sahabatnya.

Kesamaannya dengan sinetron:

Berbicara mengenai tontonan sinetron yang biasa ditampilkan di layar televisi, kamu pasti tidak bisa mengingat betul berapa episode yang telah kamu tonton, bukan? Pasalnya, mereka cenderung memiliki jumlah yang cukup banyak. Sama seperti Temptation of Wife (2008) yang setidaknya memiliki 129 episode.

4. Hera, the Goddess of Revenge (2020)

Google likes: 92% | Pemain: Kim Sa Rang, Yoon Hyun Min, Yoon So Yi

Kang Hae Ra diperkenalkan dalam drama Hera, the Goddess of Revenge (2020) sebagai sosok perempuan yang penuh dengan kerja keras. Hingga akhirnya ia jatuh cinta kepada seorang pengusaha kaya dan masuk ke dalam kehidupan yang gemilang.

Masuk ke dalam kehidupan baru tersebut, Kang Hae Ra-pun memutuskan untuk menjadi seorang influencer. Namun, sebuah skandal tahu-tahu muncul dan langsung merusak reputasinya. Ia pun berupaya untuk mencari pelakunya dan membalaskan dendam.

Kesamaannya dengan sinetron:

Permasalahan yang rumit dan bermain dengan tindakan 'menusuk dari belakang' serta aksi balas dendam cenderung menjadi salah satu ciri khas beberapa sinetron di masa lalu. Hal inilah yang menjadi highlight kesamaan antara keduanya.

5. Class of Lies (2019)

IMDb: 7,8/10 | Pemain: Han So Eun, Yoon Kyun Sang, Jun

Seorang pengacara sengaja menyamar menjadi seorang guru untuk menguak sebuah misteri pembunuhan siswi di sebuah sekolah. Ia meyakini bahwa pelaku merupakan bagian dari sekolah tersebut. Entah guru maupun siswa-siswi yang menempuh studi.

Benar saja! Ketika ia masuk ke dalam sekolah tersebut, pengacara tersebut menemukan beberapa kejanggalan. Termasuk indikasi-indikasi yang mengarah pada tindakan bullying atau kekerasan yang tidak seharusnya dilakukan oleh siswa-siswi sekolah.

Kesamaannya dengan sinetron:

Sinetron turut mempertontonkan kisah yang berhubungan dengan kehidupan remaja. Sebagian memperlihatkan beberapa aksi kekerasan antar pelajar seperti bullying atau tindakan tak terpuji lainnya sebagai contoh negatif yang tidak boleh ditiru. Hal-hal itu juga yang diperlihatkan dalam Class of Lies (2019).

Jadi, setujukah kamu bahwa kelima drama Korea di atas memiliki kesamaan dengan beberapa ciri khas sinetron Indonesia?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration