Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Inspirasi Desain & Denah Rumah Minimalis Satu Lantai

Rumahmu pun menjadi jauh lebih menarik dan elegan!

Mariana Politton

Tidak sedikit dari kamu yang mungkin berencana untuk membangun sebuah rumah minimalis berlantai satu. Entah untuk tinggal seorang diri atau bersama keluarga kecil, kamu tentunya membutuhkan beberapa inspirasi denah dan desain rumah minimalis yang tepat, bukan?

Mulai dari inspirasi yang condong bernuansa modern hingga elegan. Masing-masing dapat dijadikan sebagai pilihan untuk mengaplikasikannya secara spesifik atau mengombinasikan beberapa ide untuk rumah minimalis andalanmu.

Kalau begitu, tunggu apa lagi? Berikut adalah 5 inspirasi desain dan denah rumah minimalis 1 lantai yang dapat kamu pertimbangkan!

1. Minimalis modern

Dok. Ruang Interior

Mengikuti perkembangan zaman yang semakin modern, tidak aneh jika kamu mendambakan desain interior rumah yang tidak kalah modern. Untuk itulah, denah rumah dapat menonjolkan pembagian ruangan yang tegas serta pemilihan warna yang tepat.

Sebagai contoh, kamu tidak perlu membagi ruangan dengan garis-garis yang acak dan pastikan, warna basic yang bold dipilih sebagai dominasi. Jangan lupa tonjolkan konsep mini bar pada dapur dan ruang makan agar nuansa yang modern semakin jelas.

2. Clean interior

99.co

Bisa dibilang, rumah berlantai satu dengan konsep minimalis terbilang cukup padat. Dampaknya, efek sesak dan berantakan pada ruangan-ruangan dapat terjadi akibat kehadiran terlalu banyak mebel sekaligus pergerakan manusia itu sendiri. 

Oleh karena itulah, kamu sebaiknya memilih konsep clean interior yang membagi ruangan-ruangan secara spesifik. Tidak ketinggalan, dominasi warna terang dan soft yang dipilih pun dapat meminimalkan efek padat dan sesak yang mungkin terjadi.

3. Semi rustic yang elegan

Dok. Ruang Interior

Tidak sedikit dari kamu yang pastinya mendambakan sebuah rumah minimalis dengan efek hommie yang natural. Untuk itulah, kamu cukup tertarik dengan desain interior yang elegan lewat perpaduan warna yang ditonjolkan beserta furnitur.

Nah, untuk merealisasikannya, kamu dapat memilih desain semi-rustic. Pasalnya, desain ini menggunakan elemen kayu dan warna-warna earthy tone yang menghadirkan nuansa pedesaan di dalam rumah minimalismu. Sebagai tambahan, tinggal sematkan tanaman hijau, deh!

4. Korean wood interior design

Dok. Ruang Interior

Mengikuti perkembangan Hallyu Wave yang semakin populer, tidak sedikit orang yang ikut tertarik pada desain interior rumah-rumah di Korea Selatan. Begitu juga kamu, yang mendambakan rumah berlantai satu dengan desain ala Korea yang cukup spesial.

Mulai dari ciri khas lantai kayu yang ditonjolkan dan diselaraskan dengan furnitur modern berwarna sama. Hingga ruangan masuk untuk meletakkan sandal dan sepatu sebelum memasuki ruang tamu. Semuanya ini akan memberi kesan yang unik untuk rumahmu. 

5. Desain yang terbuka

Dok. Ruang Interior

Seperti yang kamu ketahui, rumah minimalis berlantai satu yang mengusung konsep minimalis memberi efek luas dan terbuka. Hal ini sangat penting untuk diterapkan sebagaimana rumah berlantai satu dapat dikatakan cukup padat dan sesak.

Oleh karena itulah, dalam memilih desain denah rumah minimalis, kamu dapat menggunakan pintu kaca. Pasalnya, semakin banyak kaca di dalam rumahmu, maka semakin mudah cahaya masuk ke dalam sehingga efek yang luas pun terasa seketika.

6. Ruang labirin futuristis

home-designing.com/Fourwall

Pengaplikasian desain rumah minimalis modern berorientasi masa depan, tidak harus dengan ornamen yang aneh atau terasa seperti di planet lain. Denah rumah satu kamar tidur ini satu kamar tidur ini, tampak seperti sesuatu di masa depan dengan tempat duduk melengkung dan dinding di ruang tengah yang besar, dapur modern, kamar mandi kontemporer besar dengan bath tub, serta detail kayu keras yang mewah di kamar tidur utama dan lemari pakaian. Sangat unik!

7. Serba sekat persegi yang chic

home-designing.com/BridgesatKendallPlace

Masih dengan denah dan desain rumah minimalis satu lantai satu kamar, desain ini cocok bagi kamu si introvert atau pasangan baru, yang suka menghabiskan waktu bersama atau memasak. Ruang dapur yang luas tersasa seimbang dengan ruang tamu dan teras yang juga lapang. Tidak ketinggalan, ruang pakaian sendiri sehingga tidak memakan tempat untuk peletakkan lemari, sampai ruang kecil sebrra guna untuk ragam perkakas atau gudang kecil. Keren, ya! 

Jadi, desain dan denah rumah minimalis 1 lantai manakah yang akan kamu pilih, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration