Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Dua Dunia INDAHKUS, Dokter yang Multitalenta

Lagu dan filmnya banyak dirilis tahun ini

Indahkus

Rambut biru dan warna suara yang unik, menjadi ciri khas dari pemilik nama asli Indah Kusumaningrum alias INDAHKUS. Belum lama terjun ke dunia hiburan, Indah sudah memiliki banyak penggemar yang menantikan setiap karyanya. Hal ini terlihat dari setiap unggahan video Indah di channel YouTube pribadinya yang langsung mendapat ratusan ribu views saat sekali upload.

Melihat sosoknya yang unik, banyak yang tak menyangka jika Indah juga berprofesi sebagai dokter. Meski sedang vakum dari profesi tersebut, Indah kini tengah disibukkan dengan beragam kesibukan di dunia hiburan. Tak hanya tarik suara, Indah juga melebarkan sayapnya ke bidang hiburan lainnya yang membuatnya semakin dikenal sebagai sosok yang multitalenta. 

Lantas, seperti apa perjalanan INDAHKUS hingga bisa menapaki dunia hiburan saat ini? Yuk, mengenal lebih dekat INDAHKUS melalui hasil wawancara eksklusif bersama POPBELA.

Bukan sosok baru di dunia entertainment Tanah Air

Popbela.com/Andre Wiredja

Wardrobe: Atasan rib, celana pendek payet, anting, stoking, obi belt milik stylist, blazer ruffle Nagita Slavina, sepatu Melissa

Jika menelisik kembali perjalanan kariernya di dunia entertainment Tanah Air, Indah sudah terjun ke dunia ini sejak tahun 2015. Tepatnya melalui serial televisi Stereo bersama Dikta, Nino, Sheila Dara, Barsena, Rizky Febian, dan Wizzy. Merekalah yang menyemangati Indah untuk serius di dunia musik karena mereka melihat Indah memiliki potensi yang bagus.

“Waktu aku terlibat di serial musikal itu, aku lagi perpindahan dari sarjana kedokteran ke koas. Di sana, Dikta, Nino, Sheila Dara, Barsena, Rizky Febian, dan Wizzy encourage aku kayak ‘kenapa nggak diseriusin aja nyanyinya?’. Waktu itu 2015 kalau nggak salah, karena aku masih sekolah dokter kayaknya agak susah untuk bagi fokusnya. Jadi aku Nggak serius di nyanyi waktu itu,” kata Indah, membuka obrolan bersama POPBELA soal karier musiknya.

Baru pada tahun 2018, saat jadwal kuliah dan koasnya sudah mulai berkurang, Indah melirik lagi dunia musik sambil mempersiapkan single yang ia ciptakan sendiri.

“Sampai 2018 aku debut di lagu ‘Be With You’. Itu pertama kali aku merasa lagu-lagu yang aku buat udah sesuai dengan apa yang aku mau. Dari situ aku fokus nyanyi, tapi masih sambil kerja jadi dokter,” lanjut Indah.

Hiatus sejenak dari profesi dokter

Instagram.com/Indahkus_

Telah menyandang gelar sarjana kedokteran dan mengambil koas selama kurang lebih tiga tahun, tentu bukan perjalanan yang mudah dan sebentar. Menjadi dokter memang impian Indah. Namun untuk saat ini, Indah memutuskan hiatus sejenak dari profesinya sebagai dokter demi menekuni musik.

“Aku sedang hiatus menjadi dokter dari akhir tahun lalu, karena kan mulai keluarin album juga. Terus beres album kemarin ‘Once in a Blue Moon’, baru keluarin juga lagu baru judulnya ‘It's You’. Jadi bener-bener lebih fokus ke musik dan lebih selektif juga, terutama di entertainment-nya.”

Meski kini sibuk di dunia musik, Indah mengatakan selamanya akan tetap menjadi dokter karena ia sudah disumpah. Perempuan kelahiran 9 April 1994 ini juga menyebut akan kembali berprofesi sebagai dokter suatu saat nanti.

“Sebenarnya kalau profesi aku tuh sekalinya jadi dokter pasti selamanya jadi dokter. Meskipun aku nggak jaga praktek, nggak di klinik sekarang, kapanpun dimanapun ada kasus gawat darurat di depan aku, memang harus disumpah untuk aku tetap turun. Memang tanggung jawabnya seumur hidup, mungkin suatu saat aku akan kembali ke klinik we never know, tapi untuk sekarang, sih, fokus ke musik.”

Melebarkan sayap ke layar lebar

Popbela.com/Andre Wiredja

Wardrobe: Atasan rib, celana pendek payet, anting, stoking, obi belt milik stylist, blazer ruffle Nagita Slavina, sepatu Melissa

Tak puas hanya di dunia musik, Indah pun menjajal peruntungannya di industri layar lebar. Tahun ini, merupakan tahun comeback-nya Indah ke layar lebar setelah sebelumnya pernah menjadi pemeran pendukung dalam film 2045 Apa Ada Cinta. Tak cuma menjadi salah satu pemainnya, Indah juga dipercaya untuk membawakan semua soundtrack-nya dalam film tersebut.

Nama Indah semakin dikenal publik saat ia kemudian muncul dalam film action-musical Virgo and the Sparklings. Dalam film tersebut, Indah bergabung dalam grup band The Scorpion Sisters dan mengisi formasi bassist.

“Kalau film ‘Virgo in The Sparkling’ itu film kedua, di situ juga masih ada hubungannya dengan musik, karena di situ aku jadi anak band dan aku mulai belajar bass pertama kali,” jelasnya. 

Instagram.com/Indahkus_

Tak hanya bermain bass, dalam film itu, Indah harus berlatih koreografi untuk adegan fighting. Dengan adanya adegan-adegan ini, Indah merasa begitu terkesan dan tertantang karena melakukan sesuatu yang baru.

“Aku ada workshop dulu selama dua-tiga bulan sebelum syuting. Di sana aku juga latihan fighting. Jujur susah banget di kala fisik aku yang lumayan lemah dan gampang alergi ini. Tapi, menurut aku itu hal baru yang harus aku coba karena aku juga anaknya suka hal-hal yang baru. Aku juga suka hal yang menantang dan overall seru banget, aku bersyukur bisa terlibat di project film itu.”

Deretan series dan film INDAHKUS mendatang

Banyak project yang dikerjakan INDAHKUS belakangan ini. Beberapa dari project itu pun akan rilis dalam waktu dekat atau setidaknya di tahun ini. Lalu, apa saja yang baru dari INDAHKUS yang patut kita tunggu?

“Dalam waktu dekat aku akan ada series baru. Series-nya kalau nggak salah udah dikeluarin posternya, harusnya tayang bulan ini, judulnya itu ‘Generasi D’Bijis’. Series itu remake dari film yang rilis tahun 2007 yang akhirnya aku tonton ulang. Di film ini aku akan ada bersama senior aktor, Kak Tora Sudiro dan Kak Gary Iskak. Aku juga akan main bersama Aurora Ribero, Dewa Dayana dan Randy Martin. Drama series-nya seru dan musiknya juga keren banget,” ungkap Indah.

Lalu dari karya musiknya, Indah mengaku sedang mempersiapkan lagu selanjutnya, nih, Bela.

“INDAHKUS pasti akan ada karya lagi terutama di musiknya. Secepatnya mungkin aku akan comeback dengan lagu yang baru, tapi yang jelas ditunggu aja karya selanjutnya yang belum bisa aku spill banyak-banyak.”

Duh, POPBELA penasaran banget! Kita tunggu saja lagu comeback dari INDAHKUS, ya, Bela.

Popbela.com/Andre Wiredja

Wardrobe: Atasan rib, celana pendek payet, anting, stoking, obi belt milik stylist, blazer ruffle Nagita Slavina, sepatu Melissa

Photo Credit

Photographer: Andre Wiredja
Fashion Editor: Michael Richards
Stylist: Tbmyudi
Asst. Stylist: Hafidhza Putri Andiza

Beauty Editor: Jennifer Alexis
Makeup Artist: Salya Benaza
Hair Stylist: Rachel Ayu

Interview: Niken Ari
Transkrip: Ainuni Rahmita

IDN Media Channels

Latest from Inspiration