Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Sosok Sensitif, Ini Arti di Balik 10 Tato Jungkook BTS

Sebagian tato didedikasikan untuk ARMY!

Firly Fenti

Bagi para ARMY, mungkin setuju jika anggota termuda dari grup BTS ini selalu membuat orang-orang tepersona dengan talentanya. Miliki julukan Golden Maknae, membuatnya banyak berkolaborasi dengan musisi ternama dunia, sehingga popularitasnya semakin melejit dan dikenal banyak orang.  
 

Tak hanya soal kariernya, banyak penggemar yang juga turut memerhatikan hal-hal kecil yang ada di diri Jungkook, termasuk salah satunya mengenai tato. Ya, pria kelahiran 1997 ini memiliki tato cukup banyak di tubuhnya. Pria yang memiliki hobi menggambar ini memiliki lebih dari sepuluh tato di tubuhnya. 

Tato Jungkook pun bukan hanya gambar sembarangan. Tiap tato yang ia pilih, memiliki makna serta filosofinya tersendiri, lho. Lalu, apa saja ya makna tersembunyi di balik koleksi tato Jungkook BTS? Dilansir dari berbagai sumber, ini 10 makna tersembunyi di balik tato Jungkook BTS!

1. ARMY + J

Instagram.com/Ulzz.kpop

Tato pertama yang paling terlihat di tubuh Jungkook ialah tato dengan tulisan ARMY + J. ARMY sendiri merupakan sebutan untuk para penggemar BTS. Oleh karena itu, tato ini didedikasikan Jungkook untuk para pengemarnya. Namun, tato ini juga bisa dimaknai lain hal. Tato ditangan Jungkook ini juga merupakan kumpulan dari berbagai inisial anggota BTS. Huruf "R" merupakan inisial untuk leader BTS, RM. Huruf "MY" mewakiliki Min Yoongi atau Suga. Nah, untuk melengkapinya, Jungkook menambahkan "+ J" yang merupakan inisial untuk Jin, J-Hope, Jimin dan tentu saja namanya sendiri, Jungkook. 

2. Hati warna ungu dan 0613

Instagram.com/Ulzz.kpop

Masih pada posisi yang sama dan berdekatan dengan tato di nomor 1, pada tato ini Jungkook menggambar hati bewarna ungu dan terdapat tulisan 0613. Hati sendiri merupakan ungkapan rasa cinta dan kasih. Sedangkan warna ungu merupakan warna yang identik dengan ARMY. Oleh karena itu, banyak pihak yang menduga bahwa makna tato hati bewarna ungu merupakan ungkapan rasa cinta Jungkook untuk para penggemarnya. Tulisan 0613 sendiri merupakan deretan angka yang bermakna 13 Juni 2013, yaitu tanggal dan tahun debut BTS. 

3. Mahkota dan emoticon

Instagram.com/Ulzz.kpop

Tato selanjutnya, yaitu mahkota. Tato ini dimaknai banyak orang sebagai tato yang menggambarkan status BTS, yaitu sebagai Raja K-Pop. Sedangkan untuk emoticon wajah tersenyum yang terletak di jari telunjuk Jungkook, tato ini disebut-sebut sebagai emoji favoritnya ketika berkomunikasi via virtual.

4. Perisai

Instagram.com/Bts_till_death

Tak hanya mentato tulisan ARMY sebagai rasa cinta kepada penggemarnya, Jungkook juga membuat tato bergambarkan perisai. Tato Perisai sendiri merupakan logo ARMY. Dari tato ini dan tato sebelumnya, kamu bisa mengambil kesimpulan kalau Jungkook sangat sayang kepada para penggemarnya. 

5. Tulisan "Rather be dead than cool"

Koreaboo.com

Tato yang merupakan kutipan lirik lagu Nirvana yang berjudul "Stay Away" ini berada pada lengan Jungkook. Dalam sebuah siaran, terungkap bahwa Jungkook sangat menyukai penggalan lirik lagu tersebut dan menjadikannya sebagai motto dalam menjalankan hidupnya. 

6. Bunga Tiger lily

Koreaboo.com

Masih pada bagian lengan, Jungkook juga mentato dirinya dengan bunga Tiger Lily. Bunga ini merupakan bunga kelahiran Jungkook. Tidak hanya sebagai bunga kelahiran, tato bunga tiger lily juga memiliki makna "Please love me" atau tolong cintai saya.

7. Kerangka tangan dan garis hitam

Inikpop.com

Tato Jungkook lainnya ialah gambar kerangka tangan dengan gestur “rock on”. Tato ini dipercaya merupakan lanjutan dari tato Jungkook dengan tulisan “Rather be dead than cool".

8. Tulisan "TRUTH"

Inikpop.com

Tato yang berada di lengan atas Jungkook ini terlihat di video klip “BTS Focus” untuk MV “Kinetic Manifesto Film: Come Prima”. Tato ini juga dimiliki oleh dua rekan Jungkook yang lain, yaitu ‘GOT7’ Mark dan Yugyeom. Selain memiliki tato yang sama, kedua temannya ini juga membuat tato pada posisi yang sama pula. 

9. Harimau

Dok.internet

Jungkook disebut-sebut juga memiliki tato bergambar Harimau. Tato ini terlihat di video klip “ON”. Untuk makna dari tato ini, banyak yang percaya bahwa tato ini mengambarkan keberuntungan. Hal ini dikarenakan harimau, di Korea Selatan, dipercaya sebagai hewan keberuntungan, keberanian, dan juga kebanggaan.

10. Tulisan "Make hay while the sun shines”

Dok.internet

Tato yang terlihat secara singkat di video klip lagu "ON" BTS ini merupakan pepatah lama. Isi pepatah ini ialah sebuah nasihat untuk manusia agar selalu memanfaatkan hari-harinya. 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration