Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Desain Taman Minimalis Depan Rumah, Bikin Halaman Jadi Cantik

Bisa jadi tempat pelepas penat, nih

Firly Fenti

Kalau kamu punya sisa lahan yang tak terpakai pada halaman depan rumah, coba manfaatkannya dengan membangun taman, Bela. Nggak perlu yang luas, cukup manfaatkan sisia lahan tersebut dan hiasilah taman dengan tanaman serta bunga yang kamu sukai. Membangun taman pada rumah disebut-sebut bisa membawa banyak manfaat. Memberikan ketenangan dan menjadi tempat pelepas penat ialah dua dari banyaknya manfaat yang bisa dirasakan lewat hadirnya taman. Selain itu, taman yang ada di rumah juga cocok banget dijadikan sebagai tempat menikmati senja sambil menyeruput kopi atau teh.

Nah, untuk kamu yang ingin membangun taman dengan lahan yang kecil, berikut Popbela berikan 9 desain taman minimalis depan rumah yang bisa kamu jadikan inspirasi.

1. Taman sudut rumah

Greenhome.com

Taman yang satu ini bisa kamu bangun di area sudut pojok depan rumah. Dengan menggunakan pot berbahan semen dengan sentuhan unfinished ini, maka nantinya akan tercipta taman yang rapih dan bersih. Kamu juga bisa menutupi tanah di dalam pot dengan bebatuan putih untuk menambah nilai estetis taman.

2. Taman pot dengan bebatuan

Loveneliving.com

Desain taman yang satu ini cocok banget untuk kamu yang ingin menghadarikan kesan yang benar-benar alami. Penggunaan bebatuan untuk menutupi tanah dan penggunaan pot dengan warna yang senada dengan batu akan memberikan kesan yang natural pada tamanmu.

3. Taman vertikal dengan rak dan pigura

Casaindonesia.com

Taman jenis ini cocok banget untuk kamu yang mempunyai lahan super terbatas. Proses pembuatannya pun bervariasi. Salah satunya dengan menggunakan medium rak kotak yang disusun ke atas. Cara yang satu ini dinilai lebih mampu menampung banyak tanaman dan menimbulkan kesan rapi.

4. Taman minimalis

popbela.com/AyuUtami

Model taman minimalis depan rumah yang selanjutnya adalah minimalis. Bagi yang tinggal di kawasan cluster, biasanya memiliki lahan yang sangat minim, karena sudah terpakai untuk garasi. Jangan khawatir, ragam jenis tanaman bisa kamu jadikan hiasan tepat di depan rumah, dengan varian pot menawan dan kombinasi rak tanaman. Meskipun lebar lahan tidak sampai satu meter, tetap bisa terlihat cantik, bukan?

5. Taman dengan dominasi tanaman hijau

Thesweethouseofmadness.com

Bagi sebagian orang, desain taman ini mungkin terlihat. Namun, di lain sisi, desain taman ini benar-benar bisa menghilangkan stres lantaran nuansa hijau yang mendominasi bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi segar. Nggak hanya itu, desain taman yang ini pun membuat rumah jauh lebih bersih, indah dan asri tentunya.

6. Taman di sudut tangga

Pinterest.com

Taman yang satu ini sederhana banget pembuatannya. Kamu hanya cukup menggunakan pot dengan berbagai bentuk dan ukuran yang beragam. Untuk menciptakan kesan minimalis, kamu bisa mengunakan pot dengan bentuk dan warna yang seragam, ya!

7. Taman rambat

Pinterest.com/Dezeen

Selain membuat taman vertikal sebagai solusi terbatasnya lahan, kamu juga bisa membuat taman dengan tanaman rambat, lho. Nggak kalah indah dari tanaman lainnya, tanaman rambat juga mampu menghiasi halaman rumahmu dan tentunya juga mampu memberikan kesejukan seperti tirai.

8. Taman klasik

Pinterest.com

Taman yang satu ini cocok banget untuk kamu yang menyukai gaya klasik. Penggunaan pagar kayu sebagai alas dari pot semen pada taman mampu menghadirkan nuansa klasik yang memberikan kesan sejuk dan asri. Adanya bebatuan dengan beragam ukuran sebagai pelengkap pot berbahan dasar semen ini, juga semakin membuat taman terlihat indah untuk dipandang.

9. Taman vertikal dengan pot

Pinterest.com/Container Garden Planters Blog

Selain menggunakan kotak, pada umumnya taman vertikal banyak menggunakan medium pot gantung sebagai media bercocok tanamnya. Cara yang satu ini juga sangat direkomendasikan untuk kamu yang punya lahan sangat terbatas, atau mau belajar menanam dengan cara hidroponik, Bela. 

Itulah sembilan desain taman minimalis depan rumah yang bisa kamu jadikan inspirasi. Ada kreasi yang menarik perhatianmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration