Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bisa Kecanduan Nonton, Ini Rekomendasi 12 Anime Terseru Sepanjang Masa

Siap-siap nggak bisa berhenti nonton

Firly Fenti

Saat ini, anime menjadi salah satu hiburan yang paling banyak ditonton oleh masyarakat. Tayangan animasi produksi Jepang ini menjadi favorit lantaran menyajikan cerita-cerita yang seru di tiap genrenya. Cerita seru yang mampu membuka pikiran dan menambah wawasan tersebut terkadang membuat penontonnya seolah menjadi terbius tak bisa berhenti menonton.  

Kemudahan mengakses tontonan ini juga menjadi alasan tambahan mengapa saat ini semakin banyak pecinta anime. Untuk menikmati anime, Otaku, sebutan untuk penggemar anime, kini bisa mengaksesnya secara mudah lewat platform streaming film rekomendasi seperti Netflix, Crunchyroll, atau Funimation Now.  

Kalau kamu pecinta anime atau baru menggandrunginya, Popbela sudah siapkan judul-judul anime terbaik sepanjang masa yang tak boleh terlewatkan untuk ditonton. Berikut 12 rekomendasi anime terbaik sepanjang masa yang bikin kamu nggak bisa berhenti nonton. 

1. Boku no Hero Academia

Pinterest.com/Herroacademiaa0091

Anime terbaik bergenre action ini berkisah mengenai dunia yang diisi oleh orang-orang dengan kekuatan unik bak pahlawan. Namun, sayangnya, ada satu orang bernama Midoriya Izuku yang tidak memiliki kekuatan layaknya orang-orang di sekitarnya. Dengan sifatnya yang keras kepala, Izuku tetap bersikeras untuk mendaftarkan diri ke sekolah yang berisikan orang-orang dengan kemampuan khusus.

Nah, untuk tahu kelanjutan ceritanya, kamu tonton sendiri, Dijamin ceritanya enggak bikin nyesel karena anime terbaik ini bisa bikin kamu lebih semangat dalam menggapai cita-cita.  

2. Hunter X Hunter

Pinterest.com/Wattpad

Salah satu anime terbaik sepanjang masa yang tak boleh terlewatkan ialah Hunter x Hunter. Anime ini berkisah mengenai Gon dan Killua, yaitu dua anak laki-laki yang bercita-cita menjadi hunter terbaik. Mereka berdua berhasil mendapatkan lisensi hunter dan tetap mengasah kemampuannya agar cita-cita mereka bisa terwujud.

Dalam mengasah kemampuannya, mereka menggembara dan menghadapi rintangan serta bertemu dengan hunter-hunter kuat lainnya. Hunter-hunter tersebut ada yang membantu dan ada juga yang menghalangi perjalanan mereka. Di momen tersebut yang menjadi bagian terseru dari anime ini.

3. Naruto

Pinterest.com/Wattpad

Anime terbaik sepanjang masa yang satu ini pasti udah tak asing lagi, ya. Mau yang muda atau tua pasti suka dengan anime yang diproduksi mulai dari tahun 1999 sampai 2014 ini. Secara singkat, anime ini berkisah mengenai kehidupan para ninja yang bertarung dengan berbagai teknik Ninja menggunakan energi chakra.

Nggak cuma hiburan semata, anime yang selesai pada tahun 2017 ini banyak memberikan pelajaran hidup, lho. Mulai dari hubungan yang kuat antara teman dan keluarga sampai kepada pengkhianatan dan perpisahan juga tersaji di anime yang legendaris ini.

4. One Piece

Pinterest.com/Wattpad

Sama legendarisnya dengan Naruto, anime terbaik legendaris yang satu ini juga nggak boleh dilewatkan, nih. Anime ini dimulai dengan kisah petualangan karakter utama yang bernama Monkey D. Luffy dan krunya di dunia bajak laut. Mereka berlayar di laut mencari harta karun yang disebut "One Piece". Tenang saja, kamu nggak akan bosan dengan anime yang satu ini karena hingga saat ini, sudah ada 900 episode One Piece yang siap mengisi waktu kosongmu.

5. Shigatsu wa Kimi no Uso

Pinterest.com/Wattpad

Anime terbaik berikutnya bergenre romance ini berkisah mengenai pianis berbakat bernama Arima Kosei yang berniat untuk berhenti dari dunia musik setelah kematian ibunya. Namun, niat ini batal lantaran ia bertemu dengan wanita cantik yang memaksanya mengiringinya di atas panggung. Pertemuan itulah yang menjadi awalan bagi Kosei untuk kembali ke dunia musik dan kembali membaca buku partitur musik. 

6. Prison School

Pinterest.com/Bestbuy

Anime terbaik yang bergenre ecchi ini berkisah mengenai lima murid laki-laki yang diterima di sekolah perempuan. Kelima laki-laki tersebut mendapatkan perhatian lebih dari pihak sekolah lewat peraturan yang sangat ketat. Suatu waktu, mereka melakukan hal bodoh yang membuat kelimanya harus menjalani hukuman di penjara sekolah. Di penjara tersebut, mereka tak hanya dihukum melainkan juga mendapatkan siksaan.

7. Death Note

Pinterest.com/Pixiv

Sudah ditonton oleh ribuan penggemar anime terseru, drama yang memiliki alur rumit nan seru ini wajib banget kamu tonton. Serial anime ini berkisah mengenai manusia bernama Light Yagami yang berteman dengan dewa kematian. Dewa tersebut memberikan sebuah buku catatan istimewa kepada Yagami. Buku catatan tersebut istimewa lantaran Yagami mampu membunuh orang hanya dengan mencatat nama orang yang ingin dibunuh di buku tersebut.

Anime yang sudah dibuatkan versi live actionnya ini wajib banget kamu tonton karena alurnya yang sangat menarik dan mampu membangunkan rasa penasarannmu. 

8. Attack on Titan

wallpapercave.com

Attack on Titan masuk sebagai salah satu serial anime paling populer selama lebih dari satu dasawarsa ini. Merupakan adaptasi dari Manga karya Hajime Isayama di tahun 2009, Attack on Titan akhirnya ditayangkan sebagai anime pertama kali pada tahun 2013.

Bergenre dark-fantasy, anime ini telah menjadi sukses secara kritis dan komersial. Pada Desember 2019, manga ini memiliki lebih dari 100 juta salinan tankōbon yang dicetak di seluruh dunia, menjadikannya salah satu seri manga terlaris sepanjang masa. Bahkan, Attack on Titan juga telah memenangkan beberapa penghargaan, termasuk Kodansha Manga Award, the Attilio Micheluzzi Award, hingga Harvey Award.

9. Pokémon

laptrinhx.com

Anime yang bercerita mengenai kehidupan manusia yang hidup berdampingan dengan pokemon ini, sudah populer sejak akhir 90-an. Plot cerita berpusat pada seorang pemuda bernama Satoshi, yang berkelana ke seluruh penjuru dunia untuk menjadi Pokemon Master.

Sejak awal tahun 2000-an, anime ini sudah berkembang menjadi game, film televisi hingga film Detective Pikachu versi Hollywood, yang diadaptasi dari franchise Pokémon garapan Satoshi Tajiri dan berfungsi sebagai adaptasi longgar dari video game 2016 dengan nama sama.

10. Detective Conan/ Case Closed

idntimes.com

Seri manga detektif yang ditulis dan diilustrasikan oleh Aoyama Gosho ini telah diserialkan di Shogakukan's Weekly Shonen Sunday sejak Januari 1994. Namun, seri ini sempat kena masalah hukum dengan nama Detektif Conan, akhirnya untuk rilisan bahasa Inggris diganti namanya menjadi Case Closed. Tapi tetap saja, nama Detective Conan sudah terlalu mendunia. 

Adaptasi anime ini begitu populer sehingga berada di peringkat dua puluh teratas dalam jajak pendapat Animage antara tahun 1996 dan 2001. Dalam peringkat televisi anime Jepang, episode Case Closed berada di peringkat enam teratas setiap minggu. Baik manga dan anime mendapat respon positif dari kritikus untuk plot dan kasus mereka. Manganya telah terjual di 25 negara, sedangkan animenya telah ditayangkan di 40 negara.

11. Inuyasha

netflix.com

Serial ini berkisah tentang Kagome Higurashi, seorang gadis sekolah menengah berusia 15 tahun dari Tokyo modern, yang berpindah ke periode Sengoku setelah jatuh ke dalam sumur di kuil keluarganya. Di sini, ia bertemu dengan iblis setengah anjing dan setengah manusia, bernama Inuyasha.

Kesuksesan seri manga yang laris lebih dari 50 juta kopi hingga September 2020, disusul oleh rilisan anime di tahun 2000-an dan film animasinya. Membuat generasi 90-an pencinta anime, pasti tahu serial karya Rumiko Takahashi ini.

12. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba

netflix.com

Masuk dalam kategori anime baru, Demon Slayer karya Koyoharu Gotouge ini pertama kali ditayangkan pada tahun 2019 lalu. Demon Slayer diserialkan di majalah manga shnen Shueisha Weekly Shōnen Jump dari Februari 2016 hingga Mei 2020.

Dengan latar cerita terjadi di Jepang era Taish, berkisah tentang Tanjiro Kamado dan saudara perempuannya, Nezuko Kamado, yang mencari obat untuk kutukan iblis Nezuko. Hingga pada suatu saat, Tanjiro dan Nezuko terpaksa berurusan dengan kelompok rahasia yang bernama Demon Slayer Corps, yang telah menggencarkan perang rahasia melawan setan selama berabad-abad.

Pada Februari 2021, manga tersebut beredar dengan lebih dari 150 juta kopi, termasuk versi digital. Sehingga, menjadikannya termasuk seri manga terlaris sepanjang masa. Sementara itu, serial anime telah menerima pujian kritis dari kritikus untuk adegan urutan pertarungan.

Belum puas dengan 12 daftar anime terbaik sepanjang masa ini, apakah kamu ada rekomendasi tambahan, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration