Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Lirik Lagu "Ditto", Comeback NewJeans dengan Misteri Terselubung

Ini teori yang terselubung dari "Ditto"

Evelyn Anggraini

Mendekati penghujung akhir tahun, sepertinya NewJeans kembali dengan musiknya lagi. Sebagai bentuk antisipasi terhadap single album mendatang bertajuk OMG, grup beranggotakan lima personel ini telah merilis lagu "Ditto" pada 19 Desember kemarin, pukul 18.00 KST atau 16.00 WIB.

Hingga pada saat ini, video musik "Ditto" telah mencapai sekitar 4.1 juta viewers di kanal Youtube HYBE Labels dalam waktu 16 jam. Tak hanya itu saja, NewJeans juga memuncaki posisi pertama dalam tangga musik Korea, seperti MelOn, Genie, Bugs, dan FLO. Hal ini menjadikan mereka sebagai grup K-pop yang meraih Real-time All Kill pertama kalinya dengan "Ditto".

Comeback NewJeans kali ini terlihat cukup berbeda dengan yang sebelumnya, seperti "Attention" dan "Hype Boy". Para penggemarnya, Bunnies, dibuat terkesima dari visual video musik "Ditto" yang dikemas layaknya suasana anak sekolahan dengan sentuhan gaya klasik. Namun, tak sedikit juga beberapa di antaranya mulai memberikan teori interpretasi masing-masing terkait jalan cerita dari setiap adegannya.

Bagi kamu yang menyukai grup besutan label musik ADOR ini atau yang masih penasaran dengan single "Ditto" miliki NewJeans, kali ini Popbela menghadirkan lirik lagunya beserta sejumlah fakta menarik tentang comeback terbarunya ini. Apa saja, ya?

Hadir dengan dua versi, Side A dan Side B

twitter.com/keitadj3, UpdateKGirls

Comeback NewJeans kali ini cukup menarik lantaran "Ditto" hadir dalam dua versi yang berbeda, yakni Side A dan Side B. Keduanya menampilkan seluruh anggota NewJeans yang menikmati masa sekolahnya dengan ceria dan menghabiskan waktu bersama seorang gadis misterius yang kerap merekam kelima member. Hal inilah yang membuat video musik satu ini berfokus pada enam orang, namun pada akhir SIde A para anggota NewJeans menghilang.

JIka kamu lanjut menyaksikan versi Side B-nya, kamu akan melihat kembali NewJeans berkumpul bersama lagi. Terlebih dengan kemunculan sosok murid laki-laki yang menjadikan jalan cerita dari video musiknya terkesan menarik.

Ada 2 kameo yang membintangi video musik "Ditto"

twitter.com/picsofnewjeans

NewJeans tidak hanya memberikan musik terbaiknya di industri K-pop tapi juga menampilkan suguhan adegan drama dari dua aktor-aktris yang telah berkecimpung dalam dunia akting sebelumnya. Di "Ditto", kamu akan melihat bahwa perempuan misterius yang seringkali merekam aktivitas para anggota NewJeans adalah Park Jihu, berperan sebagai Onjo di serial All Of Us Are Dead. Uniknya, karakternya ini selalu memegang camcorder, seperti yang ia lakukan dalam proyek serial sebelumnya.

Lalu, ada juga Choi Hyunwook yang pernah bermain dalam drama Twenty Five, Twenty One. Dalam video musiknya, ia berperan sebagai murid laki-laki yang terus memperhatikan gadis misterius yang selalu merekam dalam kesendirian.

Makna lagu "Ditto"

twitter.com/syrenediary

Lagu ini menceritakan bagaimana seseorang yang memiliki dambaan hatinya di masa sekolah. Walaupun perasaannya terhadap orang yang ia idamkan begitu jelas, muncullah rasa ketidakpastian apakah orang tersebut menyukainya kembali ataupun tidak lantaran kedua belah pihak terus memberikan isyarat yang berbeda.

Berdasarkan jumpa pers oleh agensi girlgroup ini, ADOR, mereka mengungkapkan bahwa Minji ikut berpartisipasi dalam pembuatan lirik lagu "Ditto", bersamaan dengan penulis lagu lainnya, seperti the Black Skirts dan Oohyo. Kemasan visual video musik yang bergaya 90-an, diiringi dengan paduan hip-hop dan musik disko, akan ajak kamu seakan bernostalgia dan sedih di waktu yang sama.

Sedikit teori yang terselubung dari "Ditto"

twitter.com/vaultaegi

Single terbaru NewJeans berdasarkan video musiknya menceritakan sang gadis misterius bernama Heeseo memiliki teman khayalan yang selalu mengajaknya seru-seruan bersama layaknya sahabat. Namun, seorang murid laki-laki terus memperhatikan gadis misterius pembawa camcorder itu. Ia seakan dibuat bingung, mengapa perempuan tersebut selalu sendirian di lingkungan sekolah.

Ada kemungkinan bahwa video musik ini berfokus pada enam perempuan yang bersahabat, namun kelimanya (NewJeans) sepertinya mengalami suatu kejadian hingga Heeseo selamat dari itu. Terbukti dengan adanya perban di lengannya, bisa dikatakan Heeseo selama ini berhalusinasi bahwa kelima sahabatnya itu masih berada di dekatnya.

Pada video musik Side B, Heeseo tampaknya ingin move on dari semua halusinasinya itu dengan menjatuhkan camcorder-nya dari ketinggian. Perempuan itu hanya melihat dari kejauhan saja betapa kelima sahabatnya masih terus bersama. Hadirnya murid laki-laki itulah yang menjadi alasan Heeseo untuk melepaskan diri dari kejadian itu. Ia juga yang selalu memperhatikan keadaan gadis tersebut. Hingga pada akhirnya, Heeseo tumbuh lebih dewasa dan lebih menerima akan kematian dari kelima sahabatnya itu seraya ia memutar kembali video memori semasa sekolahnya itu. 

Apakah kamu setuju atau memiliki teori lain juga, Bela? Boleh tulis di kolom komentar, ya!

Lirik lagu "Ditto" - NewJeans

Ooh-ooh-ooh-ooh, ooh
Ooh-ooh-ooh-ooh

Stay in the middle
Like you a little, don't want no riddle
Malhaejwo say it back, oh, say it ditto
Achimeun neomu meoreo so say it ditto

Huljjeok keobeoryeosseo
Hamkkehan gieokcheoreom
Neol boneun nae maeumeun
Eoneusae yeoreum jina gaeul
Gidaryeotji all this time

Do you want somebody?
Like I want somebody?
Nal bogo useotjiman
Do you think about me now, yeah?
All the time, yeah, all the time

I got no timе to lose
Nae gireotdеon haru
Nan bogo sipeo
Ra-ta-ta-ta ullin simjang (Ra-ta-ta-ta)

I got nothing to lose
Neol joahandago, ooh-woah
Ooh-woah, ooh-woah
Ra-ta-ta-ta ullin simjang (Ra-ta-ta-ta)

But I don't want to stay in the middle
Like you a little, don't want no riddle
Malhaejwo say it back, oh, say it ditto
Achimeun neomu meoreo so say it ditto

I don't want to walk in this miro
Da aneun geon anieodo baradeon daero
Malhaejwo say it back, oh, say it ditto
I want you so, want you, so say it ditto

Not just anybody
Neoreul sangsanghaetji
Hangsang daaitdeon
Cheoeum neukkim geudaero nan
Gidaryeotji all this time

I got nothing to lose
Neol joahandago, ooh-woah
Ooh-woah, ooh-woah
Ra-ta-ta-ta ullin simjang (Ra-ta-ta-ta)

But I don't want to stay in the middle
Like you a little, don't want no riddle
Malhaejwo say it back, oh, say it ditto
Achimeun neomu meoreo so say it ditto

I don't want to walk in this miro
Da aneun geon anieodo baradeon daero
Malhaejwo say it back, oh, say it ditto
I want you so, want you, so say it ditto

Ooh-ooh-ooh-ooh, ooh
Ooh-ooh-ooh-ooh

Itulah lirik lagu "Ditto" dari NewJeans. Lagu satu ini cocok buat mengawali aktivitas keseharianmu maupun ketika menyanyikannya bersama teman-temanmu. Apakah "Ditto" bakal masuk ke dalam playlist favoritmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration