Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Inspirasi Dekorasi Rumah Minimalis, Nggak Bikin Kantong Menipis!

Buat interior ruangan jadi lebih estetik

Evelyn Anggraini

Bela, apakah kamu tengah berencana merenovasi rumahmu? Tetapi, kamu masih mempertimbangkan soal pengeluarannya? Tak perlu khawatir, saat ini renovasi bisa kamu lakukan dengan budget terjangkau! Kamu bahkan bisa memaksimalkan interior ruangan agar terlihat menarik, namun tetap nyaman. Tidak hanya anggota keluarga saja, tapi orang yang bertamu pun bakal dibuat kagum dengan keindahan rumahmu.

Belum lama ini beredar unggahan video TikTok yang viral dari akun @dianayuoooo, yang memperlihatkan bagian belakang dapur rumah subsidi. Sebelumnya tampak masih ada tanah dan rumput yang tumbuh, begitupun tidak adanya atap yang melindugi. Namun, ia merombak dapurnya dengan semi outdoor supaya terlihat terang di siang hari.

tiktok.com/dianayuoooo, wolipop.detik.com

Penggunaan warna putih buat kesan minimalis modern dan variasi mini bar menambah keindahan dari dapur kecil milik Dian ini. Selain berfungsi sebagai dapur, terdapat area yang dapat digunakan sebagai tempat menjemur pakaian dan menaruh mesin cuci. Multifungsi banget!

Tentunya, pengguna TikTok merasa terinspirasi dengan dekorasi dapur kecil itu. Diketahui, pengeluaran keseluruhan mencapai Rp45 juta dengan proses pengerjaan selama 1,5 bulan. Apakah kamu tertarik mengikuti inspirasi dari Dian ini, Bela?

Berkaitan dengan dekorasi rumah, kali ini Popbela ingin membagikan inspirasi untuk kamu yang tengah mencari ide untuk merombak interior tiap ruangan. Untuk itu, simak deretan informasinya di bawah ini dalam 9 inspirasi dekorasi rumah minimalis, yuk!

1. Furnitur dengan warna senada

Paula Herrero | Arquitectura, homify.co.id

Di urutan pertama, dimulai dari yang sederhana dulu, ya. Di sini terlihat ruang makan dan ruang keluarga saling berhadapan. Nah, kamu bisa menyiasatinya dengan penggunaan furnitur berwarna senada. Kamu juga bisa menambahkan kesan hangatnya dengan lampu gantung di atas meja makan, lho!

2. Pemasangan cermin di tengah ruangan

mydomaine.com, hipwee.com

Mau ruang tamu terlihat cantik? Coba kamu pasangkan cermin di tengah ruangan, tentunya bakal semakin menambah gaya kekiniannya. Namun, kamu perlu mempertimbangkan dari segi ukuran, warna bingkai, hingga bentuk cerminnya. Pemasangan cermin ini juga bisa menambahkan kesan ruangan yang luas.

"Bagaimana kalau dipasangkan lukisan?"

Boleh banget, Bela! Kamu bisa melakukannya jika berniat mendekorasi ruanganmu agar terlihat minimalis dan mewah.

3. Konsep dapur multifungsi

Duplex Interiores, homify.co.id

Jika area dapurmu tidak begitu luas, solusinya adalah dengan menggunakan furnitur yang praktis. Selain hemat ruangan, kamu tidak akan merogoh kocek apapun untuk barang yang tidak kamu perlukan. Dominan warna putih dan sentuhan warna yang menggemaskan membuat dapur ini terlihat dari rumah boneka! Tidak lupa juga lampu gantung hias di atas meja makan dengan bentuk menarik.

4. Gorden dengan warna dan tinggi tertentu

rumahpedia.info

Gorden berwarna cerah untuk kamar tidur tentunya sangat bagus karena cahaya matahari dapati masuk ke ruangan. Namun, kamu juga perlu memasangkannya setinggi mungkin agar konsep minimalisnya tidak hilang. Meskipun jendela kamu kecil, kamu bisa membuatnya terlihat megah dengan memasangkan posisi tiang gordennya lebih tinggi.

5. Gunakan rak pajangan terbuka

rumahpedia.info

Punya koleksi khusus, tetapi bingung taruh di mana? Kamu bisa gunakan rak pajangan terbuka sebagai tempat penyimpanannya. Sebaiknya, pilihlah rak yang tinggi ramping dan transparan seperti foto di atas agar tetap memberikan kesan yang lapang dan lebih efisien. Selain itu, pajangan koleksimu dapat terpampang dengan indah dan rapi pastinya.

6. Dinding berbentuk garis horizontal

rumah.com

Motif garis horizontal ini membuat suatu ruangan terlihat tinggi dan luas. Tampilannya akan semakin menarik jika kamu menggunakan warna netral, seperti putih, hitam, atau yang lainnya sesuai keunikanmu tersendiri. Tentunya, hal ini didukung dengan warna furnitur yang ada di ruangan tersebut, ya, supaya tidak menghilangkan kesan minimalisnya.

7. Tanaman hias indoor

dekorumah.net

Supaya ada unsur alamnya, alangkah baiknya jika kamu menaruh beberapa tanaman hias indoor di setiap sudut ruangan. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa mendekorasi meja dengan tanaman kecil sebagai aksen pemanisnya. Meskipun hanya sedikit, hal ini justru membuat kamu nyaman berada di ruangan tersebut. Terasa lebih segar, kan?

8. Penggunaan lampu dekoratif

rumahpedia.info

Salah satu elemen dekorasi penting ini bisa menghiasi rumahmu yang berkonsep minimalis, nih! Oleh karena itu, lebih baik kamu memilih lampu dengan bentuk yang unik agar ruanganmu terlihat lebih menarik. Pastikan kamu memasangnya di posisi yang tepat agar dapat menerangi sudut ruangan.

9. Dekorasi kursi ottoman

rumahpedia.info

Kursi ottoman hadir dalam beragam bentuk sehingga bisa kamu pindahkan ke mana saja. Kamu bisa memanfaatkan furnitur ini sebagai sandaran kaki, menaruh barang, bahkan bisa menjadi tempat duduk, lho! Cocok, nih, buat penambah dekorasi ruangan santaimu.

Itulah deretan 9 inspirasi dekorasi rumah minimalis dengan harga terjangkau dari Popbela. Tidak masalah jika kamu memiliki rumah kecil, tetapi kamu memodifikasi desain interiornya sesuai kebutuhanmu. Dari informasi di atas, mana yang menarik perhatianmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration