Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Fakta "Sewu Dino", Tayangkan Post Credit di "KKN di Desa Penari"

Tak kalah seramnya dengan film horor populer sebelumnya

Evelyn Anggraini

Setelah sukses dengan karya sebelumnya, yakni KKN di Desa Penari, MD Picture kembali menggaungkan film horornya lagi yang bertajuk Sewu Dino. Film ini mengambil kisah berdasarkan thread Twitter dari Simple Man. Bersamaan dengan penayangan KKN di Desa Penari: Luweh Dowo, Luweh Medeni pada 29 Desember 2022, MD Pictures selaku rumah produksinya akan menyuguhkan kejutan dengan menunjukkan potongan film Sewu Dino sebagai post credit scene-nya.

Sebelum menonton filmnya yang akan tayang di 2023 mendatang, Popbela rangkumkan sederet 9 fakta film Sewu Dino pada artikel berikut ini.

1. Adaptasi karya Simple Man yang mengangkat isu santet

instagram.com/sewudinomovie

Manoj Punjabi selaku produser dari Sewu Dino mengatakan bahwa film ini merupakan adaptasi dari karya tulis milik penulis KKN di Desa Penari, Simple Man. Namun, cerita kali ini bermula ketika adanya perselisihan keluarga yang ternyata tengah menggunakan santet kuno. Dikatakan bahwa cerita ini berasal dari kisah nyata, yakni saat seorang pembantu rumah tangga diselimuti oleh hal mistis dari persantetan itu.

Simple Man sebagai penulis ceritanya sempat bertemu dengan tiga narasumber, di antaranya seorang tukang pijat bernama Sri di dalam filmnya, sedangkan dua orang lainnya yang mengetahui problematika antar keluarga tempat Sri bekerja. Di satu sisi, Sewu Dino bukan film horor biasa yang menampakkan hantu seram, namun lebih berfokus terhadap bahaya dan ancaman dari isu santet itu.

2. Kimo Stamboel sebagai sutradara dalam film Sewu Dino

instagram.com/sewudinomovie

Film ini disutradarai oleh Kimo Stamboel dan diproduseri oleh Manoj Punjabi. Kimo terkenal dengan ciri khas adegan-adegan seram hingga berdarah-darah, seperti karya-karya sebelumnya dari Ivanna (2022) dan Ratu Ilmu Hitam (2019). Uniknya, hal ini juga mendukung pernyataan dari Simple Man bahwa film Sewu Dino akan jauh lebih seram dan mengerikan.

3. Terdapat aktor dan aktris ternama yang membintangi film ini

instagram.com/sewudinomovie

Sejumlah artis papan atas yang turut membintangi film ini, seperti Mikha Tambayong, Rio Dewanto, Marthino Lio, Karina Suwandi, Pritt Timothy, Givina Lukita, Agla Artalidia, dan Gisellma Firmansyah.

4. Tayang eksklusif sebagai post credit scene

instagram.com/sewudinomovie

Potongan film Sewu Dino akan muncul sebagai post credit scene dari KKN di Desa Penari: Luwih Dowo, Luwih Medeni. Manoj Punjabi ingin membuat sesuatu yang berbeda saat versi panjang dari film KKN di Desa Penari tersebut tayang. Ia mengatakan kalau penayangan adegan Sewu Dino terbilang sangat eksklusif.

5. Pelaksanaan syuting hanya dua hari

instagram.com/sewudinomovie

Mengutip dari IDN Times, Manoj Punjabi mengatakan bahwa syuting adegan Sewu Dino yang tayang pada 29 Desember ini berlangsung selama dua hari. Proses yang sangat singkat lantaran mereka ingin mengejar target agar dapat tayang bersamaan dengan KKN di Desa Penari: Luwih Dowo, Luwih Medeni. 

“Kami lokasi syutingnya di Jogja sekitar. Set ini juga kami bangun khusus. Set ini dua hari syuting budgetnya sama dengan bikin film horor low budget. Lokasinya kosong, hanya punya atap. Kita dandanin jadi rumah,” kata Manoj.

6. Durasi post credit filmnya sepanjang 12 menit

instagram.com/sewudinomovie

Manoj Punjabi membeberkan bahwa awalnya durasi potongan film Sewu Dino ini tidak mencapai 12 menit. Namun, akhirnya durasi diperpanjang karena hasilnya yang dianggap sangat memuaskan.

"Tadinya target kita enam menit. Tapi saking bagusnya akhirnya kita bikin 12 menit," ujarnya. 

7. Film horor pertama bagi Rio Dewanto

instagram.com/sewudinomovie

Rio Dewanto, selaku salah satu pemain film Sewu Dino, menjadikan proyek ini sebagai debut horornya. Aktor sekaligus suami dari Atiqah Hasiholan itu seringkali dijumpai di beberapa film bergenre drama, romantis, hingga keluarga. Pada kali ini, ia merasa tertantang untuk mencoba pengalaman barunya di dunia akting.

Lebih lama terjun di film yang bernuansa ceria, Rio mengaku senang dengan proyek ini, mulai dari proses reading hingga berlangsungnya syuting. Ia jadi lebih tertarik dan penasaran terhadap adegan-adegan film horor yang identik dilakukan di malam hari.

8. Mikha Tambayong sampai belajar berbahasa Jawa hingga melakukan adegan action

instagram.com/sewudinomovie

Mikha Tambayong juga mengungkapkan pengalamannya saat syuting film Sewu Dino. Sebagai tokoh utama, ia harus mempelajari bahasa Jawa Timuran. Supaya terlihat natural dan profesional, ia sampai melakukan riset khusus hingga melatih bahasa Jawa-nya selama berminggu-minggu.

Tak hanya itu saja, Mikha akan melakukan adegan aksi di dalam film Sewu Dino. Hal itu sesuai permintaan dari sang sutradara dan menjadi tantangan bagi sang aktris.

9. Cerita Sewu Dino telah lebih dulu dibuat versi novelnya

Situs hot.detik.com

Sebagai informasi tambahan bahwa cerita Sewu Dino yang berawal dari thread Twitter-nya Simple Man telah lebih dulu dibuat versi novelnya. Novel Sewu Dino merupakan awal seri dari novel saga Trah Pitoe atau legenda 7 keluarga yang memperebutkan puncak kekayaan dan kehormatan. Sewu Dino juga memiliki sekuel yang berjudul Janur Ireng, yang latar waktu kisahnya mundur dari cerita dalam novel itu.

Sewu Dino mengisahkan tentang kiriman santet seribu hari untuk menghabiskan nyawa manusia. Ada seorang gadis desa bernama Sri yang bekerja sebagai perawat di keluarga Atmojo. Ia pun harus mengurus Della, gadis SMA yang menjadi korban santet sewu dino.

Itulah sederet 9 fakta film Sewu Dino yang tayang eksklusif sebagai post credit scene dari KKN di Desa Penari: Luwih Dowo, Luwih Medeni pada 29 Desember 2022. Dengan mengangkat isu santet, apakah kamu siap mengantisipasi film Sewu Dino di 2023 mendatang, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration