Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Fakta Serial "The Last of Us", Ada yang Sebut Jakarta dan Indonesia!

Diadaptasi dari game populer, The Last of Us

Evelyn Anggraini

Berbicara soal bertahan hidup dengan wabah zombi, mungkin kamu lebih familiar dengan film ternama, seperti Resident Evil, yang diperankan oleh Milla Jovovich. Namun yang satu ini sebagai serial paling dinanti tahun ini, HBO bersama Sony Pictures Television, PlayStation Productions, Naughty Dog, The Mighty Mint, dan Word Games menggarap proyek bertajuk The Last of Us.

Mengadaptasi dari permainan aksi-petualangan yang rilis pada 2013 lalu, Pedro Pascal (Joel) dan Bella Ramsey (Ellie) bakal menjadi pemeran utama dalam serial ini. Jeffrey Pierce—pengisi suara Tommy (saudara Joel) dalam versi game, juga turut serta dalam serial ini sebagai Perry. Selain itu, Rutina Wesley dan Brad Leland akan hadir, walaupun belum ada konfirmasi terkait peran keduanya.

cnet.com

The Last of Us menceritakan sebuah kondisi 20 tahun setelah kehancuran dunia akibat wabah infeksi jamur Cordyceps brain (CBI) yang membuat manusia berubah seperti zombi. Kalau kamu pencinta film zombie survival, berikut Popbela berikan 9 fakta serial The Last of Us yang bisa kamu saksikan di HBO dan HBO GO awal 2023 ini.

1. Jadi serial HBO pertama yang mengadaptasi dari game

instagram.com/thelastofus

The Last of Us merupakan serial televisi yang digarap oleh Craig Mazin dan Neil Druckmann untuk HBO. Serial tersebut mengadaptasi seri video game dengan judul sama oleh Naughty Dog sebagai developer-nya. Serial ini akan mengikuti Joel (Pedro Pascal), seorang penyelundup yang bertugas mengawal Ellie (Bella Ramsey), seorang gadis remaja, untuk melintasi Amerika Serikat pasca-apokaliptik.

Serial ini juga menjadi kali pertama yang turut diproduksi oleh PlayStation Productions—studio produksi berbasis Amerika milik Sony Interactive Entertainment.

2. Gustavo Santaolalla, sang komposer game tersebut, juga menjadi bagian dari proyek serial ini

instagram.com/gustavosantaolalla

Musik latar tentu memiliki peran penting dalam menciptakan suasana jalan cerita. Pada episode pertama serial ini menggunakan musik dari Gustavo Santaolalla, yang juga menciptakan trek instrumental untuk The Last of Us Part I dan The Last of Us Part II.

Ciri khas musik garapan Santaolalla adalah penambahan kesan kerinduan, namun kesedihan turut mengiringinya. Namun, ada juga trek bergenre pop dan rock yang mengisyaratkan era dunia sebelumnya.

3. Lokasi syuting The Last of Us berada di beberapa situs bersejarah Alberta, Kanada

instagram.com/iamgabrielluna, idntimes.com

Proses syuting serial ini berlangsung dari Oktober 2021 dan berakhir pada Juni 2022. Menurut laporan CTV News, proyek The Last of Us menjadi produksi televisi dengan anggaran terbesar hingga mencapai US$100 juta. Serial ini tentunya akan menampilkan kota-kota hancur, gunung bersalju, jalan raya penuh dengan mobil terbengkalai, hingga suasana Kanada yang menjadi set tempat sempurna.

Komisaris Film Alberta, Mark Ham mengungkapkan, "Kami sangat bangga mengetahui keseluruhan Alberta akan dipamerkan (dalam The Last of Us). Ini bukan hanya lokasi biasa saja yang akan muncul."

4. Ada pengisi suara dari original game dan tiga karakter baru

instagram.com/ashleythejohnson, dok.HBO/The Last of Us, idntimes.com

Di serial The Last of Us ini, pengisi suara Ellie (Ashley Johnson) dan Joel (Troy Baker) dalam permainan The Last of Us juga akan membintangi acara dengan sembilan episode ini. Selain itu, terdapat tiga karakter baru, di antaranya Kathleen (Melanie Lynskey), Marlon (Graham Greene), dan Florence (Elaine Miles).

5. Keterlibatan Christine Hakim di The Last of Us

twitter.com/NaughtyDogInfo

Di episode 2 serial The Last of Us, Christine Hakim muncul sebagai seorang peneliti asal Indonesia. Perlu dua tahun Christine merahasiakan serangkaian proses proyek tersebut sejak 2021. Hal tersebut diungkapkan oleh manajer Christine, Arya Ibrahim, melalui unggahan Instagram.

Selain Christine Hakim, aktor senior Yayu Unru juga terlibat di serial ini, lho!

6. Mengenai jamur Cordyceps

gamerant.com

Jamur yang dipegang oleh ilmuwan tersebut diperkirakan sebagai virus bernama Cordyceps atau sering disebut juga sebagai Cordyceps Brain Infection (CBI). Ada spekulasi muncul kalau virus otak Cordyceps mungkin berasal dari Indonesia.

Dalam game-nya sendiri, The Last of Us adalah sebuah game petualangan dan pertahanan yang menceritakan tentang infeksi dari jamur Cordyceps. Jamur tersebut telah menginfeksi otak manusia hingga membuatnya menjadi monster yang siap membunuh siapapun yang ia temui.

youtube.com/@Video-Game-Adaptations

Selain itu, sekitar seminggu sebelum trailer rilis, sebuah komentar dalam video dari @Video-Game-Adaptations, mengungkapkan hal yang mengejutkan. 

"Set yang saya ikuti mungkin sekitar tahun 80-an-90-an, di Jakarta, Indonesia. Saya agak bingung juga, saya mengikuti keseluruhan gamenya, tapi saya kira semacam flashback atau semacamnya. Ada seorang Jenderal Indonesia dikawal oleh 2 orang polisi dan 2 tentara," tulis netizen akun @yanks_18.

"Ia pergi ke restoran lokal untuk mencari ilmuwan seorang perempuan muda dan membicarakan sesuatu. Saya adalah salah satu petugas polisi dan mereka menempatkan saya di luar, jadi saya tidak benar-benar mendengar apa yang mereka katakan," sambungnya.

7. Jakarta dan Indonesia disebut para aktor dalam salah satu adegan awal serial

www.cnet.com

Dalam salah satu adegan dari The Last of Us, Joel dan anaknya, Sarah (Nico Parker) bersama Tommy (Gabriel Luna) mendengarkan siaran berita di radio sembari sarapan. Penyiar berita itupun menyebutkan kerusuhan masih terjadi di Jakarta. Joel pun bertanya di mana Jakarta, ia mengira letaknya di Timur Tengah.

Tommy mengatakan, Jakarta ada di Asia. Mendengar pembicaraan keduanya, Sarah mengoreksi Joel dan Tommy dengan menjawab, "Jakarta bukan negara."

"Menjadi bagian dari Asia tidak sama eksklusifnya dengan menjadi sebuah negara. Faktanya, Jakarta itu adalah Ibu Kota Indonesia," tambah Sarah.

8. Sosok Craig Mazin dan Neil Druckmann

instagram.com/thelastofus, idntimes.com

Serial The Last of Us ditulis oleh Craig Mazin (Chernobyl) bekerja sama dengan Neil Druckmann—sosok di balik permainan The Last of Us. Mereka bersama HBO menggaet produser Carolyn Strauss (Game of Thrones), aktor Gabriel Luna (True Detective), dan Evan Wells sebagai developer game untuk membuat cerita serial ini sempurna. 

9. Jadwal tayang

instagram.com/thelastofus

Bagi kamu yang ingin menonton aksi Joel dan Ellie, serial ini tengah tayang tiap minggunya dengan episode pertama rilis pada 15 Januari 2023. Kamu bisa menyaksikannya di platform streaming film, seperti HBO dan HBO MAX. The Last of Us akan memiliki sembilan episode, untuk episode pertamanya bertajuk "When You're Lost in the Darkness".

Itulah 9 fakta dari serial "The Last of Us", sebuah drama post-apocalyptic yang mengisahkan bagaimana sang pemeran utama bertahan hidup di situasi 20 tahun setelah kehancuran dunia akibat wabah infeksi jamur Cordyceps brain (CBI) yang membuat manusia berubah seperti zombi.

Tertarik untuk menontonnya, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration