Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Menu Sahur Praktis dan Mengenyangkan untuk Anak Kostan

Nggak cuma mie, telur, campur nasi, kok

Dina Lathifa

Saat tinggal bersama keluarga, menjalani puasa terasa lebih mudah, terutama saat menjalani sahur. Namun ketika harus tinggal di kostan, merantau demi kuliah atau kerja, sahur menjadi salah satu aktivitas yang paling merepotkan karena kamu harus memasak sendiri. Membeli makanan dari luar bisa menjadi pilihan, namun itu akan menjadi sangat boros. Betul?

Sebagian anak kostan jadi melewatkan sahur karena malas masak, terutama makanan dengan gizi seimbang. Tapi, jangan sampai kamu puasa dengan perut kosong, Bela! Ada beberapa menu makan sahur praktis yang bisa kamu buat saat harus menjalani puasa di kostan.

Menu Makan Sahur Praktis 

1. Nasi goreng sosis telur

Menu Makan Saur Praktis - Nasi goreng sosis telurfoodtolove.co.nz

Karena karbohidrat menjadi sumber energi tubuh, maka jangan lupa untuk makan nasi saat sahur! Kalau nggak ada lauk, kamu bisa membuat nasi goreng sosis. Caranya cukup mudah karena hanya membutuhkan sedikit minyak goreng, bawang putih yang sudah dihaluskan, garam dan gula, nasi seporsi, sosis dan telur sebagai lauk tambahan dalam menu ini. Kalau nggak ada bumbu dapur? Tenang, ada bumbu nasi goreng instan sebagai alternatifnya. Sahurmu jadi lebih lezat, deh.

2. Sarden kalengan

Menu Makan Saur Praktis - Sarden kalenganhellosehat.com

Jika ada nasi putih, namun nggak ada lauk, kamu bisa membeli lauk dalam kaleng seperti sarden. Sudah lengkap dengan bumbu, kamu cukup memanaskannya sebelum menyantapnya. Karena satu kaleng berisikan beberapa potong, kamu bisa berbagi menu ini dengan teman kostan!

3. Martabak mie

Menu Makan Saur Praktis - martabak mietehnoblogija.com

Menu makan sahur yang selanjutnya adalah martabak mie. Mie instan seringkali dianggap sebagai menu sahur yang kurang sehat. Tapi ini menjadi alternatif di kala nggak ada nasi maupun sayur dan lauk di kamar kostan. Namun sebagai variasi, kamu bisa membuat martabak mie, atau dengan nama lain pizza mie. Bahan yang kamu butuhkan cukup mie instan dan telur. Jika ada daun bawang, cabai, atau satu-dua buah sosis, kamu bisa menambahkannya dalam adonan mie, kok! Dengan begini, sahurmu terasa jauh lebih kenyang dan lebih sehat.

4. Tumis kangkung

Menu Makan Saur Praktis - Tumis kangkungfood.detik.com

Nggak bisa makan tanpa sayuran, Bela? Kalau begitu, tumis kangkung bisa menjadi salah satu sajian sahurmu. Bahan yang perlu kamu siapkan adalah satu ikat kangkung, bawang putih, bawang merah, garam dan gula, saus tiram, dan beberapa irisan cabai. Santap dengan nasi putih hangat, sahurmu terasa lebih sehat dan bergizi.

5. Spaghetti bolognaise

Menu Makan Saur Praktis - spaghetti bolognaisePillsbury.com
 

Mau menu yang lebih istimewa? Kamu bisa menyantap spagheti bolognaise sebagai sahurmu, lho! Kini tersedia spagheti yang dijual lengkap dengan sausnya, dan cara memasaknya sama dengan mie instan. Jadi lebih praktis, nggak nunggu lama, dan porsinya pas untuk sahurmu.

6. Roti panggang

Menu Makan Saur Praktis - Roti panggang

Ada roti tawar di kamar kostan-mu, Bela? Daripada menyantapnya seperti itu saja, kamu bisa memanggangnya di atas teflon agar menjadi seporsi roti panggang yang lezat! Kamu bisa menambahkan meses coklat atau selai strawberry untuk santapan yang manis, atau membuat sandwich dengan isian telur dan irisan daging untuk menu sahur yang mengenyangkan.

7. Sayur sop

Menu Makan Saur Praktis - sayur sopresepdanmasakan.com

Rasanya agak 'kering' jika nggak ada sayur kuah, ya? Kamu bisa memasak sayur sop sebagai pelengkap menu sahur. Mudah, kok! Bumbu kaldunya bisa membuat sendiri, atau tinggal menggunakan bumbu instan. Ingin cream soup? Juga sudah tersedia dalam kemasan praktis yang siap dimasak. Jadi, nggak akan repot, deh.

Sahur di kostan nggak selalu merana, dan nggak selalu merepotkan, kok. Ada banyak menu makan sahur praktis untuk anak kostan yang bisa kamu coba. Selamat berpuasa, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration