Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

15 Contoh Terjadinya Fenomena Mandela Effect, Mana yang Benar?

Mana yang benar, KitKat atau Kit-Kat?

Dina Lathifa

Coba tebak mana yang benar, KitKat atau Kit-Kat? Pasti jawabannya berbeda, ya? Kesalahan kecil seperti ternyata sebuah fenomena yang dinamakan Mandela Effect, yaitu fenomena yang membuat kita mempertanyakan kenangan, bahkan yang paling biasa dari masa lalu. Sederhananya, mengingat sesuatu yang nggak sesuai dengan rekam sejarah yang sebenarnya.

Melansir dari GoodHousekeeping.com, Mandela Effect ini diambil dari nama mendiang Nelson Mandela. Beliau wafat pada tahun 2013. Namun ternyata, banyak orang meyakini Mandela meninggal di penjara pada tahun 1980-an. Nah, kejadian ini bukan salah satunya contoh dari Mandela Effect. Mau coba mengingat kembali, Bela? Pilih jawaban yang tepat dari gambar-gambar berikut, ya.

1. "Looney Tunes" atau "Looney Toons"?

Goodhousekeeping.com

Penggemar kartun di tahun 90-an pasti nggak asing dengan kartun “Looney Toons”, ya? Eh, tapi apa selama ini kamu mengingat nama yang benar? Nama kartun keluaran Warner Bros adalah “Looney Tunes”.

2. George memiliki ekor atau nggak?

Goodhousekeeping.com

Kera sudah pasti memiliki ekor pada bagian belakangnya. Namun ternyata, George si kera yang pintar nggak memiliki ekor.

3. "Sex in the City" atau "Sex and the City"?

Goodhousekeeping.com

Siapa yang menonton serial "Sex and The City"? Jangan salah menyebut, ya. Sebab sebagian orang mengingat acara ini dengan nama "Sex in the City".

4. 'Sketchers' atau 'Skechers'?

Goodhousekeeping.com

Banyak yang mengira jika merek sepatu ternama ini memiliki huruf 'T' di tengahnya. Padahal, nama sebenarnya adalah 'Skechers'.

5. 'Fruit Loops' atau 'Froot Loops'?

Goodhousekeeping.com

Sereal rasa buah-buahan dari Kellogs ini memang memiliki ejaan yang kurang tepat dari awal. Jadi bukan 'Fruit Loops', melainkan memang 'Froot Loops'.

6. Ekor Pikachu, mana yang benar?

Goodhousekeeping.com

Kamu suka nonton “Pikachu”, Bela? Coba ingat lagi, ekor pokemon ini berwarna kuning-hitam atau kuning saja?

7. Kit-Kat atau KitKat?

Goodhousekeeping.com

Siapa yang nggak suka cemilan wafer coklat ini? Tapi, jangan lupa kalau nama yang benar adalah tanpa tanda baca '-'.

8. Senyum Monalisa

Goodhoueskeeping.com

Ada banyak teori soal lukisan Monalisa, terutama senyumnya. Namun, banyak yang meyakini jika lukisan perempuan ini memiliki garis senyum yang lebih terlihat.

9. Kaki C-3PO, emas atau nggak?

Goodhousekeeping.com

Bahkan, penggemar Star Wars suka salah mengira kalau robot C-3PO semuanya emas. Salah satu kakinya ternyata berkaki perak.

10. "The Flinstones" atau "The Flintstones"?

Goodhousekeeping.com

Selama ini, nama “The Flinstones” yang benar adalah “The Flintstone”. Siapa yang mengingat nama yang benar?

11. "Mirror, Mirror on the Wall"

Pinterest.com/snowsowhite.deviantart.com

Jika menonton film Disney klasik "Snow White and The Seven Dwarfs", kamu yakin mendengar kalau Sang Putri mengatakan mantra "Mirror, Mirror on the Wall" pada cermin ajaib. Padahal, Sang Putri nggak pernah mengatakan mantra tersebut, melainkan Sang Ratu. Juga, mantra yang benar adalah "Magic Mirror on the Wall".

12. "Luke, I am Your Father."

Pinterest.com/Men's Health

Sebagai penggemar Star Wars, kalimat ini merupakan salah satu yang terkenal. Namun sebenarnya, kalimat yang diucapkan oleh Darth Vader ini berbunyi, "I am Your Father".

13. "... of the World!"

Instagram.com/freddiemercury_forever46

Faktanya, Freddie Mercury nggak pernah menyanyikan kalimat, "...of the world!" setelah kalimat, "We are the Champions...." Jadi, kalimat itu hanya berhenti sampai di situ.

14. Sinbad nggak pernah memainkan karakter 'Genie'

Instagram.com/Sinbadbad

Beberapa orang merasa melihat pelawak dalam film ‘Shazaam’. Mereka berdebat kebingungan karena ingatan ini tertukar dengan film 'Kazaam' yang dibintangi oleh Shaquille O'Neal sebagai Genie. Tapi, siapa yang tahu?

15. Oscar pertama Leonardo DiCaprio

Instagram.com/Cineulagamweb

Tahu 'kan kalau aktor Leonardo DiCaprio memenangkan piala Oscar pertamanya sebagai Best Actor tahun 2016 lalu? Namun, banyak yang merasa mengingat kalau dirinya sudah memenangkan piala Oscar lebih banyak.

Itu sebagian contoh fenomena Mandela Effect yang terjadi di antara kita. Apakah kamu menjawab semua pertanyaan di atas dengan benar atau justru sebaliknya? Yuk, cari tahu lagi fenomena Mandela Effect di sekitarmu dan cari tahu fakta sebenarnya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration