Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

12 Cara Menenangkan Stres dan Cemas Berdasarkan Kata Zodiak

Kalau Aries, harus berolahraga, ya!

Dina Lathifa

Stres dan rasa cemas adalah dua bagian dalam hidup yang nggak dapat kita hindari. Tekanan dalam pekerjaan, perbedaan pendapat dalam hubungan, kesibukan dalam menjalani kehidupan sosial, dan hal-hal lainnya dapat menjadi pemicu stres dan rasa cemas dalam diri. Jika dibiarkan, keduanya akan berdampak buruk pada kesehatan mental, yang kemudian dapat memengaruhi kesehatan fisikmu.

Ada berbagai cara untuk mengatasi rasa stres dan cemas, namun mana yang terbaik untukmu? Ketika bingung, selalu coba dengarkan kata zodiakmu, Bela. Sebab, bintang yang menaungimu mengetahui hal terdalam tentang dirimu. Melansir dari Bustle, ini cara meredakan stres dan rasa cemas berdasarkan kata zodiak.

1. Aries: Berdiri, merenggangkan badan, atau bergerak

Pexels.com/Bruce Mars

Menurut ahli astrologi, zodiak Aries cenderung melangkah maju hingga mencapai titik lelahnya. Jadi, menjadwalkan waktu pergi ke pusat kebugaran untuk latihan angkat beban atau latihan kardio, akan membantunya merasa lebih kuat dengan tubuhnya, serta melepaskan hal-hal yang menyesakkan pikirannya. Jika kamu seorang Aries dan mencari cara mengatasi stres, pergi ke gym. Jika nggak sempat, coba dengan melakukan stretching. Pokoknya, gerakan-gerakan yang berkaitan dengan otot dan fisik membuatmu dapat berpikir lebih tenang.

2. Taurus: Meditasi fokus pada tubuh

Pexels.com/Matthias Cooper

Taurus mengatur dunia fisik. Karena hal ini, zodiak Taurus menahan banyak tekanan secara fisik dalam tubuhnya. Jadi, cara terbaik untukmu merasa lebih baik ketika stres adalah melakukan mindful body scan. Ini adalah teknik latihan meditasi untuk kamu berfokus pada setiap bagian tubuhmu. Umumnya dimulai dari kaki dan bergerak hingga ke kepala. Pada dasarnya, dengan praktik ini, kamu memeriksa tubuhmu, merasakan, memastikan kalau nggak ada tegangan.

3. Gemini: Mendengarkan dengan saksama

Pexels.com/Pixabay

Sebagai zodiak Gemini, kamu dikenal berbicara secara impulsif. Jadi, mendengarkan secara saksama menjadi cara terbaik bagimu untuk meredakan rasa stres dan cemas. Kemampuan ini membantumu menerima dorongan intelektual dari orang lain. Jadi, coba untuk meluangkan waktu mendengarkan hal-hal yang orang lain sampaikan, tanpa ada keinginan untuk menjawab atau memotong pembicaraannya.

4. Cancer: Menyantap dan menikmati sarapan sehatmu

Pexels.com/VisionPic. net

Mindful eating, nggak hanya sekadar berhati-hati dalam memilih makanan yang kamu santap. Lebih dari itu, mindful eating juga membuatmu makan secara perlahan dan menghargai yang sedang kamu nikmati. Cara ini pun membuatmu merasa lebih tenang saat akan memulai harimu. Mengambil waktu untuk benar-benar memikirkan yang tubuhmu inginkan, berusaha untuk mendapatkan makanan itu atau menyiapkannya untuk dirimu, serta menikmati secara perlahan, akan membantumu mengarahkan energi dan perhatian dari perasan yang intens untuk menjadi lebih tenang.

5. Leo: Membersihkan wajah dengan sungguh-sungguh

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Leo, kamu sangat perhatian dengan penampilanmu. Bahkan bagimu, penampilan luar mencerminkan isi hatimu. Jadi, menurut para astrolog, mencuci wajah dengan penuh perhatian dan merawatnya, akan membantu Leo menjadi lebih tenang dan meredakan stresnya. Coba cuci wajahmu dengan penuh kelembutan dan perhatian setiap pagi dan malam, Bela.

6. Virgo: Kreativitas yang praktis

Pexels.com/Godisable Jacob

Cara terbaik bagi Virgo untuk meredakan stresnya adalah dengan melepaskan diri dari kecenderungan alamiahnya, yaitu selalu memikirkan masa depan. Karena sebagai seorang yang perfeksionis, kamu dapat stres jika ada sesuatu yang nggak berjalan sesuai keinginan. Jadi untuk menghemat energi, kamu harus memilih hobi kreatif yang nggak memiliki standar kesempurnaan. Kegiatan seperti ini akan membantumu untuk melepaskan rasa cemas dan stres, serta lebih memikirkan berekspresi ketimbang logika.

7. Libra: Menyadari pikiranmu

Pexels.com/Godisable Jacob

Kamu cenderung merasa cemas dan obesif terhadap hal-hal kecil, Libra. Ini dapat memicu gangguan kesehatan. Namun dengan mengambil dan menerapkan kebiasaan kecil, seperti mengamati sesuatu, dapat mengurangi dampak tersebut. Observasi atau mengamati sesuatu adalah latihan sederhana di mana kamu harus memisahkan dirimu dari pikiranmu dan menyadarinya tanpa dipengaruhi. Dengan melakukan ini, kamu melepaskan sebagian kekuatan yang mereka miliki terhadap perasaanmu. Kamu dapat mengurangi rasa cemas dan menemukan pandangan baru.

8. Scorpio: Menggunakan aromaterapi

Pexels.com/Nicolas Postiglioni

Cara terbaik bagi Scorpio untuk mengurangi stres, adalah dengan menggunakan aromaterapi. Langkah sederhana ini dapat membantunya untuk rileks ketimbang membiarkan pikirannya bercampur aduk dengan perasaannya. Berhenti dan memfokuskan diri pada suatu aroma dapat membantumu lebih tenang.

9. Sagittarius: Tersenyum saat bercermin

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Ketika merasa cemas atau stres, kamu mudah menjadi malu atau nggak percaya diri. Karena tersenyum merupakan mimik kepercayaan diri, maka itulah cara terbaikmu untuk merasa lebih tenang. Tersenyum dapat meredakan detak jantung dan membuat tubuh jadi lebih rileks, juga merilis endorfin serta hormon lain yang dapat menurunkan tingkat stres. Jadi, bercermin, tersenyum serta mengagumi diri sendiri sambil mendengarkan musik favorit, adalah cara terbaikmu untuk mengembalikan fokus pikiranmu.

10. Capricorn: Berlatih meditasi pagi

Pexels.com/VisionPic .net

Sebagai zodiak yang senang bekerja keras, Capricorn memiliki kecenderungan untuk melakukannya secara berlebihan sehingga menimbulkan stres. Lalu, cara menenangkannya? Meditasi pagi selama 10 menit, menjadi cara terbaik bagimu untuk melepas rasa stres. Hal ini membantu dirimu kembali mawas diri, mengamati pola dan kebiasaan pikiranmu, serta mampu mengendalikan pikiranmu. Karena itu, coba bangun lebih pagi untuk melakukan meditasi ini.

11. Aquarius: Membaca dengan penuh perhatian

Pexels.com/Min An

Sebagai Aquarius, kamu dikenal memiliki pikiran yang aktif. Karena itu, membaca dengan penuh perhatian dan sebagai kegiatan yang menenangkan dapat membantumu melepaskan rasa stres. Mulai dengan menyiapkan daftar buku yang ingin kamu baca dan simpan di dekatmu. Dengan begitu, kamu bisa membacanya kapan saja ketika sedang merasa stres.

12. Pisces: Keluar dari zona nyaman

Pexels.com/Liam Anderson

Pisces dikenal sebagai zodiak yang terhubung secara spiritual dan meditasi. Kamu harus belajar untuk mengisi ulang energi jiwa dan terhubung dengan dunia nyatanya. Terkadang, kamu merasa kewalahan dengan perasaanmu. Namun, cara sederhana untuk menenangkan ini adalah dengan keluar dari zona nyaman untuk melakukan hobi baru. Lalu ketika emosimu terasa begitu intens, sosok pisces lebih memilih pergi dan keluar dari konfrontasi. Sehingga, selain melakukan hobi baru, meditasi atau melakukan kegiatan yang berhubungan dengan alam, akan menenangkanmu.

Masing-masing zodiak memiliki caranya tersendiri untuk menenangkan diri saat merasa stres atau cemas. Apa kata zodiakmu, Bela? Kamu dapat mencoba langkah yang zodiakmu sarankan agar dapat membuatmu lebih tenang.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration