Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kenalan Sama Karakter Perempuan Alfa, Beta dan Omega, Kamu yang Mana?

Perempuan omega kurang cocok bekerja di dalam tim

Dian Septi Arthasalina

Pernah mendengar istilah alpha woman atau alpha female? Selain istilah itu, ada juga sebutan perempuan beta dan omega. Ketiga istilah ini digunakan untuk mengelompokkan perempuan berdasarkan perilaku, karakter, dan kepribadiannya.

Yuk, simak perbedaan karakter dari tiga golongan perempuan ini! Kira-kira kamu masuk tipe yang mana, nih?

1. Perempuan alfa si dominan yang agresif

Pexels.com/Jopwell

Perempuan alfa kerap diunggulkan karena golongan ini memang punya banyak karakter yang menonjol. Dia punya kepercayaan diri dan keberanian yang besar, sehingga kerap menunjukkan kemampuan dan kelebihannya di hadapan orang banyak.

Ciri khas lain perempuan alfa adalah prinsipnya yang kuat. Tujuan yang jelas dan kegigihannya membuat dia disegani. Hal-hal itulah yang membuat perempuan alfa tampak dominan dan sering tampil agresif.

2. Nggak sulit menemukan perempuan alfa, dia suka jadi pusat perhatian

Pexels.com/Fauxels

Perempuan dengan karakter alfa ini sangat mudah ditemui. Dia suka menjadi pusat perhatian, juga bersikap terbuka agar terkesan siap berinteraksi dengan siapa saja.

Meski tampak dominan dan berani, perempuan alfa nggak selalu ingin menang sendiri, kok. Dia hanya lebih suka mengandalkan logika ketimbang perasaan. Sisi lemah lembut seorang perempuan tetap ada pada dirinya, namun dibalut dengan prinsip yang kuat.

3. Kebalikan dari alfa, perempuan beta cenderung kalem dan pasif

Pexels.com/Cottonbro

Nah, karakter perempuan beta adalah kebalikan dari perempuan alfa. Pembawaannya kalem, cenderung pasif jika dibandingkan dengan perempuan alfa yang agresif dan berani tampil.

Perempuan beta sangat hati-hati dalam bersikap. Dia adalah seorang pembelajar yang tekun, selalu berusaha mencermati semua hal di sekitarnya dengan baik.

4. Perempuan beta adalah sosok yang penuh empati dan bersahaja

Pexels.com/Mentatdgt

Jika perempuan alfa tampak lebih mengedepankan logika, maka tipe beta sebaliknya. Perempuan beta terkesan lembut dan penuh empati. Dia adalah tipe teman dan pendamping yang sangat suportif.

Bukannya nggak berani unjuk gigi, perempuan beta lebih suka berada di belakang layar. Dia memang kurang cocok memegang posisi pimpinan, tapi dijamin bakal jadi anggota tim yang sangat bertanggung jawab dan loyal pada timnya.

5. Perempuan omega adalah si pencinta kebebasan

Pexels.com/Ketut Subiyanto

Tipe ketiga adalah perempuan omega dengan karakter yang unik. Dia layak dijuluki mandiri dan independen. Sekilas, karakternya seperti gabungan dari tipe alfa dan beta.

Perempuan omega punya keberanian dan prinsip yang kuat layaknya tipe alfa. Namun, dia juga punya sisi tertutup seperti perempuan beta.

Perempuan beta juga punya ambisi yang kuat seperti alfa, namun nggak suka membuat dirinya terekspos banyak orang. Dia lebih suka bekerja sendiri, sering menghindari kerja tim.

6. Santai, namun tetap terarah adalah prinsip hidup perempuan omega

Pexels.com/Vlada Karpovich

Kebebasan adalah prinsip hidup perempuan omega. Satu-satunya aturan yang bersedia dia patuhi adalah "Lakukan apa pun yang tidak merugikan diri sendiri dan orang lain". Baginya, selagi apa yang dia lakukan nggak merugikan atau melukai orang lain, maka itu sah-sah saja.

Perempuan omega berusaha menjalani hidup dengan santai, namun tetap terarah. Prinsip ini yang kadang membuatnya terkesan semaunya sendiri di mata perempuan alfa dan beta.

Dia memang punya ambisi yang kuat, tapi nggak selalu terlihat gigih dan serius mewujudkan targetnya. Kadang dia bisa tampak sangat tekun dan giat, namun ada juga waktu-waktu dia terlihat sangat santai.

Dari tiga tipe di atas, kira-kira kamu masuk tipe yang mana nih, Bela?

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Kenalan Sama Karakter Perempuan Alfa, Beta dan Omega, Kamu yang Mana?"

IDN Media Channels

Latest from Inspiration