Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Tips Padu Padan Corak yang Tepat untuk Dekorasi Ruangan

Kontras warna corak yang dipakai patut diperhatikan

Cynthia Claudia

Corak merupakan salah satu motif yang menjadi pilihan dekorasi ruangan, agar tampilannya tidak terkesan monoton. Motif corak biasanya diterapkan pada dinding, lantai, atau ornamen-ornamen yang menghiasi suatu ruangan.

Namun, cara memadukan motif corak dalam ruangan merupakan sebuah tantangan, karena perpaduan yang kurang sesuai, kerap menghasilkan kesan yang nggak nyambung, atau bahkan norak.

Jika Bela berencana menata atau mendekorasi ulang ruangan di rumah dengan motif corak, berikut telah Popbela rangkum beberapa tips padu padan corak untuk dekorasi ruangan yang estetik.

1. Menerapkan dekorasi konsep vintage

instagram.com/a.interiors_design

Melansir Indonesia Today, pemakaian warna netral dan alami kembali menjadi tren dekorasi rumah pada tahun 2022. Dekorasi konsep vintage dengan warna netral atau alami bisa menjadi pilihan yang tepat, terutama bagi Bela yang menyukai warna-warna lembut.

Konsep vintage biasanya didominasi warna-warna kalem, seperti abu-abu pucat, ecru, baby blue, dan pale pink. Motif corak yang mendukung warna-warna kalem tersebut biasanya berupa floral, stripes, atau marble.

2. Pilih ruangan yang cukup luas

Dok. IKEA

Motif corak pada dasarnya menimbulkan kesan memampatkan ruangan, sehingga kurang cocok diterapkan di ruangan yang sempit. Maka, kamu harus memilih ruangan yang cukup luas untuk menerapkan motif corak sebagai dekorasi ruangan, Bela. 

Ruang tamu, sebagai salah satu ruangan yang cukup luas menjadi yang paling cocok untuk didekorasi motif corak.

3. Gunakan ornamen dengan motif corak

instagram.com/home_ec_op

Penggunaan motif corak tidak melulu harus diterapkan melalui wallpaper, namun bisa diwujudkan melalui ornamen-ornamen ruangan. Misalnya, bisa dalam bentuk lukisan, karpet, bantal sofa, tapestry, atau hal-hal lainnya.

Motif corak yang digunakan juga tergantung selera masing-masing. Contohnya, corak garis-garis, bunga-bunga, atau geometris. Hindari menggunakan motif corak yang terlalu banyak, agar kesannya tidak terlalu ramai.

4. Pilih wallpaper di salah satu sisi dinding sebagai fokus ruangan

instagram.com/fridlaa

Jika Bela ingin memilih wallpaper dengan motif corak, sebaiknya pasang wallpaper  dengan motif corak di salah satu sisi dinding saja sebagai fokus ruangan. 

Ini berlaku juga bagi ruangan yang tidak terlalu luas, seperti kamar tidur atau toilet. Wallpaper motif corak yang dipasang di salah satu dinding, akan tetap membuat ruangan terlihat lebih luas dan mempunyai aksen yang unik. 

5. Pilih wallpaper dengan warna monochrome atau duotone

instagram.com/home_ec_op

Hindari memilih wallpaper yang terdiri dari beberapa warna. Sebaiknya, pilih wallpaper denngan warna monochrome atau duotone yang tidak terlalu mencolok, agar suasana ruangannya lebih elegan. 

6. Perhatikan kontras warna corak yang dipakai di ruangan

instagram.com/lizzyhigham_interiorstyling

Untuk menghindari kesan yang norak ketika memakai beberapa motif corak dalam satu ruangan, sebaiknya perhatikan tingkat kekontrasan warnanya, Bela. Perpaduan motif satu corak dengan yang lainnya sebaiknya terdiri dari warna yang bold dan mild agar terlihat seimbang.

Contohnya, pilih corak polkadot hitam putih yang sederhana (mild), dan padukan dengan corak warna bold di karpet. Perpaduan ini menciptakan keseimbangan dalam ruangan.

7. Padukan corak wallpaper dengan perabot warna polos di dalam ruangan

wallsauce.com

Tips ini juga berlaku bagi Bela yang ingin memasang wallpaper dengan motif corak. Agar corak di ruangan tidak saling bertabrakan, maka sebaiknya Bela memilih perabot dengan warna polos. Sehingga, ketika perabotnya diletakan di ruangan dengan wallpaper bermotif corak, warnanya akan terlihat serasi.

Itulah 7 tips padu padan corak untuk dekorasi ruangan estetik yang bisa kalian ikuti, Bela. Apakah Bela lebih memilih menggunakan wallpaper atau ornamen bermotif corak sebagai dekorasi ruangan? Share di kolom komentar, yuk!

Selamat berbelanja kebutuhan dekorasi ruangan! 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration