Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

15 Film Horor Terbaik Sepanjang Masa, Sukses Bikin Trauma!

Berani menontonnya?

Cynthia Claudia

Halloween is coming! Apa yang akan kamu lakukan untuk mengisi Halloween di rumah, Bela?

Salah satu kegiatannya adalah menonton film horor bersama teman atau keluarga terdekat. Selain mendukung suasana Halloween, nonton film horor juga membawa kenikmatan tersendiri karena menyajikan kisah yang akan melekat kuat pada pikiran kita usai menontonnya.

Tidak jarang kita dibuat terkejut dan merinding ketakutan karena kisahnya. Bagi kalian yang penasaran, berikut adalah sederetan rekomendasi film horor terbaik sepanjang masa yang meraih rating tinggi untuk mengisi Halloween-mu! Enjoy!

1. Frankenstein (1931)

Meskipun cukup lawas, film horor terbitan tahun 1931 ini berhasil membuat penontonnya ikut tegang. Frankenstein mampu meraih rating yang cukup tinggi yaitu 7.9 karena menyajikan alur cerita yang tak kalah menarik. 

Frankenstein menyajikan kisah klasik seorang ilmuwan yang terobsesi merakit manusia dari bagian tubuh mayatnya. Dengan berbagai aksi yang menakutkan, menegangkan, epik, dan menghancurkan, kisah Frankenstein berhasil menjadi salah satu film klasik yang mendunia. 

2. Psycho (1960)

Karakter pemain Psycho dijuluki sebagai 'Ibu' film horor, karena mampu membawa kisahnya meraih rating 8.5. Film ini pun mampu menyabet Golden Globes Award (Best Supporting Actress) dan Edgar Allan Poe Awards (Best Motion Picture)

Karya Alfred Hitchcock ini merupakan salah satu film ikonik sepanjang sejarah industri film horor, karena beberapa adegannya menjadi standar dalam film horor. 

Salah satu adegan yang paling unggul adalah ketika pemeran utama ditikam pisau saat sedang mandi di Bates Motel. Film Psycho pasalnya mengisahkan seorang sekretaris yang melarikan diri ke Motel setelah menggelapkan sejumlah uang. 

3. Night of the Living Dead (1968)

Nonton film horor identik dengan karakter zombie yang merajalela. Zombie merupakan sekelompok mayat yang hidup kembali dan haus darah manusia. Night of the Living Dead, yang berhasil meraih rating 7.9 melalui IMDb ini, menggambarkan sosok zombie yang akan terus teringat di benak kita. 

Night of The Living Dead mengangkat kisah di sebuah rumah pertanian yang terletak di Pennsylvania. Film ini mengikuti 7 orang asing yang terjebak dalam rumah tersebut, ketika sekelompok zombie berusaha menyerang mereka. 

4. The Exorcist (1973)

Film bertema kerasukan juga menjadi ciri khas film horor terbaik. Salah satunya yang legendaris adalah The Exorcist, yang berhasil meraih rating 8.

The Exorcist mengangkat kisah perjuangan seorang ibu dalam menyelamatkan buah hatinya yang kerasukan. Ia pun meminta bantuan dua pendeta untuk menyelamatkan buah hatinya yang kerasukan. 

Proses penyelamatan tubuh yang kerasukan pun digambarkan secara epik dalam film ini. Adegan khas wanita kerasukan yang memutar kepalanya ke belakang, mulai diperkenalkan film ini sejak awal!

5. Deep Red (1975)

Film karya Dario Argento ini mampu meraih rating 7.7 di IMDb, lho! Dario Argento merupakan master of horror yang karyanya selalu jadi favorit para penggemar film horor. 

Salah satunya Deep Red, film horor Italian-giallo yang memiliki ciri khas tersendiri. Pembunuhan misterius menggunakan sarung tangan kulit, pencahayaan dengan warna-warna kuat; visual yang artistik, alur cerita rumit yang tidak realistis,  merupakan ciri khas karya Dario Argento. 

6. The Thing (1982)

Film The Thing pertama kali diluncurkan pada tahun 1951. Karena kepopulerannya, maka dibuat remake-nya oleh John Carpenter pada tahun 1982. Keberhasilan film ini pun membawanya meraih 8,1. 

The Thing mengisahkan sejumlah peneliti di Antartika yang tiba-tiba ditakutkan dengan kedatangan alien misterius yang awalnya terkubur. Namun, sebuah eksperimen membuat alien tersebut bangkit kembali. 

Alien ini bukan sembarang mahkluk karena memiliki bentuk yang menjijikan. Hati-hati bagi yang menontonnya karena ada berbagai adegan yang bikin mual, Bela! 

7. Evil Dead 2 (1987)

Sequel kedua dari film horor-komedi ini berhasil meraih US Box Office yang menembus angka US$10.9 juta. Bruce Campbell pun dipuji karena mampu menghidupkan karakter "Ash" yang ikonik dalam film ini. 

Merupakan salah satu film horor terbaik sepanjang masa, Evil Dead mengisahkan sekumpulan mahasiswa Michigan State University yang dihantui di sebuah pondok hutan terpencil.

Mereka kesulitan melarikan diri dan bertahan hidup dari teror tersebut! Berbagai adegan yang membuat penonton terkejut pun menjadi ciri khas film ini, sehingga rating film ini berhasil mencapai 7.8! 

8. The Ring (1998)

Merupakan salah satu film yang menjadi trensetter bagi film horor lainnya. Ring (リング, Ringu) adalah karya arahan Hideo Nakata, yang didasari oleh novel 1991 akrya Koji Suzuki. Adegan sosok hantu yang keluar dari sebuah sumur dan televisi, membuatThe Ring mampu meraih rating 7.2 melalui IMDb. 

The Ring mengisahkan seorang jurnalis yang menginvestigasi sebuah rekaman video yang terkutuk. Setiap orang yang menonton video tersebut dibuktikkan akan meninggal dengan tragis dalam 7 hari. 

9. Conjuring (2013)

Arahan sutradara James Wan dalam Conjuring tidak hanya membuat kita ketakutan ketika nonton filmnya, bahkan was-was dengan keadaan sekitar kita! Film ini pasalnya berdasarkan kisah nyata pasangan  Ed and Lorraine Warren yang merupakan penyelidik paranormal di era 70-an.

Film ini berlatar pada tahun 1971, ketika keluarga Carolyn dan Roger Perron memutuskan untuk pindah ke peternakan. Keputusan untuk pindah ternyata malah membawa ketidakberuntungan. Keluarga tersebut pun dihantui teror yang berkepanjangan. Maka, mereka pun memanggil paranormal untuk menyelidi kebenarannya dan melakukan ritual pengusiran setan. 

10. Babadok (2014)

Babadok merupakan salah satu film horor legendaris tahun 2010 yang menuai respon positif. Film tersebut mampu meraih rating 98% di Rotten Tomatoes, nih!

Film ini begitu menakutkan karena menampilkan monster Babadok yang dibangkitkan dari kisah dongeng. Kisah ini dibacakan seorang ibu kepada anaknya sebelum tidur.

Babadok menampilkan berbagai adegan jump scare, terutama ketika Amelia pertama kali sadar bahwa monster tersebut muncul di rumahnya!

11. Oculus (2014)

Oculus pantas masuk dalam kategori film horor terbaik sepanjang masa! Mengisahkan tentang tragedi pembunuhan yang menimpa sebuah keluarga. 

Tim Russel (Brenton Thwaites) terpaksa membunuh ayahnya (Rory Cochrane) karena dia telah membunuh istirnya. Namun, Tim yang terjerat sebagai pembunuh pun dianggap memiliki gangguan mental, sehingga dipaksa masuk ke rumah sakit jiwa. 

Kaylie, kakak Tim yang tinggal sendiri di rumah dihantui mimpi aneh tentang kematian tragis penghuni sebelumnya. Para penghuni tersebut yang memiiliki sebuah cermin misterius ternyata pasti mati!

12. Creep (2015)

Creep, salah satu film horor yang mampu meraih rating 95% dari Rotten Tomatoes ini memiliki kelebihan tersendiri. Film produksi Blumhouse tersebut mampu menyajikan ketegangan yang super intense, meskipun nggak banyak adegan jump scare-nya. 

Tidak hanya adegan tegang yang menonjol, namun ada juga selipan dark-comedy sehingga Creep layak disebut sebagai film komedi. Creep juga dianggap sebagai parodi film-film horor psycho yang menyajikan kisah 'aneh' dan 'nyeleneh'.

13. We Are Still Here (2015)

We Are Still Here  menyajikan kisah layaknya seperti film horor pada umumnya, yaitu ketika sebuah pasangan pasutri pindah ke rumah baru yang misterius. Kediaman baru yang bersejarah ini ternyata masih diusik oleh penghuni lamanya! 

Film horor ini termasuk salah satu yang tidak mau berlama-lama dalam menyembunyikan 'kejutannya'. Meskipun sempat diragukan, namun film arahan Ted Geoghegan ini mampu meraih 95% di Rotten Tomatoes, lho!

14. Get Out (2017)

Salah satu film yang berhasil membuat sutradara Jordan Peele dikenal masyarakat luas pada tahun 2017. Get Out akhirnya berhasil meraih rating 7,7 di IMDb.

Film dengan genre horror-thriller ini mendapatkan apresiasi dari penonton karena mengangkat tema rasisme. Get Out pun berhasil menyabet Oscars (Best Original Screenplay) dan Academy Awards (Original Scenario). 

15. A Quiet Place (2018)

A Quiet Place dibintangi pasangan John Krasinski dan Emily Blunt, yang berusaha bertahan hidup dari serangan sebuah monster. Monster yang sensitif dengan suara ini akan membawa ketegangan dalam setiap momen halloween-mu, Bela.

Film horor favorit ini berhasil meraih rating 7.7 di IMDb, lho. 

Itulah sederetan rekomendasi film horor terbaik sepanjang masa versi IMDb dan Rotten Tomatoes. Kira-kira film mana yang akan kamu tonton dulu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration