Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Memiliki Konsep Ketuhanan yang Unik, Inilah 10 Dewa-Dewi Agama Hindu

Tuhan memiliki manifestasi berupa para dewa

Cynthia Claudia

Agama Hindu mengajarkan konsep Ketuhanan yang unik. Tuhan dianggap sebagai sosok yang berkuasa mutlak, kekal dan tidak berwujud dalam Agama Hindu. 

Sebagai individu tunggal, Tuhan dalam agama Hindu memiliki manifestasi terhadap para Dewa yang berada di Kayangan. Setiap Dewa yang merupakan manifestasi Tuhan, dianggap sebagai makhluk suci yang memegang kendali terhadap alam semesta dan memiliki tanggung jawab tertentu untuk memeliharanya.

Dari sekian banyaknya Dewa yang merupakan manifestasi Tuhan, terdapat istilah Trimurti yang menggambarkan 3 dewa tertinggi dalam Agama Hindu, yang memiliki tanggung jawab beragam. Ketiga Dewa tersebut adalah Dewa Brahma, Wisnu dan Siwa. 

Siapa saja dewa-dewi lainnya dalam Agama Hindu? Simak 10 daftar dewa-dewi agama Hindu yang paling populer dan tanggung jawabnya berikut.

1. Dewa Brahma

mandalas.life

Dewa Brahma, merupakan anggota pertama dari Dewa Utama (Tritunggal) yang merupakan sang pencipta alam semesta. Ia dipandang sebagai salah satu sosok manifestasi dari Brahman (sebutan Tuhan dalam agama Hindu) dalam penciptaan semesta. 

Mitologi Hindu ada yang menjelaskan bahwa Dewa Brahma lahir tanpa sosok seorang ibu, namun lahir dari dalam bunga teratatai yang tumbuh dalam Dewa Wisnu ketika alam semesta diciptakan. 

2. Dewa Wisnu

mandalas.life

Dewa Wisnu merupakan anggota kedua dari Dewa Utama. Tugasnya adalah mempertahanlan keharmonisan, ketaatan, dan keteraturan alam semesta (yaitu ciptaan Brahma), sebelum diserahkan ke Dewa Siwa untuk dihancurkan sebagai bagian dari persiapan ciptaan berikutnya. 

3. Dewa Siwa

mandalas.life

Dewa Siwa merupakan anggota ketiga dari tiga Dewa Utama yang berperan sebagai dewa pelebur. Tugasnya adalah melebur (menghancurkan) alam semesta (ciptaan Brahma) yang telah usang dan mempersiapkan pembaharuannya. Segala sesuatu dalam alam semesta yang telah dihancurkan harus dikembalikan pada asalnya.

4. Dewa Agni

worldhistory.org

Dewa Agni merupakan Dewa Api yang memiliki tanggung jawab sebagai pemimpin upacara dan duta para Dewa. Disebut Dewa Api karena penggambaran badannya yang berwarna merah, memiliki rambut seperti api yang berkobar, serta berkepala dua yang selalu bersinar. Kata 'Agni' sendiri juga berasal dari Bahasa Sanskerta yang berarti 'api'.

Dewa Api juga bertanggung jawab sebagai pemimpin upacara, karena ia berbakat menggelar upacara keagamaan. Ia merupakan sosok yang diharapkan selalu hadir dalam setiap upacara sebagai duta para Dewa, karena diharuskan mempersembahkan sebuah persembahan kepada Tuhan. 

5. Dewa Chandra

https://www.askganesha.com/

Dewa Chandra merupakan Dewa Bulan yang digambarkan memiliki paras muda dan tampan, berlengan dua dan memiliki gada dan tera. Dewa Chandra juga berperan sebagai penguasa tanaman dan tumbuhan.

Ia digambarkan sebagai sosok yang mengendarai keretanya melintasi langit, dimana keretanya ditarik oleh sejumlah kuda putih atau antilop. Selain kuda putih dan antilop yang berada di bawah penguasaannya, kelinci juga merupakan hewan yang dilindunginya. 

6. Dewa Ganesha

getty image

Sebagai Dewa Pelindung, Penolak Bencana dan Kebijaksanaan, Dewa Ganesha merupakan salah satu Dewa yang banyak dipuja oleh umat Hindu.  Patung Dewa ini sering kali kita temukan di India, menggambarkan kepala gajah yang gemuk dan berlengan empat.

Dewa Ganesha begitu dihormati ketika rakyatnya memulai suatu upcara. Ia bertanggung menjadi seorang pelindung atau pemantau tulisan ketika ada keperluan menulis dalam suatu apacara. 

7. Dewi Laksmi

mandalas.life

Dewi Laksmi merupakan sosok seorang ibu dari alam semesta. Sebagai istri dari Dewa Wisnu, ia memiliki ikatan erat dengannya, serta ikut serta dalam beberapa inkarnasi Dewa Wisnu.

Dewi Laksmi dihubungkan dengan setiap kebahagiaan yang muncul di antara keluarga dan rekan-rekannya. Selain itu, ia juga merupakan sumber dari pengetahuan keagamaan dan pendapatan berupa uang.

8. Dewi Saraswati

Getty Image

Dewi Saraswati merupakan istri dari Dewa Brahma yang merupakan sang pencipta. Dewi Saraswati dilukiskan sebagai sosok perempuan cantik yang memiliki kulit halus dan bersih, berpakaian serba putih, juga terlihat sopan. Maka, kecantikan ini yang melambangkan berlimpahnya ilmu pengetahuan suci yang tertuang dalam Dewi Saraswati.

9. Dewa Indra

Getty Image

Dewa Indra merupakan dewa yang memimpin delapan dewa lainnya yang menguasai alam. Posisinya yang menonjol sebagai Raja Kahyangan membuatnya memimpin para dewa lainnya. Maka, ia pun dikenal sebagai Dewa Hujan, Petir, Perang, Raja Surga, Pemimpin Para Dewa, dan masih banyak lagi sebutan yang diberikan berdasarkan karakternya. 

10. Dewa Aswin Kembar

RIG VEDA. Dhumavati. los diez mahavydas de la Mitologia Hindu - tomado de los textos ilustrados del rig veda . mitologia hindu

Dewa Aswin disebut sebagai Dewa kembar yang merupakan dokter para dewa yang bertanggung jawab mengobati. Mereka dilukiskan sebagai penunggang kuda yang memberikan kemakmuran kepada manusia dan menyembuhkan segala penyakit. Mereka juga merupakan dua bersaudara yang ramah dan gemar menolong sesama. 

Itulah 10 daftar dewa-dewi yang paling sering ditemukan dalam Agama Hindu, sebagai manifestasi dari Brahman (Tuhan). Apakah kamu sebelumnya pernah mempelajari Agama Hindu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration