Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Fakta Hmong, Jenis Anjing Langka dari Vietnam yang Mirip Kucing

Perilakunya bertolak belakang dengan kucing

Cynthia Claudia

Hmong merupakan sejenis anjing langka yang ternyata sangat mirip dengan kucing. Mereka merupakan jenis anjing yang berasal dari Vietnam Utara, yang bukan merupakan campuran dari kucing, melainkan dari anjing liar lainnnya dan serigala hutan. 

Anjing ini berumur panjang karena bisa hidup selama 15-20 tahun tergantung seberapa baik mereka dirawat. Meskipun mirip kucing, anjing ras ini ternyata cerdas dan pada umumnya ditemukan sebagai anjing penjaga di kawasan militer dan kepolisian. 

Melansir World Animal Foundation, berikut ini adalah deretan fakta mengenai anjing jenis Hmong, yang dikenal pintar berburu dan berjaga.

1. Sejarah anjing Hmong

animalcorner.org

Anjing ini merupakan jenis anjing primitif yang namanya didapatkan dari kelompok etnis orang Hmong di Vietnam. Anjing ini merupakan simbol kebanggaan dan dipelihara sebagai anjing penjaga di wilayah barat laut Vietnam.

Karena merupakan campuran antara serigala dan anjing asli, anjing ini memiliki naluri berburu dan kekuatan fisik sekuat serigala. 

2. Penampilan anjing Hmong

animalcorner.org

Sosok anjing ini dikenal sebagai anjing yang berotot. Punggungnya yanng agak lebar dan menonjol membantunya berjalan dengan kuat. Karena merupakan keturunan serigala, mereka juga memiliki tulang yang kuat.

Ciri khas penampilan anjing ini adalah wajahnya yang pipih dengan bentuk telinga yang tegak, sehingga menyerupai wajah kucing. 

3.Ukuran anjing Hmong

worldanimalfoundation.org

Anjing Hmong merupakan anjing berukuran sedang tetapi sekilas tampak besar karena memiliki struktur tubuh yang kokoh. Anjing jantan biasanya berukuran lebih besar dibandingkan anjing betina. Secara keseluruhan, beratnya berkisar antara 35-55 pound (16-25 kg) dan memiliki tinggi sekitar 18-22 inci (46-56 cm).

4. Warna anjing Hmong

Wikipedia.com

Anjing Hmong memiliki bulu yang lebat dan tebal. Warna anjing ini bisa bervariasi dari warna putih, hitam, abu-abu, coklat, hingga kuning, Selain itu, ada juga anjing jenis ini yang berwarna merah kecoklatan, yang dianggap sangat berharga dan mahal harganya.

5. Anjing yang cerdas dan kuat

reddit.com

Fakta anjing Hmong yang selanjutnya adalah Hmong merupakan jenis anjing yang cerdas dan kuat. Mereka memiliki ingatan yang kuat terutama dalam menghafal jalan, sehingga memudahkan para pemilik anjing untuk melatih mereka.

Meskipun mereka memiliki sifat liar dari serigala, namun mereka menanggapi instruksi dengan sangat baik.

6. Setia kepada pemiliknya

Jollydoggy.com

Anjing Hmong juga ternyata dikenal sangat setia kepada pemiliknya. Mereka memiliki naluri alami untuk melindungi keluarga dan harta benda mereka.

Jika mereka dipelihara di rumah sebagai anjing peliharaan, sebaiknya mereka sering dibawa keluar untuk jalan-jalan dan melakukan aktivitas fisik di luar ruangan.

7. Jenis anjing yang langka

Wikipedia.com

Fakta anjing Hmong yang terakhir adalah anjing tersebut termasuk jenis anjing primitif yang langka. Hanya terdapat sekitar 1.000 ekor anjing Hmong di dunia, dan sekitar sepertiganya adalah jenis anjing dengan ras murni.

Kafrena termasuk jenis anjing yang langka, anjing ini dinilai seharga US$3.000 (sekitar Rp46 juta) jika dijual. 

Itulah 7 fakta anjing Hmong, jenis anjing langka dari Vietnam yang mirip kucing, Bela. Meskipun mirip kucing, namun perilakunya bertolak belakang dengan kucing, lho. Mereka ternyata jago berburu dan berjaga.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration