Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Ide Desain Ruangan Santai Semi Outdoor untuk Hunian Minimalis

Bisa menerima pencahayaan alami dari luar

Cynthia Claudia

Mendesain ruangan santai di rumah dengan konsep semi outdoor membawa banyak keuntungan, apalagi jika diterapkan di hunian yang minimalis. Ruangan dengan konsep semi outdoor ini akan menerima pencahayaan alami dari luar. Penghuni rumah jadi bisa menghemat anggaran untuk pencahayaan.

Selain itu, suasana ruangan juga jadi lebih nyaman dan sehat karena terdapat sirkulasi udara yang lebih baik. Jika kamu ingin mencoba menerapkan konsep ini untuk ruang santai di rumah, berikut ini ada beberapa ide desain ruangan santai semi outdoor yang bisa kamu coba. 

1. Ruangan terbuka dekat balkon

archtizer.com

Ide desain ruang santai semi outdoor minimalis yang pertama adalah membuat ruang santai terbuka di dekat balkon, yang memberi akses untuk melihat pemandangan sekitar rumah.

Ruangannya bisa dibuat agar menyatu dengan balkon. Kamu tidak perlu menambahkan dekorasi atau peralatan yang banyak karena ruangan ini lebih baik dibuat minimalis, cukup dengan sofa, meja kaca, kursi santai, dan televisi jika diperlukan. 

2. Ruangan santai di rooftop rumah

diadona.id

Kamu juga bisa mencoba mendesain ruang santai dengan memanfaatkan ruangan kosong di atas rooftop rumah. Coba angkat konsep yang natural ketika  memilih interior desainnya. 

Pilihlah perabot dengan bahan-bahan kayu agar tampilan ruangannya lebih elegan, berbeda dengan ruangan santai pada umumnya. Ruangan ini juga bisa ditambahkan dapur kecil jika kamu senang memasak.

3. Ruangan santai yang luas di bawah tangga

arsitag.com/ Evonil Architecture

Ide desain ruang santai semi outdoor minimalis yang selanjutnya adalah ruang santai yang luas di bawah tangga. Kamu bisa memanfaatkan desain ini jika memiliki rumah berlantai.

Kamu bisa menata ruang santai ini dekat sebuah jendela kaca besar, tepat juga dibawah tangga yang mengelilingi ruangan terseubut. Jendela kaca ini memungkinkan cahaya alami untuk masuk ke dalam ruangan.

4. Ruangan santai dominasi kaca

kibrispdr.org/

Pilihan lain adalah membuat ruang santai dengan penempatan kaca besar sebagai dinding ruangan di semua sisi. Bagian atasnya juga bisa menggunakan atap kanopi yang dipadukan dengan material kaca. Ruangan yang didominasi kaca seperti ini perlu dipasang AC atau pendingin ruangan agar suhunya tetap terjaga.

5. Ruangan santai di teras rumah

scgcbm.id

Ruang santai juga bisa didesain di teras rumah sehingga konsepnya semi outdoor. Atapnya juga harus dipasang agar bisa memantulkan sedikit cahaya ke dalam ruangan.  Jika ukuran terasnya tidak seberapa luas, kamu cukup menempatkan sofa dan meja kecil di depannya. 

6. Ruangan santai dengan dinding roster

berita.99.co

Ide desain ruangan santai semi outdoor minimalis yang terakhir adalah ruangan santai dengan memanfaatkan dinding roster. Selain sebagai ruangan santai, ruangan ini juga cocok untuk menerima tamu karena lokasinya didesain persis di depan rumah, seperti sebuah teras untuk menerima tamu. 

Kamu bisa menyiapkan pot tanaman, sofa, beberapa kursi di ruangan ini. Sementara dinding rosternya digunakan untuk memisahkan ruangan dari halaman depan, tujuannya untuk memberikan privasi di ruangan tersebut. 

Penempatan dinding roster ini pun membuat ruangannya lebih estetik.

Itulah deretan ide yang bisa kamu gunakan untuk mendesain ruang santai semi outdoor di hunian minimalis. Pastikan kamu juga memilih perabot dan dekorasi yang tepat agar kesannya tidak terlalu ramai. 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration