Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Profil Barry Keoghan, Aktor 'Saltburn' Pacar Baru Sabrina Carpenter

Apa saja sepak terjangnya selama ini?

Natasha P.

Valentine 2024 menjadi momen bahagia bagi Barry Keoghan, aktor Irlandia pemeran Oliver Quick dalam film Saltburn. Tak lama setelah dikabarkan putus dengan kekasihnya Alyson Kierans, pria kelahiran 17 Oktober 1992 ini menjalin hubungan romantis dengan pelantun "Feather", Sabrina Carpenter.

Diketahui bahwa rumor kedekatan Sabrina Carpenter dan Barry Keoghan mulai menyerbak sejak bulan September 2023 lalu. Rumor hubungan keduanya mendapat titik terang, setelah lovebird ini tertangkap sedang menikmati makan malam bersama pada 12 Februari 2024.

Di samping hubungan asmara terbarunya menjadi bahan perbincangan hangat, Barry Keoghan merupakan salah satu aktor internasional yang telah melalang buana menghiasi layar kaca Hollywood. Deretan judul film Hollywood terkenal sudah ia bintangi, bahkan di antaranya masuk tangga Box Office dan memboyong Piala Academy Awards.

Jika melihat kesuksesannya di industri Hollywood, lantas membuat kita penasaran akan perjalanan kariernya sebagai aktor kelas dunia. Simak profilnya di bawah ini, yuk!

Biodata Barry Keoghan

Instagram.com/keoghan92

Banyak selebriti Hollywood memilih memperpendek nama asli atau memakai nama panggung supaya mudah dikenal publik. Tapi tidak dengan Barry Keoghan. Nama miliknya merupakan nama asli tanpa ada tambahan marga atau nama belakang. Ia lahir pada 17 Oktober 1992 di Dublin, Irlandia.

Aktor tampan ini memulai debut kariernya sebagai aktor pada 2011 hingga sekarang. Debut pertamanya dimulai dengan membintangi film bergenre crime berjudul Between The Canals. Dalam film tersebut, ia mendapat peran kecil sebagai karakter sampingan bernama Aido.

Pendidikan Barry Keoghan

Instagram.com/keoghan92

Keluwesan Barry Keoghan dalam berolah peran ternyata ia dapat saat ia menempuh pendidikan. Ia bersekolah di sekolah drama lokal bernama The Factory (sekarang bernama Bow Street Academy) di Dublin, Irlandia. Selaras dengan profesinya, ia mengambil jurusan akting dan drama di sekolah tersebut pada 2011.

Kecintaannya dengan dunia akting sudah tumbuh sejak ia masih anak-anak. Saat masih kecil, ia berkesempatan untuk tampil dalam drama sekolah di O'Connell School di North Richmond Street, Dublin. Sayangnya, ia dikeluarkan dari peran tersebut karena dianggap terlalu bermain-main.

Pernah tinggal di panti sosial selama 7 tahun

Instagram.com/keoghan92

Di balik kesuksesannya sebagai aktor, ternyata Barry punya memori pahit tentang keluarganya. Ibunya merupakan pecandu narkoba dan meninggal saat ia berusia 12 tahun. Pada saat itu, ia dan adiknya Eric resmi menjadi yatim piatu.

Sebelum dirawat oleh nenek, bibi, dan kakak perempuannya Gemma, Barry dan Eric menghabiskan masa kecil mereka dengan tinggal di rumah asuh selama 7 tahun dan sempat merasakan berganti penampungan sebanyak 13 kali.

Perjalanan karier

Instagram.com/keoghan92

Sampai artikel ini ditulis, Barry Keoghan tercatat telah membintangi 27 judul film, serial dan film pendek. Keoghan menitik karier aktingnya pada 2011 sebagai Aido dalam film Between the Canals. Setelah itu, ia sering mendapat tawaran untuk tampil di berbagai serial dan film Irlandia dan Inggris, yakni Love/Hate (2013), '71 (2014), Mammal (2016) dan Trespass Againts Us (2016).

Puncak kariernya sebagai aktor Hollywood beranjak naik usai membintangi film Dunkirk (2017) dan The Killing of a Sacred Deer (2017). Ia juga pernah bermain peran dalam film superhero seperti Eternals (2021) dan The Batman (2022)

Pencapaian dan penghargaan yang diraih

Instagram.com/keoghan92

Lebih dari sekadar berbakat, Keoghan membuktikan bahwa dirinya adalah aktor yang totalitas dan berdedikasi. Namanya mendapat rekognisi setelah kemampuan aktingnya yang apik dalam mendalami ragam karakter diakui oleh kritikus dan publik. Tak mengherankan, dirinya pernah tercatat dalam nominasi Oscar dan BAFTA Awards lewat perannya di film The Banshees of Inisherin.

Selain itu, ia juga pernah masuk ke dalam nominasi Best Actor Golden Globe Awards lewat Penampilannya sebagai pemeran utama di film Saltburn (2023).

Barry Keoghan juga pernah berhasil menyabet piala penghargaan bergengsi atas peran-perannya di film dan serial. Berikut ini daftarnya:

  1. Dublin Film Critics' Circle 2017 - Breakthrough Artist (The Killing of a Sacred Deer)
  2. Irish Film & Television Awards 2018 - Best Supporting Actor Film (The Killing of a Sacred Deer)
  3. BAFTA Awards 2023 - Best Supporting Actor (The Banshees of Inisherin)‌
  4. London Film Critics' Circle 2023 - Supporting Actor of the Year (The Banshees of Inisherin)

Portofolio film dan serial

Instagram.com/keoghan92

Karier Barry Keoghan di belantika layar kaca mungkin terbilang masih hijau jika dibandingkan aktor kelas atas lainnya. Namun hal itu tak menyurutkan cinta para penggemar kepadanya. Tampan, berkharisma, berbakat, serta aktingnya yang all-out dan berkesan telah menciptakan tempat khusus di hati penonton.

Idola muda di layar perfilman Hollywood ini perlahan mendongrak popularitasnya dengan membintangi banyak film dan serial. Cek daftarnya di bawah ini, ya!

Film

  1. Between the Canals (2011)
  2. Stalker (2012)
  3. Stay (2013)
  4. '71 (2014)
  5. Mammal (2016)
  6. The Killing of a Sacred Deer (2017)
  7. Dunkirk (2017)
  8. The Green Knight (2021)
  9. Eternals (2021)
  10. The Batman (2022)
  11. The Banshees of Inisherin (2022)
  12. Saltburn (2023)

Serial

  1. Fair City (2011)
  2. Jack Taylor: Priest (2013)
  3. Love/Hate (2013)
  4. Rebellion (2016)
  5. Chernobyl (2019)
  6. Top Boy (2023)
  7. Masters of the Air (2024)

Selamat atas hubungan barunya dengan Sabrina Carpenter, Barry Keoghan! Sebagai penggemar yang baik, kita doakan yang terbaik agar asmara keduanya tetap langgeng.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration