Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Penuh Kehangatan dan Sarat Makna, Ini 7 Film Animasi Bertema Natal

Ada 'The Polar Express' hingga 'The Grinch'

Audia Natasha Putri

Dunia hiburan pun turut bersuka cita menyambut natal dengan merilis film bertema Natal dengan ragam premis yang menarik untuk ditonton. Salah satunya adalah film animasi yang menampilkan cerita ringan sarat pesan, karakter ikonik yang mudah diingat serta visual animasi yang ciamik.

Untuk mengisi waktu di rumah ketika malam Natal tiba, yuk coba menonton sejumlah rekomendasi film animasi terbaik bertema Natal pilihan Popbela yang dijamin bikin kamu enggan beranjak dari kursi. Yuk, simak!

1. Rise of the Guardians

Vulture.com

Sosok folklore asal Eropa Jack Frost digambarkan sangat apik lewat film ini. Jack Frost sendiri adalah sosok hasil personifikasi dari sosok salju yang dingin. Film bergenre drama-adventure ini menceritakan petualangan Jack Frost dan Guardians dalam menjaga anak-anak di seluruh dunia. Namun, hadirnya peri jahat bernama Pitch menjadi ancaman karena mereka berencana memusnahkan imajinasi anak-anak.

Setelah ditunjuk menjadi seorang Guardian oleh sosok sakral bernama The Moon, Jack Frost pun bekerja sama dengan Guardians lainnya untuk membasmi serta mengalahkan Pitch.

2. The Grinch

Vox.com

Dilakoni oleh aktor sekaligus komedian ternama Jim Carey, film ini mengisahkan sosok The Grinch, monster hijau berbulu yang hidup di gunung Crumpit dekat kota Whoville. The Grinch yang selalu menyendiri sangat risih dengan keceriaan kota Whoville dalam merayakan pesta Natal penuh semangat.

Sikapnya yang suka berbuat onar ketika berkunjung Whoville tentu membuat warga setempat kesal akan kehadirannya. Tak hanya itu saja, Grinch juga berniat menghancurkan Natal di kota Whoville.

Film animasi ini menapaki predikat cukup baik di kalangan pecinta film. Situs Rotten Tomatoes memberikan skor 60, sementara IMDb memberikan 6,3 dari 10.

3. The Nightmare Before Christmas

IMDB.com

Tim Burton memang jagonya menciptakan karya film yang mengangkat tema goth dan dunia kegelapan berbungkus komedi dengan cerita yang ringan ditonton. Jauh sebelum Wednesday, Burton pernah memproduseri film animasi berjudul The Nightmare Before Christmas.

Ogah mengangkat keceriaan dan penuh warna, Burton justru memasukkan tema Halloween-Natal berbungkus komedi-musikal ke dalam film ini. Mengisahkan Jack Skellington pemimpin Halloween Town yang tak sengaja menapaki kota penuh warna bernama Christmas Town.

Bukannya membawa niatan baik, Jack Skellington justru ingin membuat kekacauan di Christmas Town dengan menculik Sinterklas. Tak tanggung, dia pun mengambil alih peran Santa yang membagikan kado dan mulai menebarkan teror di Christmas Town.

4. Klaus

Dok. Netflix

Film bertema Natal hanya menjual keceriaan lewat karakter Santa Claus, hewan yang menggemaskan, ataupun meriahnya salju yang turun. Tetapi juga membawa pesan yang mendalam dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satunya adalah film Klaus yang mengisahkan Jesper si anak pemalas yang terlena oleh kekayaan ayahnya yang seorang direktur. Gerah dengan kelakuan anaknya yang manja dan bersifat kekanak-kanakan, ayah Jesper pun mengirimnya ke kota terpencil Smeerensburg. Bahkan ayahnya akan mengancam menghapus Jesper dari silsilah keluarga jika tak memenuhi tugas yang diminta.

Kehidupan Jesper yang penuh kekayaan dan kemudahan pun berubah total sejak kepindahannya ke Smeerensburg. Tanpa bantuan dan fasilitas mewah dari ayahnya, ia harus berpetualang untuk membawa perubahan kota Smeerensburg. Akankah ia mampu melakukannya?

5. The Polar Express

IMDB.com

Film bertema Natal identik dengan Santa Claus yang menaiki kereta rusa dan terbang mengelilingi langit malam yang indah. Namun, The Polar Express justru membawamu bertemu Santa Claus di malam Natal dengan kereta express bersama anak-anak di seluruh dunia. Film legendaris rilisan tahun 2004 ini cukup populer dan seringkali diputar di TV saat liburan Natal tiba.

Film ini mengisahkan seorang anak laki-laki yang tak percaya dengan keberadaan Santa Claus. Namun skeptismenya terhadap sosok ikonik Natal ini berubah total setelah melihat misterius bertujuan Kutub Utara yang berhenti di depan jendelanya. Karena penasaran, bocah ini pun mengiyakan ajakan sang kondektur untuk menaiki kereta dan bergabung dengan anak seusianya di dalam kereta.

6. Spirit Riding Free: Spirit of Christmas

Netflix.com

Film animasi satu wajib kamu tonton ketika malam Natal tiba. Ceritanya yang unik, karakternya yang menarik, serta chemistry antar tokoh membuatmu enggan bangkit dari kursi sampai film ini selesai.

Sinopsis film ini berfokus pada tiga gadis bernama Lucky, Peu, dan Abigail yang bertekad untuk mengikuti kontes Natal di kota kelahirannya, Miradero.

Sayangnya, mereka dihadapkan masalah baru di mana kuda kesayangan Lucky, Mystery menghilang diculik bandit di saat kontes Natal sudah semakin dekat. Bermodalkan nekat, mereka bertiga harus berpacu dengan waktu untuk menemukan Mystery sebelum kontes dimulai.

Akankah mereka berhasil pulang dengan selamat dan bisa mengikuti kontes Natal?

7. A Christmas Carol

EastMojo

Last not least, ada  film A Christmas Carol yang bisa kamu tonton bersama keluarga. Plotnya yang sederhana dan penuh pelajaran hidup menjadikan film ini cukup unik dibandingkan film natal lainnya.

Menyorot kehidupan pria tua Ebenezer Scrooge  yang kesepian, film ini membawamu turut merasakan alasan mengapa sebagian orang membenci malam Natal. Suatu hari, Ebenezer bertemu dengan tiga sosok roh yang akan membawanya berpetualangan melihat perjalanan kisah hidupnya. Ketiga roh tersebut adalah Hantu Masa Lalu Natal (The Ghost of Christmas Past), Hantu Hadiah Natal (The Ghost of Christmas Present), dan Hantu Natal Masa Depan (The Ghost of Christmas Future). 

Lantas, apakah Pak Tua Ebenezer akan terketuk untuk berubah menjadi orang yang berhati baik setelah bertemu dengan ketiga roh tersebut?

Itulah 7 rekomendasi film animasi bertema Natal yang bisa kamu tonton. Kamu mau nonton yang mana nih, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration