Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Daftar Hewan Paling Bau di Dunia, Ada Sigung Juga!

Tak berbahaya, hanya saja baunya bikin hidung tertusuk

Audia Natasha Putri

Demi melindungi dirinya dari bahaya dan predator, setiap hewan memiliki cara dan mekanismenya sendiri. Salah satunya mengeluarkan aroma tubuh yang menyengat agar musuh terkecoh dan melarikan diri. Aroma ini sendiri pun terbagi dua jenis, yakni sebagai bau tubuh yang alamiah atau aroma busuk yang dikeluarkan dalam situasi mendesak saja.

Penasaran apa saja hewan yang mendapat predikat paling bau di dunia? Inilah daftarnya!

Kaki seribu

Unsplash.com/Rashid

Bentuk tubuh yang menyeramkan dengan kaki bergerigi menjadi alasan mengapa kaki seribu paling dibenci sekaligus ditakuti. Tak hanya itu saja, kaki seribu juga masuk dalam daftar hewan paling bau di dunia. Kaki seribu akan mengeluarkan cairan beracun ketika melingkarkan tubuhnya.

Cairan ini keluar pada saat kaki seribu stres atau akan memangsa inangnya. Asam hidrogen sebagai senyawa beracun pada cairan inilah sumber biang kerok mengapa hewan hama ini sangat berbau dan meninggalkan alergi bagi manusia.

2. Sigung

Freedomnesia.com

Jangan tertipu dengan ekspresinya yang imut dan menggemaskan dari sigung, ya. Jika mereka tak menyukaimu dan menganggapmu sebagai musuh, siap-siap saja tutup hidungmu sebagai antisipasi. Ini karena sigung mengeluarkan aroma sangat busuk ketika merasa terancam dan tetap tercium apabila tertempel olehnya.

Aroma tak sedap ini keluar dari cairan duburnya. Sebelum melancarkan aksinya, sigung akan mengerang keras, lalu dia akan mengembangkan bulunya serta mengibaskan ekornya. Perilaku ini dilakukan sebagai bentuk pertahanan diri.

3. Kukang

BBC Science

Kukang adalah hewan terunik di dunia lantaran bulunya dapat berubah warna saat pergantian musim. Bulunya berwarna cokelat kumal saat musim kemarau dan mengeluarkan corak berwarna hijau saat musim hujan. Corak hijau ini merupakan algae yang tumbuh di kulitnya akibat lembabnya cuaca dan hujan yang menghinggapinya.

Tak heran, algae pada tubuh kukang menjadi sarang bagi kumbang untuk berlindung. Kumbang ini akan berkembang biak dan tentu menghasilkan kutu busuk. Alhasil, gabungan dari algae, kumbang, dan kutu yang hidup di tubuhnya menjadikan kukang mendapat gelar hewan paling bau di dunia.

4. Tasmanian devil

Britannica.com

Australia adalah surga bagi flora dan fauna aneh dan nyentrik. Salah satunya adalah tasmanian devil yang bertempat di Tasmania, Australia. Hewan mamalia ini bertampang seram dan bertubuh tidak besar, tetapi tidak berbahaya.

Hanya saja, tasmanian devil melindungi dirinya dari predator dengan menyemprotkan bau busuk dari tubuhnya. Bau ini juga timbul disebabkan oleh rasa stres dan ketakutan ketika merasa terancam.

5. Musk ox

BBC Wildlife

Musk ox adalah hewan ternak mirip lembu yang berkoloni di Antartika. Ciri khas musk ox terletak pada bulu lebatnya, tubuh yang tegap berotot dengan tinggi 1,5 meter dan berat 400 kilogram.

Jika kebanyakan hewan mengeluarkan bau sebagai bentuk perlindungan diri, musk ox justru menandai teritorialnya ketika musim kawin dengan bau tajam dari urinnya yang menyengat. Sebagai informasi, bau ini terjadi akibat level testoreron musk ox jantan sangatlah tinggi pada musim kawin. Bau urin dari musk ox mengandung benzaldehid, kolesterol, dan laktat.

6. Trenggiling

Mongabay

Trenggiling adalah mamalia nokturnal dengan ciri khas terletak pada tubuhnya yang bersisik keras dan kuat. Mereka merupakan hewan pemalu dan teritorial yang hidup bersembunyi di tanah atau pada lubang di pohon.

Trenggiling melindungi diri dari predator sekaligus menandai wilayahnya dengan menyemprotkan bau tak sedap mirip bau sigung. Bau busuk ini dihasilkan dari cairan kimia yang keluar dari kelenjar di dekat anusnya.

7. Gulo gulo (Wolverine)

Wikipedia.com

Diam-diam menghanyutkan adalah padanan yang tepat untuk mendeskripsikan gulo-gulo. Hewan pemalu dengan cakar panjang dan tajam membuat hewan ini bikin ngeri banyak orang. Gulo-gulo masuk dalam kategori hewan berbahaya lantaran tak segan mencabik-cabik lawannya yang dianggap sebagai ancaman. Bahkan mereka dapat menghabisi hewan berukuran lima kali lebih besar dari tubuhnya.

Sebagai hewan pemalu, mereka menandai wilayah teritori mereka dengan menghasilkan bau busuk mirip bau sigung dari kelenjar tubuhnya.

8. Zorilla

Animalfacts.com

Serupa dengan musang, zorilla adalah hewan nokturnal yang banyak ditemukan di area berbatu di wilayah Amerika Utara. Zorilla masuk dalam predikat hewan paling bau lantaran menghasilkan cairan berbau busuk dari kelenjar di sekitar anus mereka. Sebagau perlindungan diri, zorilla mengeluarkan bau memyengat untuk menghindae dari serangan dari predator.

Demikian deretan hewan paling bau di dunia. Mereka mengeluarkan bau menyengat tersebut justru untuk bertahan hidup dan melindungi diri. Pernakah kamu mencium bau menyengat dari deretan hewan di atas, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration