Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bisa Membunuh, Ini 10 Hantu Paling Seram di Jepang

Saking seramnya, kisah hantu ini diangkat menjadi film

Natasha P.

Berbicara soal cerita mistik, rasanya tak lengkap jika tak membahas mitos atau urband legend asal Jepang. Sosok hantu asal Negeri Matahari Terbit ini memang selalu tampil menyeramkan.Di antaranya bahkan sudah diadaptasi ke dalam karya sinematik, seperti Sadako, Kayako, Hachishakusama dan Teke-Teke.

Namun di balik sosoknya yang menyeramkan, mayoritas hantu Jepang ini terlahir karena kematiannya yang tragis dan menyedihkan. Takdir hidupnya yang malang dan berakhir penuh ketidakadilan, membuat mereka menjadi arwah jahat yang ingin balas dendam.

Berikut adalah daftar hantu Jepang yang menyeramkan yang pernah. Di antaranya cukup populer dan legendanya menyebar di telinga pencinta folk mystery di seluruh dunia.

1. Sadako

Sadako DX

Sadako kiranya menjadi hantu Jepang yang cukup populer. Sosoknya dikenal luas oleh publik setelah muncul pertama kali lewat film Ring (1998).

Hantu perempuan bernama lain onryou dulunya adalah seorang gadis yang tinggal bersama neneknya. Ia dibunuh oleh seorang pria dan jasadnya ditemukan di dalam sumur dalam keadaan mengenaskan. Demi menuntut balas dendam, hantu berambut panjang mirip Kuntilanak ini bergentayangan mengganggu orang lain dengan keluar dari layar TV atau sumur.

2. Teke-teke

IMDB

Hantu satu ini mirip dengan sosok Suster Ngesot khas Indonesia, Bela. Keduanya berjalan sembari mengesot dengan tangannya. Bedanya, tubuh Teke-Teke terbelah menjadi dua akibat terlindas kerera api dan memyisakan bagian atas kepala hingga pinggang saja.

Dikisahkan bahwa Teke-Teke merupakan seorang gadis yang menjadi korban pemerkosaan. Sang pelaku yang ingin menghilangkan jejak, mendorong sang gadis di rel kereta api. Ia pun tewas terlindas kereta api dalam jiwa penuh amarah dan dendam yang membara.

Ia kemudian bergentayangan untuk membalas dendam dan mencari kakinya. Konon, Teke-Teke sangat membenci warna merah. Ia membunuh siapa pun yang membawa benda berwarna dengan memotong tubuhnya menjadi dua bagian.

3. Kuchisake Ona

Exemplore

Apa jadinya jika kamu gagal menjalani operasi plastik dan menciptakan cacat fisik yang cukup parah, bahkan kematian? Mungkin, alasan inilah yang membuat Kuchisake Ona bertransformasi menjadi hantu pendendam dengan mulut yang robek.

Menurut legenda, dulunya Kuchisake Ona adalah korban operasi plastik yang gagal, karena sang dokter tak sengaja memotong mulutnya hingga robek.

Melihat wajahnya menjadi cacat, lantas perempuan tersebut menjadi syok dan membunuh sang dokter. Akibat aksi kejinya itu, ia kemudian dibunuh oleh para penduduk. Tak terima dengan kematiannya, ia pun bergentayangan dan membunuh siapa pun yang menemuinya.

4. Kappa

Japan Avenue

Karakter Kappa dalam anime Gegege no Kitaro bukanlah fiksi belaka. Siluman yang berhabitat di air ini benar nyatanya dan merupakan salah satu cerita urban Jepang yang cukup terkenal.

Karakteristik Kappa dapat dikenali lewat mulutnya yang berbentuk paruh, kaki dan tangan berselaput, punggung dengan tempurung, dan kepala yang di atasnya berbentuk mangkuk berisi air. Sosoknya terkenal jahat dalam menculik anak-anak di Jepang yang sedang berenang di habitatnya.

Ia tak ragu memakan organ tubuh anak-anak polos dan tak berdosa, serta menakuti orang dewasa yang sedang memancing ikan.

5. Hanako

Dailyasia

Urban legend Hanako sudah mewarnai imajinasi para komikus, sutradara, serta penulis Jepang dalam menulis karyanya. Sosok hantu yang kerap muncul di toilet ini kerap muncul dalam cerita film, anime, atau manga.

Ada ritual sederhana untuk memanggilnya. Pertama ketuk pintu ke 2 dari ujung toilet dan katakan “Hanako, apakah kamu ada di sana?” Lalu, tunggu beberapa saat.

Jika Hanako menjawab “Ya, aku berada di dalam”, buka pintu toilet dan kamu akan melihat hantu tersebut. Bukan hantu biasa, Hanako merupakan arwah bengis yang menghabisi nyawa siapa saja yang telah memanggilnya.

6. Toshio

IMDB: Ju-On

Secara visual, Toshio dalam film Ju-On memang tak begitu menyeramkan ketimbang hantu Jepang lainnya. Namun, kehadirannya sering mengagetkan penonton dan tatapan datarnya yang mencekam membuat parno.

Sosok Toshio dapat dikenali lewat wajah yang pucat, mata yang hitam, dan suara mengeong yang khas. Ia lahir sebagai arwah bocah lelaki yang tewas dibunuh sang ayah, usai melihat ibunya yang bernama Kayako dibunuh. Setelah itu, ia bergentayangan bersama ibunya dan melakukan teror kepada siapa pun.

Bagi kamu yang penasaran dengan legenda Kayako dan Toshio, kamu bisa menyaksikannya dalam film saga Ju-On dan The Grudge.

7. Nukekubi

Japan Avenue

Sosok hantu kuyang bukan satu-satunya legenda urban di Indonesia saja. Di Jepang, ada sosok hantu mirip kuyang bernama Nukekubi.

Persis mirip kuyang, Nukenubi adalah seorang entitas horor perempuan yang bisa melepas lehernya. Pada siang hari, ia hidup seperti manusia biasa dan membaur dengan masyarakat. Saat malam tiba, ia akan terbang dengan melepaskan kepalanya dari tubuhnya untuk menggigit para korbannya.

Untuk membedakan manusia biasa dan Nukekubi kamu bisa melihat garis merah di lehernya.

8. Rokurobi

Encyclopedia Mythologica

Jika sosok Rokurobi ada di seluruh dunia, maka dipastikan tak akan ada orang yang begadang untuk sekadar mengejar deadline tugas atau marathon film. Mengapa? Hantu berleher panjang dengan wujud menyeramkan ini akan menakuti orang yang terbangun di malam hari.

Namun biasanya mereka akan menampakkan sosoknya kepada orang buta, orang yang sedang tertidur dan orang mabuk dengan memanjangkan lehernya.

Legenda mengatakan bahwa Rokurobi dulunya perempuan biasa. Karena melanggar peraturan sakral dalam ajaran Buddha, ia dihukum menjadi makhluk yang mengerikan dengan leher yang panjang.

9. Hachishakusama

Wikipedia

Terkenal di forum Creepypasta, Hachishakusama masuk dalam daftar urban legend Jepang yang mengerikan. Diceritakan bahwa Hachishakusama adalah hantu perempuan setinggi 2,5 meter dan digambarkan selalu mengenakan terusan putih tanpa alas kaki. Dalam beberapa versi, ia terlihat memakai topi hitam besar yang menutupi sebagian wajahnya.

Ia dikenal sebagai sosok mistis penyuka anak kecil. Jika Hachishakusama telah menyukai targetnya, ia akan mengikuti anak tersebut selama beberapa hari, bahkan berbulan-bulan. 

10. Yuki Ona

IMDB

Dalam bahasa Jepang, Yuki Onna memiliki arti wanita salju atau penyihir salju. Dinamakan demikian karena Yuki Onna adalah sosok mitologi Jepang yang senang menggoda kaum adam yang sedang tersesat di tengah badai salju.

Setelah sang "mangsa" sudah terhipnotis oleh kecantikannya, Yuki Onna akan membuat targetnya beku dan tak berdaya.

Ia berwujud sebagai perempuan jelita dengan kulit putih dan berpakaian serba putih. Ia hanya datang saat badai salju turun tiba dan tak segan untuk ‘membantu’ para lelaki yang membutuhkan pertolongan di tengah padang salju yang tebal.


Itulah nama-nama hantu yang paling seram di Jepang yang diangkat dari mitos atau kisah nyata. Menurut kamu mana hantu yang paling seram?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration