Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ada yang Tak Sampai 24 Jam, 8 Hewan Ini Berumur Paling Pendek di Dunia

Didominasi oleh serangga

Audia Natasha Putri

Beda hewan, beda pula rentang usia mereka. Jika ada binatang yang bisa berusia hingga mencapai 100 tahun seperti kura-kura raksasa, sayangnya, ada pula hewan yang berusia kurang dari 24 jam!

Meski demikian, hewan-hewan ini punya kemampuan berkembang biak yang cepat untuk menjaga populasinya agar tak punah. Lantas, hewan apa saja itu? Menyaring informasi dari sumber, berikut daftar hewan-hewan dengan umur terpendek di dunia.

1. Lalat capung

Howstuffworks

Tak ada satu hewan pun yang bisa menggeser lalat capung atau Mayfly sebagai hewan nomor satu dengan umur terpendek di dunia. Sebelum bertransformasi menjadi hewan bersayap, dulunya lalat capung adalah serangga air dan hidup sebagai nimfa di bawah air hingga dua tahun.

Saat tumbuh ke tahap dewasa atau sudah menjadi hewan darat, mereka hidup tanpa mulut dan sistem pencernaan. Dan hanya mengandalkan energi saat mereka menjadi nimfa. Karena tak mampu mencari asupan makanan, mereka hanya mampu bertahan hidup dalam kurun waktu kurang dari 1 jam.

Lalat capung jantan berumur kurang dari satu jam saat mencapai usia dewasa, sementara betina punya waktu sekitar lima menit untuk berkembang biak sebelum mereka tutup usia.

2. Nyamuk

pixabay.com/mikadago

Nyamuk juga menyandang titel serangga dengan umur terpendek di dunia. Nyamuk jantan mempunyai usia maksimal 10 hari, sedangkan nyamuk betina punya rentang umur lebih panjang, yaitu 40-60 hari.

For your information, hanya nyamuk betina yang mengisap darah. Sedangkan nyamuk jantan menyantap madu dan nektar untuk bertahan hidup.

3. Lalat

https://unsplash.com

Lalat hanya mampu hidup sampai berumur satu bulan. Meski punya rentang hidup yang pendek, mereka punya kemampuan bereproduksi secara masif dan cepat. Lalat mampu menghasilkan 1.000 telur dalam sekali reproduksi.

4. Ikan gobi kerdil

Mongabay

Berikutnya ada ikan gobi yang menyabet titel hewan vertebrara dengan umur terpendek di dunia. Dibutuhkan waktu tiga minggu bagi ikan kerdil ini untuk hidup di laut terbuka sebagai larva, sebelum bersinggah di terumbu karang saat berusia dewasa.

Setelah mencapai tahap dewasa, mereka hidup tak lebih dari tiga setengah minggu. Jika diakumulasikan, ikan penghuni terumbu karang ini punya siklus hidup selama 8 minggu.

5. Capung

Unsplash.com

Masuk dalam serangga Odonata, capung tak bisa hidup tanpa sumber air. Ini karena mereka menghabiskan fase hidupnya mulai dari bertelur dan berkembang biak di dalam air. Capung punya umur yang singkat dengan rata-rata sekitar 4-6 bulan.

6. Burung kolibri

Star Farm International

Keberadaan burung kolibri pertama ditemukan Amerika Utara dan Tengah.  Burung kecil berleher warna rubi ini punya umur terpendek jika disandingkan dengan spesies dari kelas Aves atau keluarga burung lainnya. Rata-rata burung kolibri punya masa hidup sekitar tiga hingga empat tahun.

7. Tikus Sunda

Wikipedia

Tikus sunda adalah mamalia pengerat yang banyak tersebar di negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, Thailand, dan Filipina. Bukan dari daerah Jawa Barat, tikus ini merupakan pengerat berukuran jumbo dengan nama latin Sundamys infraluteus.

Rentang hidup mereka berkisar 6 hingga 12 bulan dan mulai berkembang biak saat berumur satu bulan. Tikus sunda betina punya masa kehamilan hingga tiga minggu.

8. Dogue de Bordeaux

Zooplus.be

Mayoritas Anjing memiliki rentang umur 10-17 tahun lamanya. Tapi tidak dengan ras Dogue de Bordeaux yang hanya punya harapan hidup selama 5 - 8 tahun. Mereka adalah ras anjing Prancis paling kuno dan masuk dalam keluarga besar Mastiff.

Fisik mereka cukup gahar dengan tubuh besar dan berkaki pendek. Meski bertumbuh bantet, Dogue de Bordeaux mempunyai berat hingga 50 kg. Selain punya penampilan yang lucu, mereka adalah teman bulu yang setia, penyayang, dan protektif.

Itulah daftar hewan yang memiliki rentang umur paling pendek di dunia. Meski berusia singkat, mereka punya kemampuan masif dalam bereproduksi dengan cepat, sehingga populasinya tak akan pernah berkurang.  Dari daftar di atas, hewan mana saja yang pernah kamu temui?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration