Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Serial & Film Adaptasi Buku Populer yang bisa kamu tonton di Netflix

Dari genre romantis hingga thriller-horor

Audia Natasha Putri

Menjadi layanan streaming raksasa, tentu Netflix memberikan tayangan beragam genre dari berbagai negara yang berkualitas dan kerap menjadi tontonan menghibur di waktu senggang. Sebut saja Stranger Things, Marriage Stoey, Sex Education dan terbaru 365 Days yang meraih popularitas lantaran memiliki premis yang menarik yang bertabur selebriti ternama.

Selain tayangan orisinil, Netflix juga merilis film adaptasi dari novel populer berbagai genre yang dapat memacu emosi dan menggiring penonton untuk membaca versi cetaknya. Netflix berhasil merepresentasikan cerita novel tersebut ke dalam film dengan baik hingga sukses memborong penghargaan bergengsi.

Berikut adalah 9 tayangan adaptasi novel populer yang ada di Netflix wajib masuk watch list kamu!

1. The Gray Man (2022)

Rilis pada 2022, The Gray Man merupakan film yang dibintangi oleh Ryan Gosling dan dikepalai oleh Russo bersaudara.

Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Mark Greaney, film ini menyorot sosok Court Gentry atau Gray Man, mantan narapidana yang menjadi agen CIA berkat sikapnya yang baik di penjara

Gray Man menemukan rahasia besar CIA dan ingin membeberkannya kepada masyarakat. Aksinya itu tentu dihalangi berbagai pihak. Gray Man pun dianggap pengkhianat, menjadi buronan nomor satu CIA dan target rekan kerjanya yang psikopat.

Film ini juga menjadi reuni bagi Chris Evan dan Ana de Armas setelah Knives Out. Chris Evan sendiri berperan sebagai Lloyd Hansen, sedangkan Ana de Armas berlakon sebagai Dani Miranda.

2. One of Us is Lying (2022)

Bagi kamu senang film misteri yang dapat menguras otak, One of Us is Lying sangat cocok untukmu. Serial ini hasil adaptasi novel berjudul sama karya penulis Karen M. McManus terbitan 2017. Berlatar pada kehidupan remaja, serial ini mengisahkan kasus pembunuhan di SMA Bayview High.

Beberapa kelompok remaja pun melalukan investigasi untuk mengungkap pelaku pembunuhan tersebut. Sama seperti 13 Reason Why, drama ini dibumbui misteri, pembunuhan dan twist mencengangkan. Misteri dan rahasia besar yang disimpan setiap karakternya membuat kita seolah-olah larut dalam investigasi tersebut.

3. The White Tiger

India kini berani melebarkan sayap industri film di kancah internasional lewat film The White Tiger. Film yang tayang di Netflix ini merupakan adaptasi novel terlaris karya Aravind Adiga yang meraih penghargaan Man Booker Prize pada 2005 lalu.

Film bergenre drama kriminal ini berpusat pada Balram Halwai (Adarsh Gourav), orang miskin dari pedalaman India yang melancong ke kota besar di India sebagai supir keluarga kaya raya demi menafkahi keluarganya. Priyanka Chopra pun turut berlakon di film ini sebagai Pinky, istri dari Ashok (Rajkumar Rao), seorang sosialita kaya raya yang menjadi majikan dari Halwai.

Film ini mengisahkan perjalanan Halwai yang berawal dari supir hingga menjadi pengusaha sukses berkat kecerdasannya dan kegigihannya. Dalam sepak terjang kariernya, Balram menghadapi berbagai rintangan tak mudah.

Ia bahkan dijadikan kambing hitam atas tindak kriminal yang dilakukan oleh majikannya. Merasa terhina, Balram pun menyusun strategi balas dendam kepada majikannya itu.

4. The Midnight Sky (2020)

Jika tayangan sebelumnya bergenre misteri-kriminal, film ini mengangkat sci-fi berbalut drama yang cocok bagi kamu yang menyukai film berlatar teknologi dan sains. Film ini diadaptasi dari buku populer berjudul Good Morning, Midnight karya Lily Brooks-Dalton, rilis 2016.

Adalah Augustine (George Clooney), seorang ilmuwan yang mengabdikan hidupnya demi menemukan planet yang dapat dihuni manusia selain bumi. Kala itu, kondisi bumi sudah tidak layak lagi untuk ditinggali lantaran bencana besar yang melanda dunia, kecuali Kutub Utara.

Augustine yang tinggal di Kutub Utara demi menjalankan misi berbahaya pun harus menyampaikan berusaha menyebarkan informasi ini kepada seluruh penduduk dunia. Sayangnya, hal ini tidaklah mudah dan banyak kendala yang Augustine hadapi ketika menjalankan misi ini.

5. The Queen's Gambit (2020)

Penampilan Anya Taylor Joy dalam serial ini sungguh spektakuler dan mendulang decak kagum dari berbagai pihak karena paras cantik dan kepiawaiannya memerankan si jenius Beth Harmon.

Serial ini diangkat dari buku novel berjudul sama karya penulis Walter Trevis, berlatar 1960-an yang mengisahkan perjuangan Beth Harmon, anak yatim piatu yang bermimpi menjadi pemain catur terkemuka di dunia. Pertandingan demi pertandingan dihadapinya hingga ia berhasil mengalahkan pemain catur di seluruh dunia dan menjadi pecatur terhebat.

Serial ini menjadi tontonan Netflix ekslusif yang tayang dalam format miniseries terbatas.

6. Dilan 1990 (2018)

Beralih ke perfilman Tanah Air, rekomendasi selanjutnya ada Dilan 1990 yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Pidi Baiq.

Mengisahkan perjalanan cinta dua remaja puber SMA yang saling tertarik satu sama lain. Dilan yang terpesona dengan kecantikan dan kepribadian Milea membuatnya berusaha melelehkan hatinya. Usaha tak mengkhianati hasil, Milea pun luluh dan melabuhkan cintanya kepada Dilan. Namun, kisah cinta mereka pun tak semulus yang dibayangkan dan harus menghadapi masalah yang menguji hubungan mereka.

Film ini dilakoni oleh Iqbal Ramadhan sebagai Dilan, sedangkan Vanesha Prescilla sebagai Milea.

7. Bird Box (2018)

Bagi pecinta film thriller-horor bergenre apocalyptic, film Bird Box garapan sutradara Susanne Bier wajib masuk watch list.

Diadaptasi dari novel berjudul sama karya penulis Josh Malerman yang rilis tahun 2014, film ini menceritakan perjuangan Malorie Hayes (Sandra Bullock) bersama kedua anaknya yang harus menyelamatkan diri dari makhluk supernatural.

Namun misi penyelamatan diri itu tentu tak semudah dibayangkan yang mereka kira. Makhluk tak kasat mata ini menyebarkan teror yang melihat sosoknya dengan menghipnotis mereka untuk bunuh diri. Satu-satunya cara untuk menyelamatkan diri dari makhluk itu adalah dengan menutup mata agar tak dapat melihat wujudnya.

Dengan keadaan mata tertutup yang diikat kain, Malorie dan anak-anaknya harus melewati hutan dan mengarungi sungai demi terhindar dari ancaman maut. Bisakah Malorie menyelamatkan diri dan mengungkap asal usul makhluk tersebut?

8. Trilogi Fifty Shades

Sebelum 365 Days, ada trilogi Fifty Shades yang bergenre romansa erotis dengan bumbu BDSM yang hangat dibicarakan pecinta film pada awal perilisan. Trilogi Fifty Shades ini diadaptasi dari novel erotis best-seller Amerika yang berjudul sama karangan E.L James pada tahun 2011.

Berpusat pada Anastasia Steele (Dakota Johnson) mahasiswi sastra ambisius dengan percintaan hambar dan menjalani kehidupan biasa pula. Namun, pertemuannya dengan pengusaha muda sukses bernama Christian Grey (Jamie Dornan) mengubah 180 derajat hidupnya.

Pertemuan mereka berawal ketika Anastasia ditugaskan mewawancarai Grey dengan bertamu ke kantornya. Grey yang terpikat dengan kecantikan dan sikap lugu Anastasia pun berusaha merebut hatinya yang berlanjut pada hubungan keduanya yang lebih intim.

9. Shutter Island (2010)

Bagi kamu pecinta film thriller-misteri dengan sisipan riddle, Shutter Island bisa menjadi pilihan kamu. Film besutan sutradara Martin Scorsese adaptasi novel berjudul sama karangan Dennis Lehane ini mengandung unsur psikologi mengganggu dan trigger warning di dalamnya.

Dua agen Marsekal AS Edward dan Chuck dikirim ke RSJ Aschefille yang berlokasi di pulau terpencil Shutter Island. Keduanya diberi misi untuk menginvestigasi hilangnya Rachel Solando, pasien RSJ Aschefille yang tega menenggelamkan ketiga anaknya.

Alih-alih menemukan petunjuk lebih, mereka justru hanya menemukan secarik kertas di kamar Rachel bertuliskan "The Law of 4: Who is 67?".

Dengan petunjuk tersebut, Edward dan Chuck pun memulai penyelidikan berbahaya yang dapat mengancam keselamatan mereka.

Penyelidikan ini juga berujung pada kebenaran pahit yang berkaitan dengan masa lalu keduanya. Siapakah Rachel Solando? Mengapa Edward dan Chuck terkoneksi dengannya? Daripada penasaran, yuk tonton film ini.

Itulah daftar film dan serial adaptasi novel populer terbaik yang tayang di Netflix. Dengan berbagai genre dan bertabur bintang ternama, film dan serial ini menjadi tontonan menarik di kala waktu senggang. Dari daftar di atas, mana nih yang menjadi favorit kamu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration