Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Rekomendasi Film Horor Indonesia Bertema Satanisme, Penuh Kengerian

Berani nonton, Bela?

Audia Natasha Putri

Tak mau kalah dengan Hollywood, film horor Indonesia selalu sukses membuat penonton merinding. Film horor Indonesia juga tak hanya menyajikan ragam tema yang bervariasi. Tetapi fakta bahwa sang sutradara menyorot tema tersebut berdasarkan kisah nyata ke dalam karyanya, tentu menambah atmosfer mencekam.

Termasuk film satanisme yang kian santer di mata masyarakat. Mengingat publik masih meyakini bahwa praktik satanisme di Indonesia masih beredar hingga saat ini. Walaupun kenyataannya, keberadaam praktik sesat ini masih tersembunyi dan kebenarannya masih diragukan.

Alur cerita yang menarik dan ragam tema yang familiar di benak masyarakat membuat film bertema satanisme cukup disemuti banyak orang. Mulai dari keluarga yang melakukan pemujaan kepada setan, sekte sesat, tradisi sesat.

Apa saja judul film tersebut? Simak daftar film bertema satanisme Indonesia berikut ini.

1. Pintu Terlarang (2009)

Culturamagazine.com

Jauh sebelum Pengabdi Setan, Joko Anwar telah menggarap film bertemakan satanisme berjud Pintu Terlarang. Film yang tayang pada tahun 2009 ini tak hanya meninggalkan kengerian saja, tetapi juga menelurkan teori konspirasi di baliknya. Sampai saat ini, kalangan pecinta film masih membahas teori-teori film ini. Bahkan mengaitkan konspirasi tersebut dengan film Joko Anwar lainnya.

Film mengisahkan seorang seniman patung yang tersohor bernama Gambir (Fachri Albar). Dirundung kepiluan karena sang istri keguguran dan harus kehilangan anaknya, Gambir menjadi depresi dan terobsesi membuat patung wanita hamil. Namun, hidupnya berubah total ketika ia menemukan sebuah pintu merah di studio patungnya, yang berisikan sekumpulan penganut sekte misterius bernama Herosase.

2. Rumah Dara (2009)

Twitter.com/paradigmafilm

Rumah Dara adalah film horor berbalut sadisme hasil kolaborasi dua sutradara kondang Kimo Stamboel dan Timo Tjahjanto. Film ini sangat tidak direkomendasikan bagi kamu yang tidak kuat dengan darah dan adegan sadis yang mengganggu.

Film dengan judul lain Macabre ini menceritakan tentang sekelompok pemuda yang terjebak di sebuah rumah seorang wanita pengikut satanisme. Awalnya, sang empu yang bernama Dara menyambut mereka dengan hangat. Namun, mereka tak tahu bahwa pada malam itu, nyawa mereka berada di ujung tanduk.

3. Pengabdi Setan (2017)

IMDB

Disutradarai oleh Joko Anwar, Pengabdi Setan adalah remake dari film lawas berjudul sama, yang dirilis pada 1980.

Film ini dibintangi oleh deretan selebriti kondang Indonesia, mulai Tara Basro, Bront Palarae, Asmara Abigail, dan Fachri Albar. Tayang secara resmi di Netflix, film ini menceritakan tentang rahasia mengerikan serta teror dari iblis dan anggota sekte yang muncul setelah sang ibu meninggal.

Berkat Premis film yang padat dan unik berbungkus visual mencekam penuh kengerian, Pengabdi Setan sukses memboyong pulang banyak penghargaan film prestisius. Salah satunya sebagai Film Bioskop Terbaik di Festival Film Indonesia tahun 2017.

4. Kafir: Bersekutu dengan Setan (2018)

IMDB.com

Film satanisme Indonesia selanjutnya yang nggak boleh kamu lewatkan adalah Kafir: Bersekutu dengan Setan.
Dikuratori oleh sutradara Azhar Kinoi Lubis, film ini berfokus pada sebuah keluarga yang dihujani hal teror dan mistis secara beruntun setelah kepergian sang ayah yang mendadak dan tidak wajar. Setelah ditelusuri, kejadian mistis tersebut dibelakangi oleh mantan pacar sang ayah yang ingin membalaskan dendam.

5. Ratu Ilmu Hitam (2019)

Dok. Netflix

Sesuai judulnya, film ini menceritakan seorang wanita penganut ilmu hitam yang menjadi dalang di balik tewasnya seluruh penghuni sebuah panti asuhan. Menceritakan tentang tiga keluarga yang berkunjung ke panti asuhan mereka dibesarkan. Bukannya bernostalgia menilik memori, ketiga keluarga ini justru dihantui teror yang tak berkesudahan. Mereka juga menemukan fakta mengerikan di balik panti asuhan tersebut.

Sama seperti film horor khas Kimo Stamboel lainnya, Ratu Ilmu Hitam tak ragu dalam menyajikan adegan sadis berbalut mistis yang sangat mengganggu. Salah satunya adalah adegan penyiksaan kepada para mantan penghuni panti asuhan sebagai "hukuman" atas dosa mereka di masa lampau.

6. Sekte (2019)

Indonesia Film Center

Di bawah nakhoda sutradara William Chandra dan diproduseri oleh Derbi Romero, Sekte berfokus pada seorang wanita bernama Lia yang tiba-tiba terbangun di sebuah rumah misterius. Tak hanya itu saja, rumah ini juga dihuni oleh pengikut aliran sesat yang sedang menjalankan sebuah ritual.

Selama penelusurannya, Lia menemukan banyak kejanggalan di rumah tersebut. Setelah menemukan kebenaran yang mengerikan di rumah tersebut, Lia mencoba melarikan diri.

7. Mangkujiwo (2020)

MVP Pictures

Film satanisme yang tak kalah menyeramkan lainnya berikutnya adalah Mangkujiwo karya sutradara Azhar Kinoi Lubis. Memgangkat genre horor dengan bumbu mistis, film ini sukses laris manis pada box office Indonesia tahun 2020 silam. Semakin santer, sang sutradara pun kembali merilis sekuel film ini dengan judul Mangkujiwo 2 yang rilis pada 26 Januari 2023.

Dalam film ini, kamu diajak untuk melihat sejarah terciptanya kuntilanak dan sekte Mangkujiwo yang menaungi banyak pengikut di seluruh Indonesia. Bukan sembarangan sekte, Mangkujiwo adalah sebuah aliran sesat yang menggunakan kuntilanak sebagai medium untuk pesugihan demi meraup kekayaan secara instan. Konflik film ini semakin memuncak ketika dua orang ningrat bernama Brotoseno dan Cokrokusumo berseteru demi memperebutkan tahta dan pusaka sakti.

8. Inang (2022)

Dok. IDN Pictures

Inang adalah film horor perdana besutan sutradara Fajar Nugros yang diproduksi sekaligus didistribusikan oleh IDN Pictures. Bermodalkan alur cerita yang tidak biasa dan penuh unsur horor, mengantarkan Inang menjadi salah satu film Indonesia yang berhasil tayang pada festival BIFAN 2022 di Korea Selatan.

Diperankan oleh aktris kondang Indonesia Naysilla Mirdad dan Lydia Kandou, ini menceritakan kisah pilu karyawan supermarket bernama Wulan yang ditinggalkan oleh pacarnya dalam keadaan hamil besar. Di tengah kekalutannya untuk membesarkan buah hatinya, Wulan lalu bertemu dengan Keluarga Santoso yang ingin mengadopsi anaknya nanti.

Naas, Wulan perlahan menyibak hal aneh mengenai keluarga tersebut selama tinggal bersama. Sampai, Wulan mengetahui sebuah fakta bahwa Keluarga Santoso kelak mengorbankan dirinya sebagai tumbal dalam ritual Rabu Wekasan.

9. Sebelum Iblis Menjemput (2018)

IMDB.com

Daftar film satanisme terakhir yang tak boleh kamu  lewatkan adalah Sebelum Iblis Menjemput garapan sutradara fenomenal Kimo Stamboel. Film ini menyuguhkan premis unik yang dimasak rapi dengan bumbu horor, thriller, dan sadisme.

Sebelum Iblis Menjemput menyorot kehidupan Alfie yang penuh dengan masa lalu kelam.  Ibunya mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri dan ayahnya yang seorang pengusaha sukses, meninggalkannya untuk menikah dengan perempuan lain. Sampai, Alfie mengetahui rahasia mengejutkan bahwa sang ayah merupakan penganut aliran sesat yang menghalalkan segala cara demi meraih kekayaan.

Itulah deretan rekomendasi film satanisme bagi kamu penyuka film horor yang bernyali besar. Apakah kamu punya rekomendasi lainnya? Tulis di kolom komentar, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration