Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Tanaman Hias Pembawa Energi Positif di Rumah, Bikin Semangat Terus!

Dapat menyeimbangkan energi baik dan menarik rezeki di rumah

Audia Natasha Putri

Bela, apakah akhir-akhir kamu sedang merasa low energy dan tak bersemangat? Ingin healing namun terkendala oleh ketatnya deadline pekerjaan atau tugas?

Tenang saja. Artikel ini hadir untuk menjawab kegundahanmu. Kalau kamu ingin mencoba hobi baru untuk menghilangkan penat, rasanya merawat tanaman hias bisa menjadi solusi yang tepat. Selain mempersolek rumahmu, hadirnya tanaman hias dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur dan kesehatan mental. Menarik bukan?

Bahkan, beberapa jenis tanaman hias diyakini mempunyai feng shui yang baik dan dapat mengalirkan energi yang positif di seluruh bagian rumah. Wah, jadi bikin semangat terus, deh!

Kalau kamu tertarik menjajal tanaman hias, Popbela sudah merangkum rekomendasi 8 tanaman hias pembawa energi positif di rumah yang bisa kamu rawat. Mengutip dari laman Homes & Gardens, inilah daftarnya!

1. Money Tree

My Domain

Dipercaya menarik rezeki dan melancarkan finansial, maka tak ayal tanaman feng shui ini diberi nama money tree. Karakteristik tanaman hias ini terlihat dari bentuk daunnya seperti telapak tangan dan batangnya yang dikepang dengan anggun.

Money tree juga mempunyai manfaat lainnya, seperti menyerap racun dari udara, memproduksi oksigen, serta mempersolek sudut rumahmu. Untuk perawatannya, kamu hanya perlu meletakkan tanaman ini di bawah cahaya yang cukup dan menyiramnya ketika volume tanahnya sudah 75 persen mengering.

2. Bird of Paradise

Gardeners World

Tanaman hias satu ini mempunyai bentuk menarik yang mirip dengan seekor burung. Karena itulah, tanaman satu ini cukup populer di kalangan pecinta tanaman hias. Tanaman otentik asal Afrika Selatan ini juga memiliki makna berani dan elegan.

Dengan bentuknya yang tinggi dan ramping, bird of paradise menjadi salah satu tanaman hias yang cocok bagi pemula karena mudah dirawat dan tak memakan banyak tempat.

3. Jade Plant

Better Homes & Garden

Kalau kamu ingin merawat tanaman sukulen, sekiranya Jade plant menjadi pilihan untukmu. Sekilas, tanaman ini terlihat seperti pohon mini berbentum oval dengan daun dan batang yang tebal. Daunnya yang bulat dan mirip dengan koin diyakini dapat menarik keberuntungan, kemakmuran dan kekayaan bagi siapa pun yang memilikinya.

Menurut feng shui, agar kamu dapat merasakan manfaat penuh dari tanaman ini, jade plant sebaiknya diletakkan di dalam ruangan seperti rumah atau kantor.

4. Pothos

Balcony Garden Web

Rekomendasi tanaman pembawa energi positif bagi pemula berikutnya adalah pothos. Tanaman ini menyimpan filosofi hidup bagi manusia tentang berbagi dan kedermawanan. Memiliki pothos di rumah secara tak langsung dapat menciptakan rasa kelimpahan dan kemurahan hati yang penuh bagi penghuninya

Pothos merupakan tanaman yang memiliki perawatan cukup mudah. Kamu hanya perlu meletakannya di ruangan dengan pencahayaan cukup, lalu sirami ketika permukaan tanah mengering.

5. Snake Plant

patchplants.com

Ular sering kali dikaitkan sebagai pembawa hal negatif dan kesialan. Namun, hal ini nggak berlaku untuk Snake plant atau lidah mertua yang dipercaya sebagai penolak bala di rumah. Menurut feng shui, tanaman hias ini dapat melindungi penghuni rumah dari aura negatif dan kesialan yang datang dari luar.

Snake plant juga tersohor akan fungsinya sebagai penyaring udara kotor dan penghasil oksigen di malam hari. Dengan hal itu, tanaman ini juga secara tak langsung mendetoksifikasi udara di sekitar ruangan.

6. Kuping Gajah

Three Bouquets

Kuping gajah atau anthurium clarinervium dapat dikenali lewat daunnya yang berukuran besar, berwarna hijau tua hampir hitam dan tekstur beludru yang indah di setiap lembar daunnya.

Tanaman ini juga memiliki bentuk seperti jantung, lengkap dengan serat tebal putihnya yang membentuk pola menakjubkan pada daun. Tanaman dedaunan ini memiliki gaya klasik dan akan terlihat fantastis apabila diletakkan di dalam ruangan manapun di rumah.

7. Lidah Buaya

pexels.com/Cintia Siqueira

Sudah bukan rahasia tersembunyi lagi kalau lidah buaya adalah tanaman kaya manfaat. Umumnya, tanaman dengan nama lain aloe vera ini sering kali disulap sebagai produk perawatan wajah, rambut dan tubuh karena gelnya yang bening dapat menenangkan kulit dan rambut.

Berdasarkan feng shui, lidah buaya juga dianggap sebagai penangkal energi buruk dan kesialan di dalam rumah. Menghadirkan tanaman lidah buaya di dalam rumah dapat membantu kita dalam menciptakan aura yang ramah dan positif.

8. Peace Lily

Instagram.com/Aminaminax

Si cantik peace lily ini terkenal akan kemampuannya dalam membersihkan udara dalam skala lebih besar dan menyerap toksin serta zat-zat berbahaya di udara.

Tanaman ini juga digemari para penganut feng shui karena dapat menetralkan energi dalam ruangan agar tetap positif dan optimis. Daunnya sendiri dipercaya dapat menarik kekayaan, sedangkan bunganya bisa membawa keberuntungan.

Dari kedelapan tanaman hias pembawa energi positif di atas, kira-kira mana yang menjadi favoritmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration