Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Ras Anjing Pilihan Anggota Kerajaan Inggris

Apakah ada corgi milik Ratu Elizabeth II?

Audia Natasha Putri

Wafatnya Ratu Elizabeth II tak hanya meninggalkan duka bagi penduduk seluruh dunia, tetapi menyorot perhatian akan sisi-sisi lain kehidupan keluarga Kerajaan Inggris. Salah satu adalah kecintaan sang Ratu terhadap anjing peliharaan kesayangannya.

Menyadur Country Living, kecintaan keluarga kerajaan Inggris terhadap anjing sudah berlangsung selama berabad-abad. Berbagai bentuk dan jenis anjing—termasuk Corgi, Labrador Retriever, Jack Russell Terrier, dan Cocker Spaniel—sudah dianggap sebagai keluarga sendiri.

Penasaran apa saja ras anjing favorit keluarga Kerajaan Inggris? Yuk, simak sampai habis.

1. Corgi

Vogue.com

Banyak yang tahu kalau ras anjing satu ini menjadi kesayangan mendiang Ratu Elizabeth II. Selama masa hidupnya, Ratu Elizabeth telah memelihara lebih dari 30 anjing Pembroke Welsh Corgi. Kecintaannya terhadap ras anjing satu ini bermula Ratu Elizabeth II memboyong anjing corgi sebagai hadiah ulang tahunnya ke-18. Anjing corgi pertama Ratu Elizabeth II bernama Dookie sudah dianggap seperti sebagai anggota keluarga Kerajaan Inggris pada 1933.

2. Dorgi

Country Living Magazine

Tak hanya corgi, Ratu Elizabeth II juga menyayangi ras Dorgi, hasil persilangan Dachshund dan Welsh Corgi. Ras anjing ini lahir ketika salah satu anjing corgi milik Ratu Elizabeth II dikawinkan dengan seekor anjing Dachshund. Tingkah lakunya yang menggemaskan dengan sifat setia dan ramah sukses melelehkan hati anggota keluarga Kerajaan Inggris.

3. English Cocker Spaniel

Vogue.com

Lupo, anjing ras Cocker Spaniel menjadi hewan kesayangan Pangeran William dan Kate Middleton. Diadopsi pada 2011, Lupo menjadi teman setia Kate Middleton ketika Pangeran William sedang menjalankan tugas di Angkatan Udara Inggris ke luar kota.

Lupo sudah dianggap keluarga oleh anggota Kerajaan Inggris. Saking lengketnya, Pangeran William kerap mengabadikan momen bersama Lupo dengan berfoto bersama Pangeran George yang baru lahir.Sayangnya,  Lupo menghembuskan napas terakhirnya pada November 2020, setelah bertahun-tahun berbahagia bersama keluarga Kerajaan Inggris.

4. King Charles Spaniel

Central Press

Adik Ratu Elizabeth II, Putri Margaret, memiliki selera anjing yang berbeda, yaitu ras King Charles Spaniel bernama Rowley.

Sesuai dengan namanya, ras King Charles Spaniel dikembangbiakkan khusus menjadi anjing bangsawan. King Charles Spaniel memiliki sifat patuh, ramah, dan tingkah laku yang menggemaskan. Tak heran jika Putri Margaret sangat menyukai anjing satu ini.

5. Jack Russel Terrier

Courtesy Clarence House

Pangeran Charles, yang kini naik tahta sebagai Raja Charles III diketahui mencintai anjing Jack Russel Terrier. Anjing ras satu terkenal akan instingnya yang tajam dan kemampuan berburunya yang baik. Pada 1994, dunia internasional dihebohkan dengan berita hilangnya anjing kesayangan Pangeran Charles bernama Pooh, di Hutan Balmoral yang tak pernah ditemukan hingga sekarang.

Saat ini Raja Charles III bersama Permaisuri Camilla memelihara dua anjing Jack Russell Terrier yang menggemaskan bernama Bluebell dan Beth. Bahkan, Bluebell dan Beth turut pula ikut sesi pemotretan dalam rangka merayakan 15 tahun pernikahan Raja Charless III - Permaisuri Camilla.

6. English Bull Terrier

Vogue.com

Berbalikan dengan anggota Kerajaan Inggris lainnya, Putri Anne justru mencintai anjing garang dan kekar English Bull Terrier dan memeliharanya selama beberapa dekade. Meskipun begitu, Bull Terrier dikenal sangat agresif terhadap anjing lain dan orang.

Bahkan pada 2002, anjing Putri Anne bernama Dotty menyerang dua anak kecil di Taman Hyde. Anjing lainnya, Florence menerkam secara brutal corgi milik Ratu Elizabeth II, Pharos.

7. Labrador Retriever

Pixabay/chiemsee2016

Sifat aktif dan menggemaskan Labrador Retriever berhasil memikat Raja George VI. Saking cintanya, ayah dari Ratu Elizabeth II ini memelihara sejumlah Labrador Retriever berwarna kuning sebagai sahabat anabulnya. Mengutip, Royal.uk, Labrador Retriever kuning masih relatif jarang di awal abad 20.

8. Norfolk Terrier

Vogue.com

Kedua putri Pangeran Andrew, Putri Beatrice dan Putri Eugenie merupakan pemilik anjing Norfolk Terrier yang imut dan menggemaskan bernama Jack, Cici, Teddy, and Ginger. Sayangnya, anjing ke lima, Orange, meregang nyawa pada tahun 2019 setelah memakan tanaman beracun di Windsor Great Park.

Rasa cinta yang dalam Putri Beatrice dan Putri Eugenie terhadap ras ini ditampilkan dalam banyaknya potret bersama layaknya model profesional. Bahkan, bersama anjingnya, keduanya pernah melakukan pemotretan resmi untuk Majalah British Vogue pada 2018.

Nah, itu dia 8 ras anjing kesayangan milik Keluarga Bangsawan Kerajaan Inggris. Kalau ras anjing favoritmu apa nih, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration